Ulasan lengkap seputar dunia Smartphone

Begini Registrasi Kartu Prabayar Jika Belum Punya E-KTP

5/5(1)

Ponselgue.com | Begini Registrasi Kartu Prabayar Jika Belum Punya E-KTP – Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika (PM Kominfo) Nomor 12 Tahun 2016 dan perubahannya , mewajibkan para pelanggan kartu prabayar untuk melakukan registrasi dengan validasi NIK dan nomor KK. Peraturan ini berlaku terhitung mulai tanggal 31 Oktober 2017, baik untuk pelanggan baru (calon pelanggan), maupun pelanggan lama (nomor yang sudah aktif).

Pemerintah memberikan waktu sampai tanggal 28 Februari 2018 untuk melakukan registrasi ulang kartu prabayar. Apabila pelanggan tidak meregistrasi kartunya dan melewati batas waktu yang di tentukan, aka ada sanksi pemblokiran yang di lakukan secara bertahap. (Baca : Tidak Registrasi Ulang Kartu Prabayar? Berikut Tahap Pemblokirannya)

Begini Registrasi Kartu Prabayar Jika Belum Punya E-KTPUntuk melakukan registrasi ulang, dibutuhkan nomor induk kependudukan ( NIK) yang tertera pada E-KTP, serta nomor kartu keluarga ( KK). Nantinya, data tersebut akan diverifikasi dengan database penduduk di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil). Sebaiknya, pastikan data Nomor Induk Kependudukan Anda sudah sesuai dengan yang tercatat di Dukcapil. Anda bisa mengeceknya secara online di situs kemendagri DISINI.

Masalahnya, di Indonesai banyak sekali anak-anak pengguna kartu prabayar yang memiliki smartphone masih di bawah umur 17 tahun (pemegang E-KTP di Indonesia harus berumur 17 tahun keatas). Lalu, bagaimanakah registrasi kartu prabayar jika belum punya E-KTP?

Cara Registrasi Kartu Prabayar Jika Belum Punya E-KTP

Setiap NIK maksimal dapat melakukan registrasi sendiri (self registration) untuk 3 nomor kartu saja untuk setiap provider. Apabila lebih dari 3 nomor, dapat melakukan registrasi dengan mendatangi gerai provider terdekat dengan membawa E-KTP dan KK.

Nah, bagi pengguna yang belum punya E-KTP, bisa menggunakan NIK yang tercantum pada KK. Hal ini tidak menjadi masalah. Karena semestinya, NIK yang tertera pada KTP harusnya sama dengan NIK yang didapat sejak lahir atau yang tercantum pada KK. Pengguna bisa memakai data dari KK saja untuk registrasi kartu SIM prabayar baru maupun lama.No KK

Tujuan dari diberlakukannya aturan ini adalah sebagai upaya yang di lakukan pemerintah untuk melindungi masyarakat/ pelanggan kartu prabayar dari penyalahgunaan nomor pelanggan dari tindak kriminalitas dan terorisme

Registrasi bisa dilakukan dengan mengirim SMS ke 4444, atau bisa dating ke gerai penyedia jasa telekomunikasi dengan membawa E-KTP dan KK. Untuk selengkapnya, silahkan lihat cara registrasi ulang kartu prabayar pada tautan berikut ini :

.......

Comments
Loading...