Cara Kompres Video di Android Tanpa Mengurangi Kualitas

3.037

Ponselgue.com | Cara Kompres Video di Android – Sebelum era smartphone seperti sekarang ini, ponsel hanya memiliki kemampuan yang terbatas, termasuk fitur pemutar media. Jika di PC pada saat itu sudah bisa memutar video dalam berbagai format, maka saat ingin memutarnya di HP video harus di kompres terlebih dahulu menjadi format 3gp.

Kini seiring dengan berkembangnya teknologi, banyak smartphone yang mampu merekam video dengan kualitas yang bagus. Sayangnya, ukuran video yang cukup besar membuat pengguna berfikir dua kali saat ingin membagikannya di platform media sosial miliknya, alasannya tentu saja karena dapat menguras kuota internet.

Nah, untuk mengatasinya, Anda bisa mengkompres video tersebut di android agar ukurannya menjadi lebih kecil, sehingga bisa lebih mudah saat ingin dibagikan. Namun sebelum masuk ke cara kompres video di Android, kita bahas dulu mengapa merekam video di smartphone ukurannya cukup besar.


Baca juga :


Mengapa Merekam Video di Smartphone Ukurannya Besar?

Secara default pengaturan perekam video pada perangkat Android di set dengan kualitas resolusi HD atau Full HD. Untuk resolusi HD (High Definition) mempunyai ukuran 1280×720 pixel, sementara full HD memiliki 1920×1080 pixel video.

Resolusi sendiri merupakan jumlah detail kepadatan titik atau pixel yang ditampilkan. Jadi, semakin tinggi resolusi maka kualitas video akan semakin bagus, dalam hal ini adalah tingkat kejernihan gambar video. Begitu juga sebaliknya.

Maka dari itu jangan heran meskipun merekam video dengan durasi yang singkat, ukurannya bisa sangat besar, ratusan MB bahkan hingga mencapai satuan Giga.

Menentukan Resolusi Yang Pas Saat Merekam Video di Android

Foto : AndroidCentral

Memang, untuk beberapa kebutuhan seperti untuk di unggah ke YouTube, memilih resolusi tinggi merupakan opsi terbaik.

Namun bagi pengguna yang hanya ingin mengabadikan momen untuk dinikmati sendiri di HP, atau untuk dibagikan melalui WhatsApp atau aplikasi instant messaging lainnya, sebaiknya menggunakan resolusi rendah.

Lalu, bagaimana jika sudah terlanjur merekam video dengan resolusi tinggi?

Mudah saja, salah satu solusi untuk mengecilkan ukuran video tersebut adalah dengan mengkompresnya ke resolusi lebih rendah. Langkah ini tentunya akan menghemat memori penyimpanan perangkat.

Supaya video tetap bisa ditonton dengan nyaman di HP, atur preferensi perekam video dengan resolusi SD atau 480p. Video dengan resolusi tersebut pas ditonton untuk layar HP Android yang berukuran 4”-5,5”.

Baca juga : 10 Aplikasi WhatsApp MOD Terbaik Android 2018

Cara Kompres Video di android

Untuk mengompres ukuran video di Android, kita bisa menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga. Salah satu yang bisa Anda gunakan adalah aplikasi VidCompact. Dengan tampilan antarmuka yang sederhana, fitur-fiturnya pun mudah digunakan dan cukup bisa di Andalkan.

Berikut langkah-langkah kompres ukuran video di Android menggunakan VidCompact :

  1. Pertama, download aplikasi VidCompact di Google Playstore.
  2. Setelah berhasil terinstal, buka aplikasi Vidcompact tersebut.
  3. Selanjutnya pilih menu “trim & compress” untuk mengkompress video.cara kompres video di android
  4. Setelah memilih video yang ingin di kompret, kemudian pilih resolusi yang diinginkan (240p, 360p, atau 480p).cara kompres video di android
  5. Pilih mulai kompres video, setelah itu akan muncul opsi save, pilih “save to gallery”.
  6. Tunggu proses kompres video hingga selesai. Lama prosesnya sendiri tergantung dari ukuran file video.cara kompres video di android
  7. Selesai, kini video sudah berhasil di kompres dan ukurannya menjadi jauh lebih kecil.

Nah, demikianlah cara kompres video di Android dengan mudah. Dengan metode diatas, ukuran video jadi lebih kecil, namun kualitas video masih tetap dipertahankan. Kini Anda bisa membagikan video anda tersebut tanpa harus pusing-pusing memikirkan kuota internet. Semoga bermanfaat.

You might also like

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More