Cara Soft dan Force Restart iPhone Semua Tipe

Ponselgue.com | Pada tutorial kali ini akan saya menunjukkan bagaimana Cara Soft dan Force Restart iPhone semua tipe. Hal ini cukup efektif dilakukan saat perangkat terasa lemot, hang atau bahkan error.

Biasanya, setelah melakukan update maupun instalasi aplikasi tertentu, PC/Laptop harus di restart terlebih dahulu agar sistem dapat menyesuaikan dengan perubahan yang dilakukan. Hal yang sama juga berlaku untuk smartphone, seperti iPhone yang menggunakan sistem operasi iOS yang juga sesekali perlu melakukan restart.iphone x

Merestart iPhone bisa mengatasi beberapa masalah, seperti saat Anda gagal menginstall aplikasi melalui App Store, seringkali terdapat ikon berwarna abu-abu yang cukup menggangu di homescreen, atau error lainnya seperti hang (tidak responsif) saat menjalakan multitasking. JIka dalam kondisi tersebut, Anda bisa langsung melakukan restart iPhone Anda.

Seperti pada umumnya smartphone, untuk melakukan restart bisa menggunakan tombol power. Untuk perangkat iPhone, ada dua cara yang bisa Anda gunakan, yaitu soft restart dan Force restart.

Baca juga :

Cara Restart iPhone atau iPad

Untuk merestart iPhone, Anda dapat menggunakan fitur AssistiveTouch. Ikuti caranya berikut ini :

  1. Pertama, aktifkan fitur AssistiveTouch terlebih dauhulu, masuk ke menu Settings lalu pilih General;
  2. Selanjutnya cari dan pilih Accessibility untuk memunculkan menu Assistive Touch;
  3. Setelah AssistiveTouch aktif, maka akan muncul tombol virtual (lingkaran melayang) pada layar iPhone;Pengaturan AssistiveTouch iOS
  4. Kemudian tekan tombol virtual tersebut tersebut untuk memunculkan menu shortcut;
  5. Pilih icon Device kemudian tekan More untuk memunculkan menu tambahan;
  6. Di dalam menu tambahan ini tersedia opsi Restart yang secara otomatis akan mematikan dan menghidupkan iPhone Anda.cara soft dan force restart iPhone

Metode ini disebut soft restart, fungsinya adalah untuk menormalisasi kembali iPhone kamu untuk menghilangkan permasalahan. Selain itu, dengan merestart perangkat, semua pengaturan temporary dapat dikembalikan ke kondisi semula.

NOTE : Untuk pengguna iOS 11, Anda bisa mengaktifkan AssistiveTouch ini melalui menu Accessibility di Control Center.

Cara Force Restart iPhone

Force restart (atau di sebut juga dengan hard restart) sedikit berbeda dengan metode sebelumnya karena iPhone akan melakukan proses reboot dalam tingkatan hardware. Hal ini sangat berguna karena Anda tetap bisa melakukan restart walaupun iPhone dalam keadaan tidak responsif atau macet.

Untuk Hard Restart iPhone 6s, SE atau tipe sebelumnya, Anda cukup menekan tombol Home dan Power secara bersamaan dan tahan selama beberapa detik, maka iPhone Anda akan reboot secara otomatis.

iPhone 7 dan 7 Plus tidak terdapat tombol home fisik, jadi untuk melakukan force reset, tekan dan tahan tombol Power dan Volume Bawah secara bersamaan, tunggu sampai perangkat reboot kemudian lepaskan.

Berbeda lagi dengan iPhone 8/ 8 Plus dan iPhone X. Anda perlu menekan tiga tombol sekaligus yaitu tombol Power+Vol Bawah+Vol Atas secara bersamaan agar bisa memaksa perangkat melakukan force restart.

Pihak Apple menyarankan untuk menggunakan metode ini sebagai upaya terakhir jika tidak bisa merestart perangkat. Namun, metode ini sebaiknya Anda lakukan dalam kondisi terpaksa/darurat saja karena langsung memutuskan arus listrik secara tibat-tiba.

Demikianlah Cara Soft dan Force Restart iPhone semua tipe. Anda bisa memilih metode yang sesuai dengan kondisi perangkat Anda. Semoga bermanfaat.

Comments are closed.