Tips Hemat Storage iPhone Tanpa Hapus Foto atau Video

Ponselgue.com | Tips Hemat Storage iPhone Tanpa Hapus Foto atau Video – Pengguna perangkat iPhone yang memiliki kapasitas penyimpanan yang paling kecil seringkali merasa dilema. Bagaimana tidak, pengguna tidak dapat menyimpan banyak foto, video, maupun menginstal aplikasi. Apalagi jika kapasitas tersebut tidak bisa ditambah.

Nah, ternyata ada cara baru untuk mengosongkan memori iPhone dengan cara yang cukup kontradiktif, yaitu dengan mendownload file dengan ukuran yang besar. Simak selengkapnya berikut ini.

Tips Hemat Storage iPhone

tips hemat storage iPhone

Anda bisa mengunduh file berukuran besar untuk membuat kapasitas iPhone lebih longgar. Bagaimana bisa?

Menurut Reddit, dengan Anda mendownload file berukuran besar dapat memaksa iPhone untuk membenahi kapasitas yang hampir penuh dengan cara menghapus cache dan cookie pada background yang sudah tidak diperlukan lagi.

Baca juga : 3 Cara Membedakan Charger iPhone Asli dan Palsu

Cara ini dapat diterapkan pada perangkat yang menjalanakan iOS 9.3 ke atas. Syaratnya, kapasitas penyimpanan tersisa dari iPhone harus sudah kurang dari 1 GB. Dengan trik ini, Anda dapat meningkatkan kapasitas memori hingga 2.5GB.

Ikuti langkah-langkah berikut ini :

  1. Pertama, buka Settings → General → About untuk melihat sisa penyimpanan yang tersedia di perangkat Anda.
  2. Selanjutnya, buka iTunes Store dan kemudian cari film apa saja versi HD. Klik opsi rent atau sewa.
  3. Jika penyimpanan Anda kurang dari ukuran film tersebut, perangkat secara otomatis tidak mampu untuk menyewa film. Nantinya akan muncul pesan: “Memori yang tersedia tidak mencukupi untuk mengunduh XXXX. Anda dapat mengatur memori di Settings.”
  4. Keluar dari pesan tersebut dan tunggu sekitar 20 detik.
  5. Sekarang, masuk kembali ke Settings → General → About kemudian periksa penyimpanan Anda.
  6. Sekarang Anda akan melihat memori penyimpanan yang tersedia bertambah sebesar 500 megabyte (MB).

Anda dapat mengulangi cara diatas beberapa kali hingga kapasitas memori cukup untuk mengunduh film tersebut. Lanjutkan mengunduh jika Anda memang ingin menontonnya atau cukup ikuti langkahnya untuk mengosongkan kapasitas memori perangkat Anda.

Baca juga : Cara Cepat Mencari iPhone Yang Hilang Atau Ketinggalan

Jika cara diatas kurang begitu membuat iPhone menjadi lega, Anda juga dapat menggunakan beberapa tips hemat storage iPhone berikut.

1. Simpan foto di Cloud Storage

Sebenarnya Apple menawarkan penyimpanan cloud gratis melalui iCloud, namun layanan ini mempunyai kuota yang cukup terbatas hingga 5GB. Salah satu yang bisa menjadi alternatif adalah aplikasi Google Photos.

Selain menawarkan storage yang lebih besar (15GB), Anda juga bisa menyimpan foto berformat kualitas tinggi.

Setelah selesai melakukan backup foto-foto di Google Photos, Anda bisa menghapus foto-foto yang tersimpan di iPhone. Caranya sangat mudah, ketuk ikon di kiri atas → Settings → Manage device storage → Free up space → Delete.

2. Hapus foto yang sama

Beberapa aplikasi edit foto seringkali menyimpan foto asli sebelum diedit menggunakan aplikasi tersebut. Selain itu, aplikasi ini juga bisa menyimpan foto yang Anda potret langsung menggunakan aplikasi ke dalam media penyimpanan iPhone.

Oleh karena itu, buka aplikasi edit foto yang Anda instal di perangkat iPhone Anda, kemudian matikan opsi penyimpanan foto asli di iPhone.

Baca juga : 5 Fitur Terbaik iOS 12 Yang Paling Keren

3.Matikan pengaturan menyimpan foto asli dan HDR

​​​​​​​Fitur HDR di iPhone tentunya sangat membantu saat ingin mengambil foto dengan lebih detail pada kondisi tertentu. Sayangnya, iPhone secara default menyimpan foto non-HDR yang asli, oleh karenanya Anda akan mempunyai dua foto yang sama saat fitur HDR aktif.

Untuk mengubah pengaturannya, masuk ke Settings Photos & Camera → kemudian matikan opsi Keep Normal Photos di bagian bawah.

Itulah tips hemat storage iPhone tanpa harus menghapus foto, video, atau aplikasi yang Anda instal di perangkat Anda. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

You might also like

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More