5 Tips Cara Mengatasi Tidak Cukup Ruang Pada Perangkat di HP OPPO

1.454

Ponselgue.com | Tips Cara Mengatasi Tidak Cukup Ruang Pada Perangkat di HP OPPO – Besaran kapasitas penyimpanan internal menjadi salah satu hal yang selalu dipertimbangkan saat akan membeli sebuah smartphone. Besarnya pun bervariasi, mulai dari 4GB hingga 128GB. Semakin besar kapasitas penyimpanan, semakin lega ruang kosong dan dapat membuat smartphone berjalan lancar.

Saat ini, Oppo menjadi salah satu vendor smartphone yang paling laris di Indonesia. Namun, ternyata banyak pengguna yang mengeluhkan jika penyimpanannya tidak lega dan muncul notifikasi Tidak Cukup Ruang Pada Perangkat. Hal ini tentu saja disebabkan oleh memory internal yang hampir penuh karena menyimpan banyak file dan aplikasi yang tersimpan. Hal ini tentu saja sangat mengganggu dan memperlambat kinerja perangkat.5 Tips Cara Mengatasi “Tidak Cukup Ruang Pada Perangkat” di HP OPPO

Baca Juga :

Mengatasi Tidak Cukup Ruang Pada Perangkat di HP OPPO

Nah, untuk mengatasi Tidak Cukup Ruang Pada Perangkat di HP OPPO, simak 6 tips dari Ponselgue dibawah ini.

1. Hapus File Cache Android

Cache digunakan agar file atau aplikasi terbuka lebih cepat. Namun, cache dan juga temporary files yang tidak pernah di hapus atau jarang bersihkan dapat terus menumpuk pada penyimpanan internal android. Hal ini dapat menyebabkan memory penuh dan membuat sistem android berjalan dengan lambat dan berat.Hapus Cache Facebook

Anda bisa menghapusnya secara manual dengan cara buka Pengaturan ponsel Anda, pilih menu Setelan Tambahan, masuk ke submenu Manajemen Aplikasi  lalu cari aplikasi tertentu, kemudian tap “Clear Cache”.

Anda juga bisa menggunakan aplikasi Cleaner untuk pembersihan yang lebih mendalam dan cepat. Saya sendiri menggunakan aplikasi SD Maid.

2. Memindahkan Aplikasi Ke SD Card

Bagi pengguna ponsel Oppo yang mempunyai memori internal yang kurang besar, memindahkan aplikasi dari internal ke SD Card tentu sangat menguntungkan. Selain untuk melegakan ruang kosong, hal ini juga bisa mempengaruhi kinerja ponsel tersebut.

Fitur ini hanya bisa digunakan untuk perangkat yang menggunakan OS Kitkat ke atas, dan tidak perlu lagi membutuhkan akses root untuk bantuan aplikasi pihak ketiga. Anda dapat menggunakan fitur ini untuk memindahkan aplikasi secara langsung.

Anda bisa memindahkannya secara manual dengan cara buka Pengaturan ponsel Anda, pilih menu Setelan Tambahan, masuk ke submenu Manajemen Aplikasi  lalu cari nama aplikasi tersebut, kemudian tap “Pindahkan Ke SD Card”.

Baca selengkapnya pada artikel “Cara Memindahkan Aplikasi Android Ke SD Card

3. Memindahkan File Media ke SD Card

Semakin banyak kita menyimpan file di smartphone, maka memori akan semakin cepat penuh. Apalagi file video yang terbilang cukup besar, hal ini akan membuat kapasitas penyimpanan menjadi cepat penuh.

Solusinya adalah dengan memindahkan file-file media tersebut (Foto, video, musik dll) ke SD Card. Hal ini dapat Anda lakukan untuk membuat ruang penyimpanan yang ada di Memori Internal akan lebih luas / lebih lega. Dengan begini, notifikasi “Tidak Cukup Ruang Pada Perangkat” tidak akan muncul lagi.

4. Uninstall Aplikasi Yang Tidak Penting

Solusi selanjutnya adalah menghapus (uninstall) aplikasi yang jarang di buka atau tidak digunakan lagi. Biasanya yang sering terjadi adalah game, karena mungkin bosan dengan game tersebut namun lupa tidak menghapusnya. Penggunaan aplikasi yang tidak penting dan jarang digunakan ini dapat memakan banyak ruang di penyimpanan. Hapus Aplikasi Facebook

Anda bisa menghapus/ uninstall aplikasi secara manual dengan cara buka Pengaturan ponsel Anda, pilih menu Setelan Tambahan, masuk ke submenu Manajemen Aplikasi  lalu cari nama aplikasi tersebut, kemudian tap “Hapus Instalasi”.

 

5. Kembalikan Ke pengaturan Pabrik

Jika semua langkah di atas sudah Anda lakukan namun tidak pesan error Tidak Cukup Ruang Pada Perangkat masih muncul, solusi terakhir yang dapat di lakukan adalah dengan mengembalikan perangkat ke pengaturan pabrik / factory reset / Hard reset.

Untuk melakukan Factory Reset, buka menu Pengaturan ponsel, kemudian masuk ke Setelan Tambahan”. Setelah itu silahkan pilih menu Buat Cadangan dan Reset, kemudian pilih “Hapus Semua Konten dan Pengaturan”.

Atau jika ingin melakukan hard reset, matikan ponsel Android, masuk ke menu recovery dengan menekan tombol kombinasi (tergantung dari type ponsel Anda), pilih Wipe Data/ Factory Reset”, lakukan konfirmasi dengan memilih “YES”.

Baca Selengkapnya pada artikel “Cara Factory Reset / Hard Reset OPPO Semua Tipe”.

NOTE!! :  Me-reset perangkat ini mengembalikan ponsel seperti pertama kali dari pabrik. Semua data-data yang tersimpan di dalam ponsel seperti informasi login, dokumen, kontak, SMS, dan file media akan terhapus. Pastikan untuk membackupnya terlebih dahulu.
Tips diatas dapat Anda aplikasikan pada semua smartphone OPPO semua tipe.

Nah, demikianlah 5 tips Cara Mengatasi Tidak Cukup Ruang Pada Perangkat di HP OPPO yang dapat Anda coba. Kunjungi terus Ponselgue.com untuk mendapatkan tips dan artikel menarik lainnya.

Semoga bermanfaat!!

Baca juga artikel menarik lainnya :

You might also like

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More