Cara Cek Status Bootloader Xiaomi Semua Tipe

20.971

Ponselgue.com | Cara Cek Status Bootloader Xiaomi – Bagi pengguna smartphone Xioami tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah bootloader. Xiaomi menggunakan sistem lock bootloader untuk semua ROM Official yang dirilisnya ke public sejak pertengahan 2016. Hal ini bukan tanpa alasan, Xiaomi melakukannya untuk meningkatkan keamanan dan mengurangi peluang pembuatan perangkat Xiaomi palsu.

Seperti yang kita ketahui, di Indonesia perangkat Xiaomi tidak masuk secara resmi. Meskipun kita banyak menemukan perangkat Xiaomi yang dijual di pasaran, banyak smartphone Xiaomi yang beredear menggunakan ROM Distributor atau ROM abal-abal. Dengan ketidaknyamanan ini, pengguna smartphone Xiaomi harus melakukan izin untuk unlock bootloader terlebih dahulu jika ingin mengganti ROM distributor menjadi ROM Official.

Bootloader sendiri merupakan sebuah kode yang harus di eksekusi sebelum sistem operasi (OS) mulai berjalan, yang berfungsi untuk mengarahkan kernel OS melakukan booting secara normal.

Beberapa tipe smartphone Xiaomi yang dikunci bootloadernya adalah :

  • Mi 5
  • Redmi 3 , 3 pro, 3s, 3x ,3s prime
  • Redmi 4, 4A, 4X, 4 Prime
  • Redmi Note 3, Note 3 Pro,Kenzo
  • Redmi Note 4, Note 4x
  • Dll

Cara cek status bootloader XiaomiUntuk Anda yang gemar memodifikasi sistem Xiaomi (seperti nge-Root, install Custom ROM, pasang Xposed dll), maka langkah pertama yang harus anda ketahui adalah status bootloader dari perangkat xiaomi Anda. Jika status masih Unlock, maka Anda harus membukanya terlebih dahulu.

Pada artikel ini, saya akan memberikan tutorial sederhana mengenai cara cek status bootloader Xiaomi Anda. Simak selengkapnya di bawah ini.

Cara Cek status bootloader Xiaomi tanpa PC

Berikut cara mengetahui status bootloader tanpa PC :

  1. Pertama masuk mode developer. Caranya masuk menu setting -> About phone -> Tekan 7x pada MIUI Version hingga muncul notifikasi “You are a developer now”.
  2. Selanjutnya silakan masuk kembali ke menu setting, Pilih Additional Setting, kemudian pilih Developer Option.
  3. Lihat status bootloader di menu Mi unlock status.
  4. Jika smartphone Xiaomi Anda dalam keadaan lock, maka akan tampil tampilan gembok terkunci.
  5. Namun sebaliknya jika perangkat Anda dalam keadaan unlock, maka akan ada gambar gembok yang tidak terkunci.

 

Cara Cek status bootloader Xiaomi dengan bantuan PC

Jika Anda menggunakan ROM selain MIUI 8, tidak terdapat pilihan menu Mi Unlock Status. Jadi, jika Anda ingin menge-cek status bootloader Xiaomi Anda, Anda harus menggunakan bantuan PC/Laptop dan software ADB Installer.

Berikut ini cara lengkapnya :

  1. Pertama-tama, silahkan download ADB Installer DI SINI.
  2. Jika sudah di download, ektrak file tersebut kemudian install.
  3. Selanjutnya, masuk ke folder c:\adb, kemudian tekan tombol SHIFTKlik Kanan pada bagian kosong dan pilih Open command window here.
  4. Kenudian pada jendela Command Prompt ketik perintah fastboot oem device-info.
  5. Jika pada informasiDevice unlocked: true, Artinya smartphone Xiaomi Anda sudah unlock bootloader.
  6. Namun jika status false, artinya bootloader Xiaomi Anda masih terkunci (locked bootlader).

Jika Anda ingin membuka akses root pada smartphone Xiaomi Anda, silahkan baca artikel berikut ini “Cara Root Smartphone Xiaomi”.

Demikianlah cara cek status bootloader Xiaomi yang dapat saya bagikan. Kunjungi terus Ponselgue.com untuk artikel menarik lainnya. Semoga bermanfaat.

You might also like