Chat, Layanan Perpesanan Baru Dari Google Yang Mirip iMessage

Ponselgue.com | Chat, Layanan Perpesanan Baru Dari Google Yang Mirip iMessage – Seiring berjalannya waktu, kini penggunaan SMS semakin jarang dan mulai ditinggalkan. Kini percakapan melalui perangkat seluler lebih banyak dilakukan menggunakan aplikasi instant messaging, seperti WhatsApp, LINE, Telegram, dan yang lainnya.

Pada beberapa platform lain, bahkan memungkinkan Anda bisa mengobrol dengan penjual toko online, atau juga mengobrol dengan driver melalui aplikasi transportasi online. Aplikasi chat yang merupakan fitur in-app ini juga banyak dimanfaatkan karena mempermudah interaksi.

Google sendiri berencana membuat aplikasi messaging baru yang mirip fitur iMessage di iPhone. Layanan perpesanan baru dari Google ini diberi nama ‘Chat’.

Kapan Aplikasi ‘Chat’ dirilis?

Smart reply in Android Messages preview.
Foto : Google

Dilansir dari Android Central, Google rencananya akan merilis aplikasi perpesanan ini pada akhir tahun. Sebagai bentuk aplikasi yang lebih modern, Aplikasi ini juga menawarkan pengaturan chat group yang lebih mudah, mempertahankan kualitas media yang dibagikan, serta berbagai fitur lainnya.

Nantinya aplikasi ‘Chat’ akan dapat digunakan melalui unduhan aplikasi dan kedepannya akan langsung terpasang secara default di berbagai smartphone Android.

Baca juga : Link Download dan Berbagai Fitur Google Lens Yang Menarik

Upaya Meniru Layanan iMessage di iPhone

Chat Group Preview
Foto : Google

Layaknya fitur iMessage pada perangkat iPhone, ‘Chat’ di Android dapat diakses langsung untuk menggantikan fitur yang biasanya Anda lakukan melalui fitur SMS/MMS. Aplikasi ini akan dapat bekerja berkat pengaplikasian standar Rich Communication Services (RCS).

Penggunaan fitur ‘Chat’ akan dapat ‘dikenali’ berdasarkan penggunaan nomor telepon. Jika Anda mengirim pesan pada sesama pengguna Android yang sudah menggunakan RCS, maka Anda akan saling berkirim pesan dengan fitur aplikasi. Namun, jika salah satu diantaranya tidak menggunakan fitur RCS, pesan secara otomatis akan terkirim sebagai SMS.

Baca juga: Alasan Mengapa WhatsApp Dipilih Banyak Orang

Tersedia Dalam Versi Desktop

Chat, Layanan Perpesanan Baru Dari Google
Foto : Google

Penggunaan aplikasi ‘Chat’ nantinya dapat digunakan lintas perangkat seperti iMessage dan WhatsApp, selain itu Google jugas akan menyediakan dalam versi versi desktop.

Seperti WhatsApp, pengguna aplikasi akan login menggunakan kode QR untuk melakukan autentikasi untuk bisa mengakses percakapan melalui web.

Lalu, apa bedanya layanan perpesanan baru dari Google ini dibandingkan dengan Hangouts?

Meskipun juga dirilis oleh Google, Hangouts saat ini sedang dalam proses untuk diubah menjadi layanan berbasis perusahaan. Kabarnya, hal ini dilakukan untuk menyaingi aplikasi Slack.

You might also like

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More