Cara Menghapus Akun Google di Perangkat Lain Jarak Jauh

2.856

Ponselgue.com | Cara Logout Akun Google di Perangkat Lain Jarak Jauh – Salah satu kelebihan dari smartphone Android adalah Anda bisa login menggunakan akun yang sama di banyak perangkat sehingga data-data seperti kontak, aplikasi, , browser, email akan tampil sama persis di semua perangkat.

Tetapi Hal ini tentu bukan tanpa resiko, misalnya jika sewaktu-waktu perangkat Anda dijula tetapi Anda lupa melakukan reset terlebih dahulu. Tentunya si pemilik perangkat yang baru dapat mengakses semua data akun Anda dengan mudah. Kemungkinan terburuknya hal ini berpotensi dapat menimbulkan banyak masalah, terutama jika ada data privasi Anda yang di ekspose.

Namun Anda tidak perlu terlalu khawatir, Anda bisa mengatasi masalah semacam ini dengan solusi yang sudah diberikan oleh Google.

Google sendiri sudah menyediakan fitur untuk menghapus dan logout akun Google yang sudah login di perangkat lain dengan cara remote atau jarak jauh. Simak cara selengkapnya di bawah ini.

Cara Logout Akun Google di Perangkat Lain Jarak Jauh

Untuk bisa remote logout akun Google di perangkat lain, ikuti langkah-langkah berikut ini :

  • Buka browser favorit Anda di PC, kemudian kunjungi halaman https://myaccount.google.com.
  • Selanjutnya Sign in menggunakan akun Google yang Anda ingin hapuskan.Cara Logout Akun Google di Perangkat Lain 1
  • Setelah berhasil login, klik Login & keamanan.Cara Logout Akun Google di Perangkat Lain 2
  • Scrool layar kebawah, kemudian cari bagian Aktivitas & notifikasi perangkat. Pada bagian ini akan menampilkan daftar perangkat yang telah atau pernah mengakses akun tersebut. Klik Tinjau Perangkat untuk menampilkan semua perangkat.Cara Logout Akun Google di Perangkat Lain 3
  • Kemudian pilih perangkat yang ingin Anda hapus, lalu klik tombol Hapus.Cara Logout Akun Google di Perangkat Lain 4
  • nantinya Anda akan diminta konfirmasi hapus akses, klik tombol Hapus sekali lagi.Cara Logout Akun Google di Perangkat Lain 5
  • Jika sudah, kini akun Google Anda akan terhapus dan akan logout secara otomatis dari perangkat tersebut.Cara Logout Akun Google di Perangkat Lain 6

Beberapa Hal Penting Terkait Akun Google di Android

  • Data-data seperti kontak, email, catatan, kalender, unduhan aplikasi dapat diakses di perangkat berbeda dengan syarat Anda harus login dengan email yang sebelumnya dipakai. Misalnya, jika Anda membeli smartphone Android baru, Anda tidak perlu repot-repot memindahkan kontak karena saat Anda login dengan akun yang sama, maka data kontak juga otomatis bisa diakses di perangkat yang baru.
  • Anda bisa mematikan sinkronisasi data dengan cara masuk ke menu Settings → Akun → Google → Sync kemudian hapus centang centang pada data yang ingin Anda keluarkan dari item-tem sinkonisasi.
  • Data kontak di eksport ke smartphone, ke cloud bahkan ke email lainnya selama perangkat yang Anda gunakan mempunyai fitur tersebut. Namun, secara default Android memungkinkan pengguna melakukan hal tersebut.
  • Perlu diingat, bahwa progress game tidak ikut di backup. Kecuali jika game tersebut menggunakan dukungan Google Play Game, maka Anda tinggal melanjutkan progress game di perangkat yang baru.

Demikianlah cara menghapus dan logout akun Google di perangkat lain dari jarak jauh. Langkah ini bisa Anda lakukan untuk mencegah resiko pelanggaran privasi maupun penyalah-gunaan lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More