Cara Hapus Data Cache Aplikasi iPhone Melalui App Store

Ponselgue.com | Cara Hapus Data Cache Aplikasi iPhone Melalui App Store – iPhone merupakan yang memiliki kualitas kinerja yang sudah diakui oleh pengguna smartphone diseluruh dunia. Perangkat buatan Apple ini selalu menghadirkan smartphone dengan performa jempolan meskipun seringkali mempunyai spesifikasi di bawah perangkat lain.

Dengan dukungan sistem iOS, iPhone mampu memaksimalkan performa dari spesifikasinya tersebut. Bahkan seringkali beberapa perangkat iPhone berhasil mengungguli para pesaingnya.Cara Hapus Data Cache Aplikasi iPhone

Namun, jika ada satu hal bisa dibilang cukup mengganggu adalah media penyimpanan iPhone yang tidak bisa ditambah dengan dukungan kartu memori ekternal. Bagi perangkat yang mempunyai memori internal yang besar hal ini tentu bukan menjadi masalah, tetapi lain halnya dengan perangkat yang memiliki memori terbatas.

Sebenarnya iPhone menyediakan dukungan cloud untuk alternatif penyimpanan, namun hal cukup menguras biaya bagi sebagian orang.

Nah, agar penyimpanan iPhone tidak cepat penuh, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menghapus data cache aplikasi iPhone tersebut.

Cache sendiri merupakan data sampah yang disimpan oleh aplikasi guna mempercepat prosesnya. Dengan memanfaatkan data sementara tersebut, aplikasi tidak perlu membuat atau mengunduh data baru untuk proses yang sama.

Sayangnya, iPhone tidak menyediakan fitur hapus data cache aplikasi manual. Lantas, bagaimana cara melakukannya?

iphone x

Baca juga :

Cara Hapus Data Cache Aplikasi iPhone

iOS sendiri mempunyai fitur membersihkan cache secara otomatis, maka cara termudah untuk menghapus cache adalah dengan mengaktifkan fitur menghapus cache tersebut. Untuk mengaktifkan fitur tersebut, Anda bisa menggunakan App Store.

Caranya pun sangat mudah. Berikut cara hapus data cache aplikasi iPhone melalui App Store :

  1. Periksa kapasitas yang tersedia di iPhone dengan masuk ke pengaturan, pilih menu umum, kemudian pilih Simpanan dan Penggunaan iCloud.
  2. Selanjutnya buka App Store lalu cari aplikasi maupun konten (seperti film) gratis yang memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan kapasitas yang tersedia di perangkat.
  3. Download aplikasi atau konten tersebut, dan tunggu sampai muncul peringatan “Kapasitas Tidak Mencukupi”.
  4. Setelah peringatan tersebut muncul, Anda bisa membatalkan proses download dan tekan tombol home.
  5. Nantinya beberapa ikon aplikasi akan berubah menjadi hitam, kemudian akan menampilkan pesan “Membersihkan”.
  6. Tunggu beberapa saat hingga proses tersebut selesai.
  7. Jika sudah selesai, silakhkan periksa lagi kapasitas penyimpanan yang tersedia dengan cara yang sama seperti sebelumnya.
  8. Anda bisa melakukan cara secara berulang-ulang.

iPhone memang tidak menyediakan fitur hapus data cache seperti yang bisa dilakukan di Android karena sistem iOS sudah melakukannya secara otomatis. Jadi cara diatas hanya bisa dilakukan saat penyimpanan yang tersedia pada perangkat sangat sedikit.

You might also like

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More