Cara Mengaktifkan Night Light di Windows 10

1.282
cara mengaktifkan Night light di Windows 10
Foto : Pixabay

Ponselgue.com | Cara Mengaktifkan Night Light di Windows 10 – Windows 10 memiliki beragam opsi yang seringkali diabaikan atau belum dieksplorasi secara penuh oleh penggunanya. Salah satu yang cukup penting adalah fitur Night Light yang bisa ditemukan di pembaruan Windows 10 Creators’ Update.

Night Light merupakan fitur visual yang memanipulasi tone warna pada monitor dengan mengurangi cahaya biru yang membuat mata cepat lelah. Cahaya biru ini akan memengaruhi kesehatan mata dan pola tidur Anda, karena di otak manusia mempunyai sesuatu yang disebut dengan Circadian Rhythm.

Circadian Rhythm adalah proses biologis yang dapat digambarkan sebagai “jam internal” yang menjadi acuan otak manusia untuk mengetahui waktu beristirahat. Umumnya waktu istirahat datang di saat hari sudah malam / gelap. Cahaya biru pada monitor dapat “mengelabui” otak bahwa hari masih terang sehingga mengakibatkan kurangnya waktu istirahat.

Untuk itu, simak cara mengaktifkan Night Light di Windows 10 di bawah ini.

Foto : Pixabay

Cara Mengaktifkan Night Light di Windows 10

Night Light di Windows 10 dapat Anda aktifkan melalui Settings → System → Display, kemudian aktifkan opsi Night light di panel sebelah kanan.

Untuk mengatur preferensi intensitas dan otomasi fitur ini, klik Night light settings. Anda bisa menyesuaikan beberapa setelan, diantaranya intensitas warna hangat yang dapat diatur melalui slider dan pengaturan otomasi Night light berdasarkan waktu, yang secara bawaan diatur aktif pada jam saat hari mulai gelap.

Jika Anda merasa setelan otomasi jam tadi kurang sesuai, Anda dapat menggunakan opsi Set Hours untuk mengatur waktu aktivasi dan nonaktivasi Night light.

Bisa diakses dari Quick Action

Untuk mengaktifkan Night light secara manual, sebenarnya Anda tidak perlu jauh-jauh ke laman pengaturan tadi. Anda bisa melakukannya melalui Quick Action yang terdapat di bagian kanan bawah taskbar Windows 10.

Klik pada ikon Quick Action → Expand, kemudian aktifkan opsi Night light pada “ubin” pengaturan yang ada.

Nah, itulah beberapa informasi terkait fitur Night Light serta cara mengaktifkan Night light di Windows 10, selamat mencoba.

You might also like

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More