3 Cara Membedakan Charger iPhone Asli dan Palsu

Cara Membedakan Charger iPhone Asli dan Palsu
Foto : Shutterstock

Ponselgue.com | 3 Cara Membedakan Charger iPhone Asli dan Palsu – Tak jarang dipasaran sering dijumpai iPhone palsu. Aksesoris untuk perangkat Apple memang eksklusif dan dibanderol dengan harga yang cukup mahal, namun tidak semua aksesoris tersebut dapat diklaim soal keasliannya.

Penggunaan aksesoris palsu secara terus menerus dapat menimbulkan risiko yang cukup berbahaya, seperti bisa membuat perangkat memanas, korsleting, hingga terbakar. Apple mengklaim sudah menguji kelayakan aksesori tersebut dengan sirkuit bervoltase rendah dan tinggi. Sehingga, untuk mengecek keasliannya, coba kamu cek hal-hal di bawah ini:

Salah satu aksesoris penunjang terpenting smartphone adalah charger. Namun pada beberapa kasus yang terjadi belakangan ini, ada smartphone yang baterainya meledak karena penggunaan charger palsu.

Untuk itu, simak cara membedakan charger iPhone asli atau palsu di bawah ini.

Apple.com

Baca juga :

Cara Membedakan Charger iPhone Asli dan Palsu

1. Cek kabel Lightning

Apple.com

Yang harus Anda lakukan pertama adalah dengan membedakan ujung kabel dari Lightning Port. Kabel iPhone yang asli mempunyai garis-garis emas yang halus dan tidak menonjol. Material metal yang digunakan juga halus dan tidak terasa kasar seperti versi palsu.

Selain itu, ujung Lightning Port yang asli biasanya berwarna perak dengan garis emas yang mengilap, sedangkan versi palsu Lightning Port-nya berwarna emas agak kehitaman.

Yang perlu Anda perhatikan lagi, ketebalan ujung kabel atau material plastik putih yang asli pasti terasa konsisten, dan memiliki ukuran 7.7 mm x 12 mm, berbeda dengan ujung kabel palsu yang tidak konsisten dan ketebalannya tidak merata.

2. Designed by Apple in California

Apple.com

Kabel charger yang asli pasti mempunyai tulisan “Designed by Apple in California” atau “Assembled in China” di balik kemasan penjualannya.

Selain itu, jika ada “Assembled in Vietnam” atau “Industria Brasileira” juga merupakan kode otentik yang menandakan keaslian kabel iPhone. Namun pastikan juga terdapat 12 digit nomor seri yang ada di kemasan, tidak lebih atau tidak kurang.

Info : Baterai lithium lebih efektif di kisaran 40-90 persen.

3. Verifikasi Made for iPhone

Foto : Apple.com

Apple mempunyai dua jenis standar produksi aksesoris, yakni standar produksi yang dilakukan langsung oleh perusahaan, dan memverifikasi aksesori yang diproduksi oleh pihak ketiga. Nantinya aksesoris resmi yang memenuhi standar tersebut akan mempunyai tulisan: “Made for iPhone.”

Anda juga bisa menemukan tulisan dan logo Made for iPhone ini di boks penjualan aksesoris. Bukan hanya charger baterai, melainkan seluruh aksesoris pendukung Apple misalnya casing, dock, earpod yang dijual terpisah, atau juga speaker.

Apple.com

Menariknya, kabel asli iPhone justru tidak terdapat tulisan Made for iPhone. Pasalnya, satu-satunya aksesori penunjang yang tidak dilabeli tulisan tersebut adalah kabel charger. Jadi, bisa dipastikan jika Anda menemukan kabel charger yang terdapat embel-embel Made for iPhone, kabel tersebut merupakan aksesoris palsu.

Baca juga : 5 Fitur Terbaik iOS 12 Yang Paling Keren

Nah, dengan memperhatikan 3 hal tersebut Anda bisa dengan mudah membedakan charger iPhone asli atau palsu sehingga Anda tidak akan tertipu.

You might also like

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More