Cara Mengecek Sisa Kuota Internet Semua Operator (Telkomsel, Indosat, XL, Tri, Axis)

3.093

Ponselgue.com | Cara Cek Kuota Internet Semua Operator – Tidak bisa dipungkiri bahwa internet merupakan salah satu kebutuhan utama masyarakat modern saat ini. Apalagi kini infrastruktur telekomunikasi semakin merata dan smartphone harganya juga sudah relatif terjangkau, sehingga akses internet jauh lebih mudah.

Tidak ketinggalan para operator seluler saling bersaing menawarkan berbagai jenis paket kuota internet. Dengan kuota internet inilah pengguna bisa berselancar di dunia maya, streaming musik dan video, mengakses media sosial, serta tetap terhubung dengan keluarga dan teman melalui aplikasi instant messaging.

Cara Cek Kuota Internet Semua Operator

Kuota yang terbatas ini mengharuskan kita bisa mengontrol penggunaannya saat mengakses internet agar kuota tidak banyak terpakai. Bahkan YouTube sampai membuat fitur khusus untuk membatasi pengguna saat agar tidak ketagihan streaming video di platformnya, yang tentu berimbas pada pemakaian kuota.

Maka dari itu, menjaga sisa kuota agar tetap hemat merupakan hal yang cukup penting. Hal yang penting dilakukan adalah mengecek kuota internet agar penggunaan kuota bisa tetap dalam kontrol.

Setiap operator memiliki caranya sendiri-sendiri untuk mengecek kuota internet, mulai dari dial kode, SMS, melalui aplikasi khusus dan web. Nah, berikut ini ulasan mengenai cara cek kuota internet beberapa operator seluler di Indonesia, Telkomsel, Indosat Ooredoo, XL, Tri, dan AXIS.

Cara cek kuota internet Telkomsel

  1. Ketik kode USSD *888# di dialpad, kemudian tekan Call
  2. Pilih menu nomor 3 “Cek Kuota”
  3. Pilih menu nomor 2 “Cek Kuota Internet”
  4. Anda akan menerima informasi mengenai sisa kuota melalui SMS dari 3636.

Logo Telkomsel

Anda juga bisa mengecek sisa kuota Telkomsel melalui SMS, ketik UL(spasi)INFO kemudian kirim ke 3636. Anda juga mengirim SMS dengan format : Flash(spasi)infov2 dan mengirimkannya ke 3636.Layanan SMS ini tidak dikenakan biaya.

Telkomsel juga menyediakan aplikasi khusus untuk para pelanggannya yang diberi mana MyTelkomsel. Aplikasi memungkinkan Anda untuk mengakses semua layanan Telkomsel, termasuk dalam hal ini melihat sisa kuota internet Telkomsel Anda, baik itu Simpati, Kartu AS, dan Loop. Download MyTelkomsel di Play Store atau App Store, sign-up kemudian login, setelah itu informasi mengenai sisa kuota Anda langsung terpampang di halaman utama aplikasi.

Lihat juga :

Cara cek kuota internet Indosat Ooredoo

  1. Ketik *363# di dialpad, kemudian tekan Call
  2. Pilih menu nomor 2 “Internet,Nelp&SMS”
  3. Pilih menu nomor 8 “Status&Info”
  4. Pilih menu nomor 1 “Cek Kuota”
  5. Selanjutnya Anda akan menerima pemberitahuan sisa kuota Anda melalui dialog box.

Selain melalui dial, ada beberapa cara cek kuota internet Indosat Ooredoo lain yang bisa Anda coba. Yaitu melalui aplikasi khusus, yaitu MyIM3, di Google Play Store atau di App Store.

Setelah selesai mengunduhnya, buka aplikasi MyIM3 kemudian buat akun dengan mengisi data diri dan nomor hp Anda. Setelah berhasil verifikasi dan bisa masuk dalam aplikasi, Anda bisa langsung melihat sisa kuota internet Indosat Ooredoo Anda di halaman depan aplikasi.

