Cara Mengecek Kartu Telkomsel Sudah 4G atau Belum

3.199

Ponselgue | Cara Cek 4G Kartu Telkomsel – Telkomsel menghadirkan akses telekomunikasi untuk mesyarakat Indonesia sejak tahun 1995 silam. Dengan jaringan yang tersebar terluas ke seluruh area tanah air, tentu banyak pengguna yang sudah menggunakan layananan Telkomsel ini sejak lama. Tetapi kemungkinan masih ada pengguna ada yang belum menyadari apakah kartu SIM yang digunakan sudah mendukung 4G atau belum.

Bagi pengguna smartphone yang menginginkan koneksi internet cepat, tentu membutuhkan jaringan 4G. Bahkan kini beberapa operator sudah mulai mempersiapkan jaringan 5G yang kemungkinan tidak lama lagi dapat dinikmati oleh para pelanggan.

Cara Cek Kartu Telkomsel Sudah 4G atau Belum

Telkomsel sendiri secara resmi meluncurkan jaringan 4G LTE di akhir tahun 2014. Untuk dapat mengakses teknologi jaringan tersebut kartu yang digunakan harus sudah di upgrade atua ditukar dengan USIM. Maka dari itu, bagi pelanggan yang sudah menggunakan kartu SIM Telkomsel di bawah tahun 2013 bisa dipastikan kartu tersebut tidak mendukung jaringan 4G LTE. 

Untuk itu, bagi Anda yang ingin memastikan kartu SIM yang Anda yang gunakan sudah mendukung jaringan 4G atau belum, simak 2 cara cek 4G kartu Telkomsel berikut ini.


Baca juga :


Cara Cek 4G Kartu Telkomsel Dengan Kode USSD

  1. Pertama, buka aplikasi Phone kemudian dial kode *888*47
  2. Pilih menu Cek Kartu dengan memasukan nomor urut dari daftar menu.
  3. Pilih menu Cek 4G dari daftar yang ditampilkan
  4. Setelah itu akan muncul informasi mengenai status kartu yang Anda gunakan saat ini.

Melalui Aplikasi yTelkomsel

  1. Download aplikasi MyTelkomsel dan instal di smartphone Anda.
  2. Selanjutnya login dengan memasukan nomor Anda dan password yang dikirim melalui SMS ke nomor yang Anda masukkan.
  3. Setelah masuk ke aplikasi, ketuk tombol 4G Ready di halaman utama.
  4. Nantinya Anda akan mendapatkan informasi mengenai status kartu dan smartphone Anda untuk dapat menggunakan jaringan 4G LTE. 
cek 4g kartu SIM telkomsel

Lalu, bagaimana jika SIM belum mendukung 4G?

Jika kartu SIM Anda masih belum mendukung jaringan 4G, maka satu-satunya cara adalah menggantinya dengan kartu USIM dengan mengunjungi graPARI Telkomsel terdekat. Hal ini karena kartu SIM lama masih belum memiliki komponen yang support 4G LTE.  

Nah, demikianlah cara cek 4G Kartu Telkomsel dengan mudah. Pastikan sebelum mengakses jaringan 4G, kartu SIM dan smartphone yang Anda gunakan sudah siap untuk mengakses jaringan tersebut.

You might also like

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More