4 Penyebab Pengisian Baterai Smartphone Lama Penuh

penyebab pengisian baterai smartphone lama
Foto : Pixabay

Ponselgue.com | 4 Penyebab Pengisian Baterai Smartphone LamaSmartphone kini sudah menjadi salah satu barang penting dalam keseharian kita. Berbagai aktivitas kita akan terbantu dengan adanya smartphone, seperti kemudahan dalam berbelanja, memesan tiket, membayar tagihan maupun yang lainnya. Semuanya dilakukan secara online melalui smartphone kapanpun dan dimanapun.

Namun tentu akan menjadi masalah saat baterai smartphone tiba-tiba nge-drop. Terutama saat sedang berada di luar ruangan karena akan aktivitas dan komunikasi akan terganggu.

Adanya power bank cukup membantu, tetapi tidak dapat diandalkan sepenuhnya karena mempunyai kapasitas yang terbatas. Jika hal itu terjadi, Anda harus melakukan pengisian daya langsung dari power outlet. Namun yang menjadi masalah adalah kita tidak mengetahui sampai kapan daya baterai smartphone kita terisi penuh.

Berikut penyebab pengisian baterai smartphone lama penuh terisi.

Baca juga : 5 Cara Menghemat Baterai Samsung Galaxy Semua Seri

Penyebab Pengisian Baterai Smartphone Lama

1. Kabel USB Yang Bermasalah

Foto : steve johnson/unsplash

Salah satu penyebab utama proses pengisian daya smartphone lama penuh adalah kerusakan pada kabel USB. Untuk itu, pastikan kabel USB yang Anda gunakan dalam kondisi normal.

Usahakan pada saat proses charging smartphone, kabel USB tidak terlilit, melingkar, memutar yang dapat menghambat pengisian baterai smartphone.

Baca juga : 3 Cara Membedakan Charger iPhone Asli dan Palsu

2. Adaptor Charger Yang Digunakan

Adaptor yang memakai USB tambahan mempunyai kadar adaptor yang berbeda-beda karena perbedaan tegangan, watt, ampere dan general powerage. Setiap perangkat mobile tentunya mempunyai adaptor yang berbeda-beda, pastikan Anda menggunakan adaptor original (bawaan) dan cocok digunakan untuk smartphone Anda.

Baca juga : Smartphone Baru Harus Di Charge 8 Jam? Perlu Atau Tidak?

3. Perhatikan Sumber Daya

Proses pengisian daya smartphone dengan mencolokkannya ke komputer atau laptop pasti akan lebih lama apabila dibandingkan dengan mencolokkannya ke listrik PLN.

Demikian juga saat Anda mengisi baterai menggunakan teknologi wireless. Teknologi ini bahkan lebih cepat dibandingkan dengan mencolokkannya ke listrik.

Jika smartphone sudah terbiasa diisi menggunakan adaptor 2 Ampere, saat Ada mengisinya dengan adaptor lain yang berbeda tentu akan memengaruhi proses pengisian baterai.

4. Dari Smartphone Itu Sendiri

Faktor lain yang mempengaruhi kecepatan pengisian data juga tergantung dari smartphone itu sendiri. Salah satu yang mempengaruhi proses pengisian daya smartphone adalah prosesor yang digunakan. Prosesor terbaru tentu lebih mendukung pengisian baterai yang lebih cepat.

Bahkan kini hampir semua smartphone terbaru sudah dilengkapi dengan fitur Quick Charge. Fitur ini memungkinkan pengguna hanya membutuhkan waktu yang sangat sebentar saat melakukan pengisian daya. Bahkan ada yang bisa mengisi daya hingga 50% dalam waktu 15 menit saja.

Baca juga : 4 Tips Merawat Baterai HP Android Non-Removable Agar Lebih Awet

Nah, itulah tadi penyebab pengisian baterai smartphone lama terisi. Sebaiknya Anda juga melakukan perawatan terhadap baterai terutama saat sudah menggunakan perangkat dalam waktu yang  cukup lama. Baterai yang sudah digunakan bertahun-tahun tentu akan berkurang kemampuannya dalam menyimpan daya, untuk itu sesekali Anda perlu melakukan kalibrasi baterai.

Comments
Loading...