4 Fungsi IMEI iPhone, Ternyata Penting Sekali!

fungsi IMEI iPhonePonselgue.com – Setiap perangkat seluler tentunya memiliki nomor seri IMEI, tak terkecuali iPhone. Sebagian besar orang mungkin masih belum familiar dengan fungsi IMEI iPhone, hanya sekedar tahu bahwa mengecek nomor IMEI itu penting.

Yang paling banyak diketahui pengguna smartphone, fungsi IMEI adalah untuk mengidentifikasi apakah perangkat iPhone-nya asli atau palsu. Namun ternyata masih banyak fungsi IMEI iPhone yang lain, simak ulasan di bawah ini.

Fungsi IMEI iPhone

1. Mengetahui informasi lengkap spesifikasi perangkat

Jika Anda membeli iPhone bekas, Anda bisa menanyakan terlebih dahulu mengenai nomor IMEI. Dari nomor seri IMEI tersebut, Anda dapat memperoleh informasi lengkap mengenai iPhone yang akan Anda beli, terutama untuk mengetahui spesifikasi lengkapnya.

Sebenarnya spesifikasi yang muncul bisa jadi berupa informasi umum saja, namun Anda sekaligus juga dapat memastikan bahwa gadget yang ingin Anda beli merupakan perangkat asli, bukan hasil refurbished dari seri lain. Supaya lebih yakin, Anda dapat melakukan cross check dari situs resmi Apple.

Baca juga : 3 Cara Menghapus Aplikasi di iPhone Sampai Bersih

2. Cek masa garansi

Anda juga bisa mengecek masa garansi iPhone dengan cara melacak Serial Number dari IMEI. Saat Anda memasukkan nomor IMEI dari situs IMEI info, Anda akan mendapatkan informasi Serial Number.

Selain itu, Serial Number memang dapat Anda akses langsung dari iPhone dengan membuka pilihan Settings→General→About. Namun, jika Anda baru akan membeli iPhone bekas, lebih praktis melakukan pelacakan hanya dengan mengetahui nomor IMEI saja.

Setelah mengetahui Serial Number, Anda dapat mengecek garansi dari situs dukungan resmi AppleCare Coverage. Setelah memasukkan Serial Number perangkat Anda, nantinya situs ini akan menampilkan informasi lengkap mengenai garansi ponsel tersebut.

Baca juga : 5 Rekomendasi Aplikasi Untuk iPhone Baru

3. Mengetahui nomor model iPhone dan negara asalnya

Sampai saat ini, perangkat iPhone yang dipasarkan di Asia Pasifik biasanya lebih dikenal orang dengan pasar Singapura. Sementara untuk iPhone yang dirilis untuk pasaran Jepang, biasanya memiliki sedikit perbedaan fitur dibandingkan dengan iPhone di pasar Singapura.

Dengan mengetahui nomor model iPhone, Anda dapat mengetahui informasi ini dengan lebih spesifik. Anda bisa mengakses informasi tersebut melalui situs www.imei.info.

Baca juga : Tips Hemat Storage iPhone Tanpa Hapus Foto atau Video

4. Melaporkan iPhone yang hilang

iphone7 ipad ios11 lost mode
Foto : apple.com

Nomor IMEI merupakan pengidentifikasi paling spesifik yang tidak mungkin sama dengan perangkat lain. IMEI digunakan untuk bisa mengidentifikasi kartu SIM supaya dapat digunakan untuk berkomunikasi. Jika iPhone Anda hilang dan di dalamnya berisi data penting, sebaiknya langsung Anda laporkan sehingga perangkat tersebut tidak dapat diakses sama sekali.

Proses penguncian iPhone ini dapat Anda lakukan dengan mengakses situs IMEI info. Meskipun kemungkinan iPhone tidak akan kembali, setidaknya data pribadi yang Anda simpan di dalam iPhone tidak akan bisa diakses atau bahkan disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Baca juga : Cara Cepat Mencari iPhone Yang Hilang Atau Ketinggalan

Jadi, bagi Anda yang mungkin masih tidak peduli dengan pentingnya mengecek kelengkapan iPhone hingga mengetahui nomor IMEI, sebaiknya Anda mempertimbangkannya kembali.

You might also like

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More