Begini Cara Menghapus File Duplikat di Google Drive Android

Cara Menghapus File Duplikat di Google DrivePonselgue.com | Cara Menghapus File Duplikat Di Google Drive Android – Salah satu layanan cloud storage terbaik dan memiliki banyak pengguna adalah Google Drive. Apalagi Google Drive merupakan aplikasi bawaan di setiap perangkat Android.

Pengguna bisa menyimpan semua file berupa foto, video, lagu atau file format apapun dan mengunggahnya secara online ke Google Drive.

Google sendiri memberikan kuota penyimpanan gratis sebesar 15 GB untuk setiap akun Google yang dibuat. Nah, Anda bisa menggunakan kuota ini untuk mengurangi beban penyimpanan internal smartphone Anda.

Namun terkadang secara tidak sengaja kita seringkali menyimpan file yang serupa lebih dari sekali, atau lebih dikenal dengan istilah file duplikat. Hal ini bisa menyebabkan kuota cloud terbuang percuma karena sudah penuh oleh file duplikat.Google Drive Logo

Baca juga :

Untuk mencari file duplikasi satu per satu secara manual, tentu akan memakan waktu yang cukup lama. Apalagi jika ternyata sudah terlanjut menyimpan banyak file di Google Drive.

Nah, daripada Anda menghabiskan waktu mencari file duplikat satu persatu, Anda bisa mengikuti tutorial bagaimana cara menghapus file duplikat di Google Drive dengan lebih cepat. Simak selengkapnya dibawah ini.

Cara Menghapus File Duplikat Di Google Drive

  1. Pertama, instal aplikasi Unclouded yang bisa diunduh di Google Play Store.
  2. Jika sudah, buka aplikasi Unclouded kemudian akan muncul deretan aplikasi cloud storage, pilih “Google Drive”.
  3. Selanjutnya pilih akun Gmail yang terhubung dengan Google Drive Anda, lalu pilih “OKE”.
  4. Setelah Anda berhasil login, tunggu aplikasi Unclouded selesai membaca semua file yang ada di Google Drive kamu.
  5. Setelah proses sudah selesai, klik menu “Duplicates” yang terdapat di bilah sisi aplikasi Unclouded.
  6. Nantinya aplikasi Unclouded akan menampilkan semua file ganda yang terdapat di Google Drive Anda. Mulai dari foto, video, maupun dokumen lainnya.
  7. Untuk menghapus, sentuh dan tahan pada file yang diinginkan, setelah itu klik ikon tong sampah yang terdapat di pojok kanan atas, lalu pilih “YES” untuk  mengkonfirmasi.
  8. Selesai.

Dengan ini, Anda bisa menghapus semua file ganda yang ada di Google Drive Anda. Dengan begitu, maka kapasitas cloud storage Google Drive Anda tidak terbuang percuma.

Sebenarnya Anda bisa mendaparkan kuota lebih dari 15GB dengan cara berlangganan layanan Google Drive. Untuk info lebih lanjut, silahkan kunjungi halaman ini.

Dengan menghapus file duplikat di Google Drive, Anda dapat menyimpan lebih banyak file dan bisa menghemat penyimpanan internal smartphone Android.

You might also like

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More