16 Fitur Baru iOS 13, Termasuk Pembaruan Visual Terbesar

Ponselgue – Setahun setelah Apple merilis iOS 12, pada awal bulan Juni 2019 kemarin secara resmi mengenalkan iOS 13 di ajang WWDC di San Jose McEnery Conference Center, California, AS.

Dalam sistem operasi seluler terbarunya ini, Apple memberikan beberapa peningkatan dan beragam fitur baru yang cukup menarik.

Nah, bagi Anda yang penasaran apa saja fitur iOS 13 sebelum melakukan update, berikut daftarnya yang kami rangkum dari berbagai sumber.

Fitur baru iOS 13

Kelebihan dan Fitur iOS 13

1. Dark Mode

Apple akhirnya menghadirkan dark mode pada iOS 13. Meskipun seperti yang kita tahu, beberapa perusahaan lain sudah melakukannya terlebih dahulu.

Menariknya, dark mode di iOS 13 ini cukup fresh dan berbeda, karena mendukung semua aplikasi milik Apple, bahkan termasuk wallpapernya.

2. Look Around di Apple Maps

Aplikasi Apple Maps juga mendapatkan peningkatan yang cukup signifikan. Selain ada fitur Favorites untuk menyimpan lokasi favorit, ada juga fitur Look Around yang memiliki fungsi seperti Google Street View. Jadi Anda bisa bernavigasi secara virtual serta melihat area peta secara 3D.

3. Instal Font Secara Langsung

iOS 13 juga memungkinkan Anda untuk dapat menginstal font untuk digunakan d berbagai aplikasi. Anda bisa langsung mendownloadnya dari App Store.

4. Pilih Cepat Wi-Fi dan Bluetooth

Di Android pengguna bisa langsung memilih Wi-Fi dan Bluetooth hanya dengan mengetuknya saja. Berbeda dengandi iPhone yang yang harus masuk ke Setting terlebih dahulu.

Namun di iOS 13, kini pengguna iPhone bisa menikmati kemudahan yang sama. Dengan menekan beberapa saat tombol Wi-Fi atau Bluetooth d Control Center, nantinya akan ditampilkan koneksi dan jaringan yang tersedia.

Fitur iOS 13

5. Family Hotspot Sharing

Di iOS 13 terdapat fitur Family Hotspot Sharing yang mana setiap anggota keluarga yang tidak memiliki koneksi internet, bisa otomatis terhubung dengan hotspot iPhone kita. Fitur ini juga bisa mendukung iPod dan Mac, dan dapat bekerja meskipun perangkat dalam kondisi sleep.

6. Quick Path

Di keyboard, Apple menambahkan fitur baru bernama QuickPath. Fitur ini adalah swipe alias geser, yang sebenarnya sudah kita temui pada keyboard SwiftKey, Swype, atau Gboard beberapa tahun yang lalu.

Namun fitur QuickPath ini masih belum mendukung semua bahasa, termasuk Bahasa Indonesia, karena masih Beta. .

7. Find My

Fitur Find My yang sebelumnya ada di Mac, kini bisa ditemui di iPhone. Fitur ini merupakan gabungan antara Find My Friends dan Find My iPhone. Jadi Anda bisa melacak posisi teman dan juga melihat lokasi device.

Untuk menuju ke tempat iPhone tersebut berada, Anda hanya perlu mengetuknya. Anda juga bisa memilih untuk, membunyikan suara, menandainya hilang, atau menghapus datanya secara remote.

Anda bisa memanfaatkan aplikasi ini untuk mencari iPhone yang hilang atau ketinggalan di suatu tempat.

7. Volume Slider Baru

Sistem operasi seluler terbaru dari Apple ini juga membawa desain slider volume yang baru. Jika dulu volume slider berada di tengah dan cukup mengganggu, kini dipindahkan ke kiri, dan akan menipis setelah beberapa lama.

