Mudah! Begini Cara Memotong Video di HP Android Tanpa Aplikasi Tambahan

Cara Memotong Video di Android Tanpa Aplikasi Tambahan
Foto : patrick tomasso / unsplash

Ponselgue.com – Beberapa orang memilih untuk mengedit video terlebih dahulu sebelum mengunggah dan membagikannya ke media sosial. Hal ini sangat penting karena kualitas video bisa menarik impression orang yang menontonnya

Proses memotong video juga menjadi hal yang penting untuk dilakukan pada saat mengedit video (video editing). Entah itu untuk memotong vido pada bagian yang tidak diperlukan, atau untuk mengambil cuplikan video pada momen-momen tertentu.

Seiring dengan berkembangnya teknologi kamera pada smartphone, kini banyak orang yang mengabadikan berbagai hal dengan perangkatnya tersebut, termasuk untuk merekam video. Selain itu, banyak juga vendor yang menyediakan fitur khusus untuk mengedit video yang sudah diambil.


Baca juga :


Cara Memotong Video di Android

Pada kesempatan kali ini, saya akan menjelaskan beberapa tutorial cara memotong video di Android dengan mudah. Anda bisa menggunakan fitur bawaan perangkat, atau untuk tools yang lebih lengkap Anda bisa menggunakan bantuan aplikasi editing video Android seperti Filmora, Kinemaster dan AndroVid.

1. Menggunakan Fitur Bawaan Android

Metode pertama yang bisa Anda lakukan untuk memotong video adalah dengan menggunakan fitur bawaan smartphone Android. Berikut caranya :

  • Pertama, buka aplikasi pemutar video default di perangkat Android Anda.
  • Selanjutnya pilih video yang ingin Anda potong
  • Ketuk tombol menu (ikon tiga titik) untuk menampilkan menu pengaturan video, pilih opsi Trim.
  • Nantinya akan muncul trim selector di bagian bawah, pindahkan selector untuk memilih titik awal dan akhir sesuai keinginan Anda.
  • Setelah selesai memangkas video, pilih Simpan dan Anda bisa melihat hasilnya langsung di Android.

Sampai tahap ini  Anda sudah berhasil memotong video dengan fitur bawaan Android dan Anda bisa langsung mengunggahnya di jejaring sosial.

 

2. Cara Memotong Video di HP Samsung

merekam video di smartphone Samsung
Foto : AndroidCentral

Samsung merupakan produsen smartphone Android paling populer di dunia, untuk itu saya juga menyertakan tutorial cara memotong video untuk pengguna ponsel Samsung. Ikuti langkah-langkahnya berikut ini :

  • Pertama, buka aplikasi Galeri atau Video.
  • Pilih video yang ingin dipotong kemudian ketuk ikon tiga titik (tombol Option) di pojok kanan atas, kemudian pilih Edit → Studio → Video Trimmer.
  • Setelah menu Video Trimmer Samsung terbuka, gunakan trim selector untuk menentukan titik awal dan akhir video.
  • Setelah Anda rasa sudah cukup dan pas, ketuk “Done”.
  • Selanjutnya akan muncul popup yang meminta Anda untuk memberikan nama pada file klik video yang baru dipangkas, kemudian klik simpan.

Berbeda dengan kebanyakan vendor Android lainnya, Samsung memang tidak menyimpan hasil potongan video tersebut secara otomatis. Untuk itu, Anda harus memberi nama file video secara manual.

Nah, demikianlah cara memotong video di Android tanpa aplikasi tambahan. Dengan ini, Anda bisa langsung memotong video setelah selesai merekam dan langsung membagikannya di media sosial Anda. Selamat mencoba!

You might also like

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More