Penyebab dan Cara Mengatasi HP Xiaomi di Charge Tidak Mengisi

3.040

Ponselgue.com – Salah satu komponen yang memiliki peranan cukup penting dari sebuah smartphone adalah baterai. Tentunya jika tanpa adanya baterai, kita tidak mungkin dapat menyalakan dan menggunakan perangkat. Karena fungsi utama baterai dalam hal ini adalah sebagai sumber daya utama ponsel selama digunakan.

Setiap smartphone dibekali baterai dengan kapasitas yang berbeda-beda. Biasanya disesuaikan dengan kebutuhan perangkat, semakin besar kapasitas baterai maka daya tahan yang diberikan juga semakin lama.

cara memperbaiki baterai Xiaomi tidak mengisi saat di charge

Normalnya, kemampuan baterai untuk dalam menyimpan daya akan menurun sekitar 10-15% per tahun. Namun perawatan dan cara penggunaan smartphone yang baik, tentunya akan berpengaruh terhadap daya tahan baterai.

Namun jika penggunaan smartphone sedikit ‘ngawur’, misalnya diisi daya sambil bermain game, tentunya akan membuat proses keausan semakin cepat dan bahkan bisa membuat baterai mengalami masalah. Salah satu yang cukup sering ditemui adalah baterai tidak mengisi daya pada saat di cas.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai penyebab dan cara memperbaiki baterai Xiaomi tidak mengisi saat di charge. Simak ulasannya di bawah ini.


Baca juga :


Penyebab Baterai Xiaomi Saat di Cas Tidak Mengisi

Semakin canggih sebuah smartphone, biasanya membutuhkan kapasitas daya yang besar. Terutama jika penggunaan perangkat tiada henti sehingga mengharuskan kita mengisi daya sesering mungkin. Masalahnya pada saat di charge, pengisian daya baterai sangat lambat bahkan tidak bertambah.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan hal tersebut, yang kita bagi menjadi dua bagian yaitu hardware dan software. Berikut selengkapnya :

Hardware :

  • Kerusakan pada komponen pendukung, seperti pada kabel, charger, atau adaptor.
  • Terjadi kerusakan pada port charger yang ada di perangkat.

Software :

  • Error¬†pada software, kemungkinan ada file untuk mendeteksi proses charging yang corrupt.
  • Dari aplikasi pihak ketiga yang terinstal. Tidak menutup kemungkinan jika aplikasi yang diinstal di perangkat Xiaomi justru menguras daya atau mengganggu proses pengisian daya.
  • Bug pada sistem operasi. Jika alasannya seperti ini, kita bisa melakukan downgrade ke ROM sebelumnya atau menunggu pembaruan dari vendor.

Cara Memperbaiki Baterai Xiaomi Tidak Mengisi Saat di Cas

Tidak bisa dipungkiri bahwa saat ini banyak sekali dari kita yang tidak bisa lepas dari smartphone. Maka dari itu, kita tentu akan melakukan berbagai upaya agar tetap bisa menggunakan smartphone, misalnya dengan membawa powerbank saat bepergian.

Ironisnya, jika perangkat terlalu sering di charge, hal tersebut ternyata bisa membuat baterai cepat rusak bahkan baterai tidak bisa mengisi daya lagi. Nah, jika hal yang sama terjadi pada HP Xiaomi Anda, lakukan hal berikut untuk memperbaiki baterai Xiaomi tidak mengisi ulang.

1. Restart Perangkat Xiaomi

Cara pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan mematikan perangkat agar semua sistem yang error kembali normal. Kemudian diamkan beberapa saat lalu nyalakan kembali.

2. Periksa Kabel Charger dan Adaptor Power

Selain masalah pada perangkat, tak jarang masalah pengisian ulang diakibatkan oleh charger yang digunakan, yaitu dari kabel atau adaptornya. Biasanya kabel yang cepat rusak karena sering dilipat.

Untuk itu, sebaiknya Anda menggunakan kabel bawaan sehingga arus dari adaptor juga sesuai untuk perangkat Xiaomi Anda.

3. Cek Konektor Charger di Ponsel

Perilaku mencabut kabel charger secara kasar saat sedang terhubung ke perangkat bisa menimbulkan kerusakan pada konektor charger. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa membawa perangkat Xiaomi Anda ke service center untuk dicek atau diganti agar kembali normal.

4. Periksa Kondisi Baterai Xiaomi

Jika semua hal diatas sudah Anda lakukan namun baterai tetap tidak bisa di isi ulang, maka bisa jadi penyebabnya dari baterai itu sendiri. Segera ganti baterai yang rusak tersebut sesuai dengan petunjuk dan ketentuan dari produsen dan usahakan untuk mengganti dengan komponen asli.

5. Upgrade/Downgrade ROM

Jika Anda memilih untuk upgrade ke ROM Beta Developer, Anda akan mendapatkan fitur-fitur terbaru. Namun biasanya ROM Beta ini memiliki banyak bug, termasuk mungkin bug di pengisian baterai. Anda akan mendapatkan update seminggu sekali setiap hari jumat atau disebut juga dengan istilah #OrangeFriday.

Nah, bagi Anda yang ingin menggunakan ROM normal, Anda bisa berganti ke ROM Stable. Atau Anda juga bisa melakukan downgrade ke versi sebelumnya.

Lihat juga : Periksa Kualitas dan Kesehatan Baterai Smartphone Menggunakan Aplikasi Ini

Nah, itulah tadi ulasan mengenai penyebab dan cara memperbaiki baterai Xiaomi tidak mengisi daya saat di charge. Yang perlu digarisbawahi adalah masalah baterai tidak bisa dicas ini bukan hanya karena terjadi kerusakan pada baterai, namun juga dari faktor lain. Untuk itu, cek dengan teliti semua hal diatas sebelum Anda memutuskan untuk membawanya ke tempat servis.

You might also like

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More