5 Tips Membedakan iPhone Asli Atau Palsu

Ponselgue.com | Cara Membedakan iPhone Asli Atau Palsu – Tentunya Anda pernah merasa khawatir pada saat akan membeli iPhone yang bukan dari authorized Apple reseller. Yang ditakutkan apabila ternyata iPhone tersebut adalah iPhone replika.

Apa itu iPhone replika?

iPhone replika merupakan sebuah perangkat yang dirakit dan dibuat semirip mungkin dengan iPhone asli, tentunya dengan material, sistem operasi, dan juga kualitas spesifikasi yang jauh berbeda dengan iPhone asli. Ironisnya, ada iPhone replika yang menggunakan sistem operasi Android dan bahkan beberapa lainnya menggunakan sistem operasi yang tidak jelas.

Jika sudah begini, Anda tentu harus berhati-hati dan membutuhkan sedikit pengetahuan agar bisa membedakan iPhone asli atau palsu. Untuk itu, pada kesempatan kali ini kali akan memberikan beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui apa saja perbedaan iPhone asli dan iPhone replika.

Baca juga :

Cara Membedakan iPhone Asli Atau Palsu

1. Material Yang Digunakan

iphone5s iphone5c

Untuk pengguna baru iPhone hal tentu cukup sulit untuk dilakukan karena belum paham bagaimana kualitas bahan yang dimiliki. Tidak bisa dipungkiri memang jika material iPhone yang asli terasa sangat premium.

Secara singkat, iPhone akan terasa lebih padat dan kokoh, berbahan metal, dan terasa premium layaknya smartphone mahal. Sementara iPhone palsu terbuat dari bahan plastik dan terasa ringkih.

Satu hal lagi, adanya logo-logo yang memberikan kesan tidak presisi pada sebuah iPhone merupakan salah satu indikasi bahwa iPhone yang Anda lihat tersebut merupakan perangkat palsu.

2. Cek Garansi

iPhone Garansi

Cara paling mudah untuk membedakan iPhone asli dan palsu untuk semua model iPhone adalah dengan menggunakan fitur cek garansi yang telah disediakan oleh pihak Apple di halaman ini. Untuk melakukannya, Anda hanya perlu mengunjungi halaman tersebut kemudian memasukkan serial number iPhone Anda.

Cara ini merupakan cara yang paling akurat dibandingkan cara lain karena setiap iPhone yang diproduksi pasti akan terdaftar. Selain itu, Anda juga dapat mengetahui informasi mengenai masa aktif garansi hingga kapan pertama kali iPhone diaktifkan. Nah, jika iPhone tersebut palsu bisa dipastikan data-data tersebut tidak akan muncul.

3. Terdeteksi di iTunes

iTunes 4

iTunes merupakan aplikasi wajib bagi pengguna iPhone karena mempunyai banyak kelebihan. Beberapa diantaranya seperti bisa digunakan seperti melakukan sinkronisasi, update iOS, hingga back up data. Tentunya untuk bisa menggunakan layanan iTunes, iPhone harus dapat terdeteksi.

Jika iTunes tidak bisa mengenali perangkat, Anda harus curiga bahwa itu merupakan perangkat palsu. Sedangkan iPhone asli pasti akan langsung terdeteksi secara otomatis dan terlihat informasi dari perangkat tersebut.

Baca juga :

4. App Store, Bukan Google Play

Membedakan iPhone Asli atau palsu dari App StorePerlu diingat, selain Apple tidak ada sistem operasi lain di dunia yang menggunakan App Store sebagai pasar aplikasi resmi. Seperti yang kita tahu, hampir setiap platform mempunyai pasar aplikasinya masing-masing, sebut saja Android dengan Google Play Store, Windows dengan Windows Phone Store, serta BlackBerry dengan BlackBerry App World.

Kebanyakan iPhone replika yang beredar menggunakan sistem operasi Android. Biasanya para produsen iPhone replika tersebut membuat tampilan antarmuka yang hampir mirip dengan iOS.

Untuk itu, Anda bisa memerika validitas App Store dan iTunes Store. Jika Anda diarahkan ke dalam App Store dan bisa daftar atau login menggunakan Apple ID, maka dapat dipastikan jika iPhone itu asli. Namun, apabila Anda malah masuk ke Google Play store, sebaiknya Anda jangan membeli perangkat tersebut karena itu merupakan iPhone tiruan.

5. Harga iPhone Yang Sangat Murah

iPhone SE

Anda bisa memperhatikan harga iPhone yang ditawarkan karena hal ini indikasi merupakan cara paling mudah untuk membedakan iPhone asli atau palsu. Sangat tidak mungkin ada gerai lokal maupun penjual yang mau membanderol iPhone dengan harga 1 juta atau 2 juta. Beberapa perangkat iPhone masih tembus dengan harga diatas 10 juta rupiah.

Ada baiknya Anda memegang prinsip “Harga Menentukan Kualitas”. Nah, jika iPhone yang ditawarkan sudah terlalu murah, maka sebaiknya Anda berhati-hati. Banyak kasus pengguna yang malah mendapat iPhone replika, bahkan banyak yang sudah transfer uang pembayaran, namun iPhone tidak kunjung dikirim.

Akhir Kata

iPhone merupakan sebuah perangkat yang mampu membuat banyak orang merasa tertarik. Namun sayangnya banyak pihak yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan hal ini untuk melakukan modus penipuan dan merugikan orang lain.

Selain itu, Anda juga harus tetap waspada dan berjaga-jaga saat hendak melakukan transaksi jual beli online, dalam kasus ini, membeli iPhone.

NOTE : Selalu teliti saat membeli, lebih baik beli yang mahal tapi jelas daripada beli yang murah tetapi ujung-ujungnya kecewa.
Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More