8. Fitur Uninstall di Halaman Update

Selain bisa menghapus aplikasi dengan cara menahan ikon aplikasi selama beberapa saat hingga muncul menu Uninstall, kini Anda juga dapat menghapus aplikasi melalui halaman update di App Store.

Untuk menggunakannya, Anda hanye perlu menggeser aplikasi yang ingin di uninstall ke kiri, kemudian pilih Delete.

9. Blokir Otomatis Panggilan Tak Dikenal

Jika Anda merasa risih karena sering di telvon oleh telemarketer atau nomor-nomor asing, kini Anda bisa memanfaatkan fitur penyaring panggilan di iOS 13. Fitur ini mampu memblokir panggilan dari nomor yang tidak pernah melakukan kontak sama sekali.

Untuk menggunakan fitur ini, Anda bisa masuk ke dalam Settings > Silence unknown callers.

10. Smart Battery Charging

Apple menambahkan fitur manajemen pengisian baterai untuk memaksimalkan umur baterai dalam jangka panjang. Dengan fitur ini, perangkat hanya akan mengisi daya sampai di 80%, dan sisanya baru diteruskan jika Anda benar-benar membutuhkannya. Tujuannya tentu saja untuk menghindar overcharge agar baterai iPhone lebih awet.

11. App Store

Selanjutnya di App Store kini terdapat tab Apple Arcade. Layanan berbayar baru dari Apple ini untuk mengakses semua game yang ada disana. Kemudian di Settings, Anda kini bisa download aplikasi berukuran besar menggunakan Cellular Data.

12. Apple Music Bisa Untuk Karaoke

Apple Music juga mendapatkan pembaruan dari Apple. Layanan musik ini memiliki beberapa fitur baru, termasuk tombol khusus untuk menampilkan lirik yang kini sudah bisa singkron dengan lagunya. Ada juga tombol untuk melihat apa yang akan diputar selanjutnya, mengubah urutan lagu, atau bahkan menghapusnya.

14. Memutar Lagu (podcasts) Dengan Siri

Fitur iOS 13 yang lain, Anda dapat memutar musik meskipun sedang membuka aplikasi lain. Anda hanya perlu memerintah Siri untuk memutar musik tanpa harus membuka aplikasi musik atau podcasts.

15. Support Game Controller

Bagi Anda yang suka main game, iPhone yang menjalankan iOS 13 kini juga support stick PS4 dan Xbox One S.

16. Fitur Reading Goals

Apple juga menghadirkan fitur untuk membantu penggunanya yang suka membaca agar bisa menyelesaikan bacaannya dengan mudah. Di iOS 13, Apple menambahkan fitur Reading Goals yang dapat digunakan untuk membaca buku atau mendengarkan audiobook.

14. Text Editing yang Lebih Baik

Text Editing di iOS 13 juga mendapatkan beberapa peningkatan baru. Dilengkapi dengan intelligent text selection, Anda bisa memilih teks dengan tap dan swipe, pinch 3 jari untuk copy, dan spread 3 jari untuk paste. Anda juga bisa Undo dan Redo hanya dengan swipe tiga jari, swipe ke kiri untuk undo dan ke kanan untuk redo.

15. Peningkatan Safari

Safary iOS juga tidak ketinggalan fitur baru. Di Start Page Safary kini terdapat Favorites dan Frequently Visited. Selain itu, ada juga download manager di Safary yang bisa digunakan untuk melihat proses download dan membuka hasil download dalam satu folder.

Apple juga menambahkan manajemen fitur tab di Safari iOS 13, yang bisa  menutupnya secara otomatis dan berkala dari mulai harian, mingguan, dan bulanan.

16. Sign in with Apple

Lalu terdapat juga fitur sign in with Apple. Fitur ini hampir sama seperti sign in with Facebook atau Sign in with Google. Yang membedakannya, Sign in With Apple ini nantinya akan meminta Face ID atau Touch ID untuk pengguna perangkat Apple.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More