4 Cara Backup Data Xiaomi Sebelum Ganti Perangkat

3.071

Cara Backup Data XiaomiPonselgue.com – Xiaomi mampu menggebrak pasar smartphone dengan menghadirkan teknologi smarthphone berkualitas tinggi namun dengan harga terjangkau. Hal ini tentu saja menarik minat masyarakat yang paham dengan kebutuhan teknologi yang kian hari semakin canggih.

Perusahaan asal Tiongkok ini mempunyai beberapa konsorsium investor, di antaranya Temasek Holdings, China IDG Modal, Qualcomm dan Qiming Venture Partners. Kehadiran Xiaomi cukup mengganggu dominasi smartphone sejuta umat “”Samsung”, terutama di pasar Indonesia.

Xiaomi yang rajin merilis produk baru yang dibanderol dengan harga yang relatif terjangkau ini membuat banyak orang sering berganti-ganti smartphone untuk mencoba dan menikmati fitur pada perangkat yang lebih baru.

Nah, bagi Anda yang ingin berganti perangkat, sebaiknya Anda melakukan backup data pada smartphone lama untuk nantinya dipindahkan ke perangkat baru. Selain itu, dengan mencadangkan data ponsel Xiaomi, Anda tidak perlu khawatir jika sewaktu-waktu data pada ponsel rusak atau tidak sengaja terhapus.

Baca juga :

Backup Data Xiaomi Secara Lokal

Selain karena spesifikasi perangkat yang ditawarkan, Xiaomi juga terkenal berkat sistem MIUI andalannya. Selain memiliki tampilan yang bisa dicustom dengan mudah, Xiaomi juga melengkapi perangkatnya dengan berbagai utilitas tambahan yang dapat digunakan untuk mendukung berbagai aktivitas penggunanya, termasuk dalam hal ini untuk melakukan backup secara lokal.

caranya cukup mudah, Anda hanya perlu masuk ke SettingsAdditional SettingsBackup & reset. Nantinya Anda bisa melihat hasil backup di penyimpanan internal perangkat, tepatnya di dalam folder MIUIBackupAll backup.

Backup Data Xiaomi ke Komputer

mengirim file dari hp ke komputer

Jika Anda ingin data-data Anda lebih aman dan dapat diakses dengan mudah, Anda bisa memindahkan data-data perangkat Xiaomi Anda ke komputer atau laptop. Untuk memudahkan hal ini, Anda bisa menggunakan bantuan aplikasi khusus, yaitu Mi PC Suite yang dapat diunduh disini.

Setelah selesai menginstal Mi PC Suite, selanjutnya Anda tinggal menghubungkan smartphone Xiaomi dengan komputer Anda menggunakan kabel data. Setelah itu, jalankan aplikasi Mi PC Suite dan mulai membackup data Anda.

Backup Data Xiaomi Menggunakan Mi Cloud

Mi Cloud

Selain backup lokal, Anda juga bisa memanfaatkan layanan Cloud miliki Xiaomi, yakni Mi Cloud. Dengan cara ini, Anda bisa mengurangi beban penyimpanan perangkat dengan menghapus data lokalnya dan memindahkannya ke Mi Cloud.

Sebelumnya, Anda harus login menggunakan akun Mi Anda, kemudian masuk ke SettingsMi Account. Selanjutnya Anda tinggal mengaktifkan semua konfigurasi sinkronisasinya, dari mulai kontak, sms, foto, video, dan lain sebagainya.

Backup Data Xiaomi ke Google Drive

Selain menggunakan layanan Mi Cloud, Anda juga dapat menggunakan layanan penyimpanan cloud lainnya seperti Google Drive, DropBox, Mega dan lainnya.

Untuk Google Drive, hampir setiap perangkat perangkat Android dibekali dengan produk Google ini. Anda bisa mengaktifkannya dengan masuk ke halaman SettingsSyncAddGoogle. Kapasitas yang ditawarkan juga cukup besar, yakni 15 GB setiap akun Google.

Sebenarnya Anda bisa mencadangkan data Anda dan aplikasi di perangkat Xiaomi dengan bantuan aplikasi Helium. Anda bisa menggunakan aplikasi ini tanpa harus root terlebih dahulu.

Nah, itulah tadi cara backup data Xiaomi sebelum berganti perangkat baru. Setelah mencadangkan data, Anda nantinya bisa me-restore data Anda tersebut ke perangkat baru. Selamat mencoba!

You might also like

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More