Tips Mengatasi Tidak Bisa Backup Chat WhatsApp di Android

6.367

logo whatsappPonselgue.com | Mengatasi Tidak Bisa Backup Chat WhatsApp di Android – Mungkin ada beberapa pengguna Whatsapp yang bingung saat ingin berganti smartphone karena takut data-datanya hilang.

Untuk para pengguna perangkat Android, ada beberapa hal yang dapat mengakibatkan proses backup gagal atau terhambat. Untuk itu, sebaiknya Anda memeriksa beberapa pengaturan supaya bisa melakukan backup.

Nantinya, jika Anda sudah berhasil melakukan proses backup, Anda dapat mengembalikan data untuk bisa diakses kembali di perangkat yang baru. Nah, jika Anda tidak bisa backup chat WhatsApp di Android, coba perhatikan hal-hal berikut ini.

Baca juga : Cara Mengganti Tema Whatsapp Android Dalam 10 Detik

Hal-hal yang perlu diperhatikan saat melakukan backup chat

Ilustrasi (Shutterstock)

1. Pastikan Anda sudah memiliki akun Google yang terintegrasi di perangkat Anda.

2. Pastikan juga kapasitas penyimpanan cloud akun Google Drive Anda cukup untuk menyimpan backup.

3. Pastikan perangkat Anda didukung layanan Google Play Services, setidaknya Google Play Services sudah terinstal di seri Android 2.3.4 dan yang lebih baru.

4. Gunakan koneksi yang cepat dan stabil saat melakukan backup data chat Whatsapp.

Untuk lebih jelasnya, simak cara backup data WhatsApp ke Google Drive di Android.

Mengembalikan backup chat WhatsApp di Android

Tips Mengatasi Tidak Bisa Backup Chat WhatsApp di Android

Saat pertama Anda membuka membuka aplikasi WhatsApp di perangkat baru, WhatsApp akan langsung menanyakan Anda untuk memulihkan backup percakapan dan media dari backup setelah Anda melakukan verifikasikan nomor telepon.

Pilih opsi Restore saat diminta, setelah itu semua data yang sebelumnya Anda cadangkan di Google Drive akan langsung dikembalikan seperti tampilan terakhir WhatsApp di perangkat lama Anda.

Baca juga : 3 Cara Mengunci Whatsapp Dengan Password Di Android

Pastikan hal berikut saat melakukan restore

whatsapp

1. Saat Anda ingin memulihkan data chat Whatsapp, pastikan nomor telepon dan akun Google yang digunakan sama.

2. Sediakan cukup ruang di perangkat Anda untuk mengembalikan data yang sudah di-backup.

3. Pastikan perangkat Anda mendapat dukungan bahwa Google Play Services.

4. Usahakan kondisi baterai dalam keadaan full charging atau minimal terisi cukup, hal ini untuk menghindari kegagalan proses restore chat.

5. Yang paling penting, gunakan koneksi internet yang kuat dan stabil. Jika Anda tidak berhasil memulihkan data melalui jaringan seluler, coba sambungkan perangkat ke jaringan Wi-Fi.

Baca juga : Cara Menonaktifkan Akun WhatsApp Dengan Mengirim Email

Jika WhatsApp tidak mendeteksi adanya backup, bisa jadi karena Anda tidak terhubung dengan akun Google yang sama. Atau kemungkinan Anda tidak menggunakan nomor telepon yang sama seperti saat membuat backup.

Oleh karena itu, pastikan Anda masih mempunyai akses ke akun Google dan nomor telepon yang didaftarkan di Whatsapp. Hal ini sangat penting supaya pesan atau chat lama Anda dapat dipulihkan dan diakses kembali.

Nah, kini Anda tidak perlu khawatir saat ingin berganti HP baru karena Anda bisa mengatasi masalah jika tidak bisa backup chat Whatsapp di Android.

You might also like

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More