Categories: Tips

Cara Mengganti Nomor Telkomsel Saat HP Hilang

Ponselgue -Salah satu hal wajib yang harus secepatnya Anda lakukan saat kehilangan smartphone adalah memblokir nomor Anda untuk sementara waktu kemudian menggantinya ke kartu SIM baru.

Hal ini bertujuan agar nomor Anda tidak disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Untungnya saat ini hampir semua operator memiliki layanan pelanggan sehingga Anda bisa bisa melakukannya dengan lebih mudah. Anda hanya perlu menghubungi salah satu layanan pelanggan yang sudah disediakan oleh provider.

Baca juga : Cara Transfer Kuota Internet Telkomsel

Cara Blokir Nomor Telkomsel

Untuk pengguna Telkomsel, Anda bisa langsung menghubungi akun Facebook, Twitter, atau Instagram melalui DM (Direct Message) atau melalui pesan langsung kemudian menjelaskan alasan pemblokiran.

Pada beberapa kasus, pelanggan harus menunggu respon admin Telkomsel selama beberapa saat. Hal ini mungkin saja karena admin masih menangani keluhan pelanggan yang lain.

Jika memang seperti itu, agar lebih cepat Anda bisa langsung menghubungi layanan dengan panggilan suara ke 188.

Sebelum menghubungi layanan pelanggan yang sudah disediakan, siapkan terlebih dahulu beberapa data pribadi Anda, mulai dari nomor yang akan diblokir, nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, serta lokasi smartphone yang hilang.

Tetapi alangkah lebih baiknya jika Anda bisa datang langsung ke GraPARI Telkomsel terdekat. Selain bisa memblokir nomor yang hilang, Anda bisa langsung sekalian mengganti nomor Telkomsel agar bisa digunakan kembali.

Baca juga : 3 Cara Unreg NSP Telkomsel Agar Pulsa Tidak Tersedot

Cara Ganti Nomor Telkomsel

Untuk melakukan pergantian nomor yang hilang, Anda harus menyiapkan Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), dan dua nomor yang dihubungi selama sebulan terakhir.

Kemudian setelah sampai di kantor GraPARI,  Anda bisa meminta bantuan customer service atau bisa menggunakan layanan MyGraPARI untuk mengganti kartu Telkomsel yang hilang.

Jika Anda menggunakan layanan MyGraPARI, buka menu Pelanggan Telkomsel > SIMCARD Hilang/Rusak kemudian masukkan nomor yang akan diganti dengan kartu SIM baru.

Selanjutnya, silahkan isi formulir pergantian dengan data-data yang sesuai seperti nomor KTP, nomor KK, serta dua nomor yang dihubungi sebelumnya karena ini akan digunakan sebagai bentuk validasi data pelanggan.

Sebagai tambahan informasi, Anda bisa menemukan lokasi GraPARI terdekat di halaman berikut ini.

Semoga bermanfaat!