Jika kebetulan Anda berada di lokasi yang cukup susah untuk mengakses internet, Anda bisa melakukan pengecekan sisa kuota kartu IM3 Anda dengan mengirim SMS. Caranya, ketik “usage” kemudian kirim ke 363.

Cara cek kuota Indosat Ooredoo yang terakhir adalah melalui website resmi Indosat. Anda bisa mengunjungi laman mycare.indosatooredoo.com kemudian login menggunakan akun Anda. Nantinya Anda bisa melihat informasi mengenai sisa kuota internet Anda di menu Home.

Lihat juga :

Cara cek kuota internet XL

  1. Ketik *123*7*1#, kemudian ketuk Call
  2. Pilih menu nomor 2 “Cek Kuota”
  3. Pilih paket yang ingin Anda cek kuotanya, misalnya pilih nomor 3 untuk paket Hotrod Prima
  4. Nantinya Anda akan melihat dialog box yang berisi info sisa kuota Anda.

LOGO XL

Cara cek kuota internet XL lain yang bisa Anda lakukan adalah melalui aplikasi MyXL. Login dengan nomor XL Anda atau dengan akun Facebook, kemudian di halaman utama aplikasi akan tertera sisa kuota internet Anda. Aplikasi MyXL tersedia di Play Store ataupun App Store.

Anda juga bisa mengecek sisa kuota XL Anda melalui website resmi XL di laman my.xl.co.id. Sama seperti di aplikasi, Anda bisa login dengan nomor XL atau dengan akun Facebook. Nantinya Anda bisa melihat sisa kuota internet Anda di halaman utama.

Baca juga :

Cara cek kuota internet Tri

  1. Ketik kode *111# kemudian call
  2. Pilih menu nomor 4 “Cek Kuota”
  3. Pilih menu nomor 2 “Kuota Data”
  4. Pilih menu nomor 1 “Cek Kuota”
  5. Pilih jenis paket internet Anda, misal ketik 1 untuk “Kuota Data Reguler”
  6. Selanjutnya Anda akan menerima SMS yang memberikan informasi sisa kuota Anda.

Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengirim SMS dengan format : info(spasi)data kemudian kirim ke 234. Setelah itu, Anda tinggal menunggu balasan operator melalui SMS yang akan menginformasikan sisa kuota Anda.

Anda juga bisa mengecek sisa kuota paket internet Tri Anda melalui aplikasi Bima Tri. Download aplikasi tersebut kemudian login menggunakan nomor dan password yang sudah Anda buat saat sign-up. Informasi sisa kuota akan muncul di menu Home.

Selain ketiga cara diatas, cara lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengunjungi website resmi Tri di internet.tri.co.id. Anda tinggal login menggunakan akun Anda dan melihat sisa kuota paket internet Anda disana.

Baca juga :

Cara cek kuota internet AXIS

  1. Ketik kode *123# lalu Panggil
  2. Pilih menu nomor 7 “MyInfo”
  3. Pilih menu nomor 4 “Cek Kuota Paket”
  4. Selanjutnya pilih nomor yang sesuai dengan paket internet yang Anda gunakan.
  5. Tunggu SMS dari operator yang akan menginformasikan sisa kuota internet Anda.

Untuk mengecek sisa kuota interne Tri melalui SMS, Anda cukup mengetik Kuota kemudian kirim ke 123. Nantinya operator akan mengirim informasi mengenai sisa kuota Anda melalui SMS.

Axis juga menyediakan aplikasi khusus untuk pelanggannya, yaitu aplikasi AXIS net. Download aplikasi tersebut di Play Store atau App Store, kemudian sign-up dengan nomor Anda dan login untuk mengetahui informasi mengenai kartu Anda, termasuk info sisa kuota internet.

Lihat juga :

You might also like

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More