Lupa Kode PUK Kartu Telkomsel Anda? Begini 4 Cara Mendapatkannya

Cara Mendapatkan Kode PUK Telkomsel (SimPATI, Kartu AS, Loop)Ponselgue.com | 4 Cara Mendapatkan Kode PUK Telkomsel (SimPATI, Kartu AS, Loop) – Setiap pengguna telepon tentu membutuhkan SIM card yang  disediakan oleh operator untuk berlangganan layanan komunikasi, baik internet maupun kebutuhan telepon dan SMS.

Setiap operator memberikan fitur keamanan yang bisa diaktifkan di setiap SIM Card, yaitu berupa PIN.

Fitur ini bisa Anda manfaatkan supaya kartu tidak bisa digunakan oleh pihak yang tidak memiliki Akses. Misalnya, saat ponsel Anda hilang dan ditemukan oleh orang lain, maka kartu tersebut hanya dapat dibuka oleh orang yang mengetahui kode PIN. Yang tentunya sudah di setting sebelumnya.

Baca juga :

Namun, dibalik fitur keamanan yang ditawarkan, tak jarang pengguna malah lupa kode PIN yang sudah dibuat. Jika Anda tidak bisa memasukkan kode PIN yang benar, maka dapat membuat sim card tidak bisa dibuka.

Jika Anda salah memasukkan PIN sebanyak 3 kali, maka sim card Anda akan diblokir. Dan untuk mengembalikannya, Anda harus memasukan kode PUK.

Kode PUK atau (Personal Unblocking Key) sendiri merupakan kode unik yang terdiri dari 8 digit angka untuk membuka kartu SIM yang telah terblokir karena lupa nomor PIN.

foto: telkomsel.com

Cara mendapatkan kode PUK Telkomsel (Simpat, AS, dan Loop)

Jika terjadi kasus seperti diatas, Anda bisa meminta kode PUK kartu AS atau Simpati Anda yang telah terblokir tadi.

Ada 3 cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan kode PUK Telkomsel. Simak selengkapnya berikut ini.

1. Melalui media sosial Official Telkomsel

Telkomsel mempunyai layanan official di media sosial yang online 24 jam untuk membantu para pelanggannya. Untuk mendapatkan Nomor PUK melalui Asisten Virtual Telkomsel, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut :

  • Kunjungi akun resmi Telkomsel di LINE, FB Messenger atau Telegram
  • Kemudian ketik “Hai”
  • Setelah itu pilih menu “Lihat Menu Utama
  • Pilih “Info PUK” yang terdapat di dalam menu “Profil Kamu
  • Masukkan nomor Telkomsel Anda
  • Lalu masukkan Kode Verifikasi (OTP)]
  • Selanjutnya pilih metode verifikasi yang Anda inginkan, “PIN T-Care” atau “Nomor Telepon”
  • Asisten Virtual Telkomsel akan mengirimkan Informasi PUK Anda

2. Dial kode UMB *116#

Anda bisa menggunakan nomor Anda yang lain untuk meminta kode PUK.

Caranya, dial kode *116# kemudian pilih PUK. Setelah itu masukan nomor Anda yang terblokir, kemudian masukan 16 digit kode yang terdapat di belakang sim card Anda.

Namun, biasanya untuk nomor yang sudah lama, biasanya kode pada SIM cara agak sedikit  memudar karena sering terkena gesekan atau karena umur. Nah, jika Anda tidak mengetahui 16 digit kode tersebut, Anda masih bisa menggunakan cara selanjutnya di bawah ini.

Baca juga :

3. Menghubungi call center Telkomsel

Anda bisa menghubungi nomor call center Telkomsel di 188. Kemudian ikuti petunjuk agar bisa terhubung langsung dengan admin Telkomsel,. Selanjutnya ikuti Anda bisa meminta kode PUK nomor Anda yang diblokir.

Biasanya saat Anda menghubungi Call Center, Anda nantinya akan dimintai beberapa keterangan mengenai kartu. Jadi, pastikan Anda sudah memiliki data yang valid seperti kapan terakhir mengisi pulsa, serta juga nama lengkap dan NIK pada saat registrasi kartu.

4. Mengunjungi Gerai Telkomsel (Grapari)

Jika Anda masih belum mendapatkan kode PUK setelah melakukan semua metode diatas, maka langkah terakhir adalah dengan datang langsung ke Grapari.

Nantinya Anda akan di layani customer Telkomsel untuk melakukan aktivasi ulang kartu yang sudah terblokir tadi.

Nah, demikianlah cara mendapatkan kode PUK Telkomsel (Simpati, Kartu AS da Loop). Semoga ulasan diatas bisa membantu SIM card Anda yang terkunci atau terblokir.

Catatan menarik untuk para pelanggan Telkomsel

Sebagai operator seluler terbesar di Indonesia, Telkomsel tentunya memiliki banyak fitur agar pelanggan betah menggunakan layanannya. Berikut diantaranya :

You might also like

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More