Tips Mengatasi Sinyal Android Lemah Dan Sering Hilang

3.815

Ponselgue.com | Tips Mengatasi Sinyal Android Lemah dan Sering Hilang РPasti tidak enak rasanya jika mempunyai smartphone  Android yang sinyalnya lemah. Kadang muncul, kadang hilang. Tentu saja, kita tidak bisa memaksimalkan fungsi smartphone kita. Tanpa Adanya sinyal, Android tidak bisa digunakan untuk aktivitas seperti nelpon, SMS, chatting, browsing internet, streaming Youtube dan lain-lain.

Banyak hal yang mempengaruhi hal ini. Salah satu faktornya adalah karena kondisi sinyal operator seluler yang Anda pakai kurang bagus di daerah tersebut. Atau memang karena masih kurang dukungan jaringan atau karena terhalang gunung misalnya.Tips Mengatasi Sinyal Android Lemah Dan Sering Hilang

Untuk daerah perkotaan kemungkinan besar kecil sekali untuk tidak mendapatkan sinyal, karena terdapat banyak tower-tower sinyal sehingga dapat menjangkau semua penjuru. Lain halnya jika sedang berada di daerah pinggiran atau pegunungan, beberapa operator seluler kadang masih belum memperluas area cakupannya ke daerah-daerah pinggiran.

Jika Anda sedang berada di daerah pegunungan atau di daerah pinggiran, ada beberapa tips dari Ponselgue untuk mengatasi sinyal Android lemah dan sering hilang.

Baca juga :

Mengatasi Sinyal Android Lemah dan Sering Hilang

Tips berikut tanpa penggunaan software pihak ketiga. Hanya memaksimalkan dan memanfaatkan fitur yang ada pada Android. Berikut ini tipsnya.

#1.  Gunakan Mode Pesawat

Mode Pesawat berfungsi untuk menonaktifkan segala aktifitas jaringan dari Operator Seluler.

Aktifkan mode pesawat selama beberapa saat (10-15 detik), setelah itu matikan lagi mode pesawat tersebut. Tujuannya adalah untuk memancing sinyal Android supaya bisa mendapatkan sinyal seluler yang baru.

#2. Clear Cache Network

Susah sinyal kadang bisa di pengaruhi oleh file cache yang menumpuk. Anda bisa menghapus Cache Network melalui menu Pengaturan, atau bisa juga menggunakan aplikasi cleaner seperti SD Mite supaya lebih praktis dan cepat.

#3. Matikan Ponsel Android

Tips berikutnya adalah dengan mematikan ponsel Android Anda. Jika ponsel sudah dalam keadaan mati, lepaskan baterai, SIM Card, dan Memory Card selama beberapa saat, kemudian pasang kembali. Setelah itu coba nyalakan ponsel Android Anda.

#4. Ganti SIM Card / Operator Seluler

Jika Anda merasa tidak ada masalah pada perangkat Android Anda, ada kemungkinan terjadi masalah pada SIM Card. Coba ganti SIM Card Anda dengan yang baru, kemudian coba bandingkan sinyalnya.

Jika Sinyal Android masih lemah, coba ganti operator seluler lain yang dukungan dan cakupan sinyalnya lebih bagus di bandingkan yang sebelumnya.

#5. Lakukan Factory Reset / Hard Reset

Upaya terakhir yang bisa kita coba adalah dengan mengembalikan ponsel ke pengaturan awal. Namun, jangan lupa untuk membackup terlebih dahulu data-data yang tersimpan di dalam perangkat.

#6. Bawa Ke Service Center

Jika semua upaya diatas masih belum membuahkan hasil, bawalah perangkat Android Anda ke Service Center untuk dilakukan pengecekan perangkat secara lebih detail. Bisa jadi karena IC PA, Switch Antena, atau kerusakan pada IC RF.

Demikianlah tips untuk Mengatasi Sinyal Android Lemah dan Sering Hilang, semoga dapat membantu. Kunjungi terus Ponselgue.com untuk tips dan artikel menarik lainnya.

Artikel Menarik lainnya :

You might also like

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More