Cara Memanfaatkan Media Sosial Untuk Bisnis Online

Ponselgue.com | Cara Memanfaatkan Media Sosial Untuk Bisnis Online –  Di zaman serba digital ini, tren penggunaan media sosial pun semakin tinggi di masyarakat. Selain digunakan untuk bersosialisasi dengan orang lain, media sosial juga seringkali digunakan untuk mencari penghasilan tambahan, yaitu dengan berbisnis online.

Tingginya pengguna sosial media dianggap sebagai tempat termudah dan paling murah digunakan untuk kegiatan pemasaran online dan promosi bisnis.

Dari sekian banyak media sosial, mana yang paling cocok dan efektif untuk bisnis online? Berikut cara cara memanfaatkan media sosial untuk bisnis online.

(foto: pixabay.com)

Baca juga :

Memanfaatkan Media Sosial Untuk Bisnis Online

1. Facebook, Miliki halaman khusus untuk promosi

Facebook - Cara Memanfaatkan Media Sosial Untuk Bisnis Online 1
(foto: pixabay.com)

Cara memanfaatkan media sosial untuk bisnis online yang pertama adalah menggunakan platform Facebook. Lakukan beberpa tips berikut :

  • Buat akun yang berkaitan dengan produk yang dijual.
  • Buat halaman khusus (Facebook Page) dengan nama produk atau merk produk yang akan Anda jual.
  • Coba juga untuk membuat grup sebagai tempat promosi tambahan.

Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan juga layanan iklan dari Facebook, yaitu Facebook Ads. Meskipun berbayar, fitur ini akan mengiklankan toko online Anda ke pengguna Facebook dengan target tertentu, misalnya berdasarkan usia, jenis kelamin, hobi, dan domisili.

Kuncinya adalah dengan menampilkan informasi secara detail mengenai produk atau bisnis yang Anda tawarkan di Facebook Page. Selain itu, rajin-rajinlah mengunggah konten di grup Facebook untuk membantu meningkatkan penjualan. Tetaplah fokus membahas topik tertentu yang berhubungan dengan produk yang Anda jual.

2. Twitter, memaksimalkan hashtag untuk promosi jualan

Twitter - Cara Memanfaatkan Media Sosial Untuk Bisnis Online 2
(foto: pixabay.com)

Twitter juga bisa Anda manfaatkan sebagai media untuk promosi bisnis online kita. Melalui Twitter, Anda bisa memperbanyak followers melalui hashtag (#) yang dicantumkan setiap tweet yang Anda buat. Dengan hashtag tersebut, follower akan lebih mudah untuk menemukan toko online Anda di Twitter.

Untuk mendapatkan followers tertarget, misalnya Anda menargetkan untuk remaja, usahakan untuk membuat tweet dengan hashtag seputar remaja.

Beberapa tips untuk memanfaatkan Twitter sebagai media untuk berjualan online selain dengan memperbanyak jumlah followers juga bisa dilakukan dengan mengirim tweet secara teratur, memperhatikan waktu posting yang tepat, dan menyewa buzzer atau influencer untuk meningkatkan promosi. Anda juga bisa saling bertukar promosi dengan akun Twitter toko online lainnya.

3. Instagram, unggah foto dan video untuk menarik perhatian

Instagram - Cara Memanfaatkan Media Sosial Untuk Bisnis Online 3
(foto: pixabay.com)

Dengan mengunggah konten yang menarik ke Instagram yang dilengkapi dengan informasi detail produk yang ditulis pada caption foto. Anda juga dapat memanfaatkan Instagram untuk mendekatkan diri dengan target pasar yang dituju.

Menariknya, caption yang ditulis bisa lebih panjang dan tidak terbatas seperti di Twitter. Selain itu, Anda juga bisa memberikan hashtag (#) pada caption foto. Melalui hashtag, produk atau bisnis Anda bisa lebih mudah ditemukan oleh banyak orang.

Aktif berinteraksi dengan para konsumen menjadi kunci untuk membuat konsumen menaruh perhatian lebih pada produk atau bisnis Anda.

Nah, demikianlah cara memanfaatkan media sosial untuk bisnis online. Anda juga memanfaatkan platform lain sebagai media untuk promosi toko online Anda.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More