3 Cara Cek Tagihan Listrik Lewat HP Android Dengan Mudah

4.373

Ponselgue.com | 3 Cara Cek Tagihan Listrik di HP Android Dengan Mudah – Tidak bisa dipungkiri bahwa listrik menjadi salah satu kebutuhan primer yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan masyarakat masa kini. Tentu saja dengan adanya listrik, penggunanya bisa menjalankan perangkat elektronik rumah, menyalakan lampu, mengisi daya baterai perangkat seluler, dan lain sebagainya.

Untuk di Indonesia, PLN (Perusahaan Listrik Negara) merupakan satu-satunya perusahaan BUMN yang ditunjuk untuk mengelola kebutuhan listrik satu negara. Nah, dalam hal ini setiap bulannya masyarakat Indonesia harus membayar tagihan listrik kepada PLN.

Berbeda dengan jaman dulu, pembayaran listrik masa kini dilakukan dengan menggunakan token. Jika token tersebut sudah habis maka pelanggan harus segera mengisi pulsanya kembali agar listrik tetap hidup. Pelanggan bisa melakukan pembayaran tagihan listriknya melalui Bank, ATM, maupun penyedia jasa pembayaran lainnya.logo PLN

Nah, untuk mempersiapkan pembayaran tagihan, tidak sedikit pengguna yang penasaran ingin mengetahui jumlah tagihan listriknya.

Menariknya, kini pelanggan PLN bisa melakukan pengecekan tagihan listrik dengan mudah melalui smartphone Android miliknya. Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin mengetahui cara cek tagihan listrik di HP Android, simak ulasannya di bawah ini.

Baca juga :

3 Cara Cek Tagihan Listrik di HP Android

cara cek tagihan listrik di hp Android

1. Menggunakan Aplikasi

  1. Pertama, instal aplikasi Cek Tagihan Listrik Bulanan yang bisa diunduh melalui Google Play Store.
  2. Setelah aplikasi berhasil terinstal di perangkat Android Anda, jalankan aplikasi tersebut.
  3. Pada halaman utama aplikasi, tersedia kolom Masukkan ID Pelanggan.
  4. Masukkan ID Pelanggan PLN Anda pada kolom tersebut.
  5. Selanjutnya ketuk pada tombol Cek Tagihan.
  6. Nantinya aplikasi akan langsung menampilkan berbagai informasi, seperti ID Pelanggan, Nama pelanggan, Tahun Bulan tagihan, serta total tagihan listriknya.

Selain ukurannya yang cukup ringan, aplikasi ini juga menyediakan riwayat pembayaran setiap bulan. Dengan aplikasi cek tagihan Listrik Bulanan ini, Anda bisa dengan mudah untuk mengetahui dana yang harus dipersiapkan untuk membayar tagihan listrik bulanan.

2. Menggunakan SMS

  1. Pertama, buka aplikasi perpesanan di perangkat Android Anda.
  2. Kemudian, ketik SMS dengan format REK (spasi) No ID Pelanggan (misalnya REK 58394343439) kemudian kirim ke 8123.
  3. Nantinya Anda akan menerima informasi balasan dari PLN yang berupa nomor ID, nama pelanggan, tahun bulan tagihan, dan juga tagihan listriknya.

3. Menggunakan Telepon

  1. Pertama, buka aplikasi Phone atau Telepon di perangkat Android Anda.
  2. Selanjutnya, lakukan panggilan telepon ke 123.
  3. Cantumkan juga kode area, misalnya untuk area Malang menjadi 0341-123 atau Surabaya menjadi O31-123.
  4. Anda akan berbicara dengan customer service dari layanan call center PLN dan mengikuti petunjuknya. Panggilan ini akan dikenakan tarif normal.

Mudah bukan?

Anda bisa memilih salah satu dari 3 cara cek tagihan listrik di HP Android di atas. Semoga bermanfaat.

You might also like

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More