Cara Memperbaiki SD Card Yang Tidak Terdeteksi di Ponsel

Cara Memperbaiki SD Card Yang Tidak Terdeteksi di PonselPonselgue.com – Sebagai pengguna smartphone, Anda mungkin menambahkan SD Card untuk memperbesar kapasitas penyimpanan di perangkat Anda.

Namun micro SD bukannya tanpa masalah, ada kartu SD yang tidak terbaca oleh perangkat, bahkan datanya mengalami error. Tentu saja yang paling mengkhawatirkan dari hal ini adalah resiko kehilangan data yang tersimpan di SD Card.

Nah, sebelum Anda memutuskan untuk membeli memory card yang baru, ada baiknya Anda memeriksanya terlebih dahulu. Jika ternyata dapat diperbaiki, Anda tentu bisa menggunakannya kembali di perangkat Anda.

Untuk itu, Anda bisa mengikuti beberapa cara untuk memperbaiki SD Card rusak yang tidak terdeteksi di smartphone berikut ini.

Baca juga :

Cara Memperbaiki SD Card Rusak

1. Bersihkan kartu memori

bersihkan memory card

  • Hal pertama yang perlu Anda lakukan jika kartu memory Anda tidak terdeteksi adalah, melepaskan  memory card tersebut dari smartphone Anda. Namun pastikan Anda melepasnya dalam keadaan perangkat yang telah dimatikan supaya tidak menambah kerusakan pada SD card.
  • Bersihkan plat kuningan yang terdapat pada bagian bawah kartu memori menggunakan pengahapus pensil. Gosok perlahan dan searah sampai lempengan kuningan bersih.
  • Selanjutnya pasang kembali kartu memori tersebut ke dalam perangkat Anda, kemudian nyalakan perangkat dan cek apakah sudah terdeteksi atau belum.

2. Format SD Card melalui Smartphone

format sd card android

  • Jika memori card terdeteksi namun tidak bisa dibuka, format kartu memori tersebut melalui perangkat Android Anda.
  • Masuk ke menu Setting → Storage untuk melihat informasi detail dari kartu memori Anda.
  • Selanjutnya pilih Format SD Card
  • Setelah selesai, semua data Anda akan terhapus dan SD Card akan kosong seperti baru.

3.Cek kerusakan SD Card melalui Komputer

repair sd card windows

  • Untuk mengecek kerusakan SD Cara di komputer, Anda perlu menyambungkan ponsel Anda ke komputer menggunakan kabel data. Pastikan perangkat terhubung ke PC pada mode Mass storage mode (MSC) bukan Media transfer mode (MTP).
  • Cara lain yang lebih aman adalah dengan melepas SD Card lalu menghubungkannya ke PC menggunakan adaptor.
  • Setelah tersambung ke komputer, buka Windows Explorer. Klik kanan pada Drive SD Card Anda, lalu pilih menu Properties → Tools → Error Checking. Tunggu proses berjalan beberapa saat hingga selesai.

4.Format SD Card melalui PC

format sd card windows

Jika setelah dicek di komputer SD Card normal dan baik-baik saja, namun tidak terdeteksi saat dimasukkan kedalam smartphone, coba format SD Card Anda di komputer. Caranya :

  • Salin semua data SD Card ke komputer Anda untuk mengamankan file isi kartu memori Anda.
  • Selanjutnya  format dengan klik kanan Drive  Micro Card kemudian pilih Format
  • Pada opsu format di Windows, pada opsi File System pilih FAT32 jika kartu SD Anda berkapasitas 32GB atau lebih kecil, atau pilih exFAT jika kapasitasnya lebih dari  32GB. Jangan lupa juga untuk memberi centang pada opsi quick format, kemudian klik tombol Start.
  • Setelah proses formating selesai, masukkan kembali SD card tersebut ke perangkat Android.
  • Jika sudah terdeteksi, Anda tinggal mengembalikan file yang sudah disalin tadi ke SD Card tersebut.
INFO : Terlalu sering melepas/memasang SD Card bisa mengakibatkan kerusakan pada lempengan kuningan kartu memori.

Jika semua langkah diatas sudah Anda lakukan namun memory card tetap tidak terdeteksi, maka kemungkinan besar SD card tersebut sudah rusak dan Anda harus membeli Micro SD yang baru.

Nah, demikianlah cara memperbaiki SD card yang tidak terdeteksi di smartphone. Semoga bermanfaat!

You might also like

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More