4 Tips Agar Proses Charging Smartphone Lebih Cepat Hingga 80%

3.087

4 Tips Agar Proses Charging Smartphone Lebih Cepat Hingga 80%Ponselgue.com – Seperti yang tahu bahwa baterai smartphone harus di charge saat baterainya hampir habis, dan tentu saja proses pengisian daya baterai membutuhkan waktu yang cukup lama. Semakin besar kapasitas baterai, maka akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mengecas baterainya. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tips untuk mempercepat proses charging baterai smartphone Android, untuk menghemat waktu dan listrik.

Proses charging yang lama tentu membuat kita resah, terutama jika kita sedang terburu-buru. Yang tambah membuat kesal, setelah menunggu sekian lama ternyata baterai hanya terisi beberapa persen saja.

Baca juga :

Cara Mempercepat Pengisian Baterai Android

Supaya proses pengisian daya dapat dilakukan dengan cepat, ada beberapa trik yang dapat kita lakukan. Dengan ini maka kita dapat menghemat waktu meskipun sedang dalam keadaan mendesak, dan yang lebih penting lagi ponsel Android kita menyala dan dapat digunakan untuk waktu kedepan.

Untuk itu, berikut ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan agar proses pengisian daya baterai Android menjadi lebih cepat dan tidak harus di root terlebih dahulu.

1. Gunakan Charger Bawaan (original)

Meskipun banyak yang beranggapan penggunaan bawaan tidak berpengaruh besar, nyatanya anggapan tersebut keliru. Selain memperlambat proses pengisian daya, penggunaan charger palsu yang kualitasnya lebih rendah dalam jangka panjang dapat mempengaruhi dapat mempengaruhi daya tahan baterai karena bisa saja tegangannya lebih rendah atau lebih tinggi.

Pasalnya, setiap charger memiliki tegangan yang berbeda-beda dan setiap smartphone di desain untuk menerima tegangan dengan voltase tertentu. Maka dari itu, untuk pengisian yang lebih cepat dan aman sebaiknya menggunakan kabel original bawaan perangkat.

2. Matikan Smartphone Pada Saat Pengisian

Charging

Mematikan perangkat saat pada saat proses charging dapat membuat pengisian daya semakin terfokus. Menurut sebuah penelitian, smartphone yang di-charging dalam keadaan mati bisa mempercepat pengisian daya hingga 12% dari waktu normal dibandingkan dalam kondisi menyala.

Hal ini dikarenakan pada saat smartphone dalam kondisi menyala, masih ada beberapa proses yang berjalan di belakang layar dan masih mengkonsumsi daya meskipun jumlahnya kecil.

3. Aktifkan Mode Pesawat

phone plane airplane 4g
airplane mode. foto: Pexel

Mengaktifkan mode pesawat bisa menjadi alternatif bagi Anda yang merasa kurang nyaman mematikan ponsel dan takut jika ada pesan Whatsapp yang masuk. Seperti yang kita tahu, salah satu pengkonsumsi sumber daya tertinggi selain Kecerahan Layar adalah Penerima Sinyal Seluler.

Untuk itu Anda dapat mengaktifkan airplane mode dan beralih menggunakan jaringan Wi-Fi jika ada, sehingga proses pengisian baterai bisa lebih cepat.

4. Jangan Isi Daya Melalui Port USB PC/Laptop

Cara Mempercepat Pengisian Baterai Android

Tak sedikit pengguna smartphone yang masih sering melakukan kebiasaan mengecas smartphone melalui komputer atau laptop. Hal ini sangat tidak efektif karena arus daya di komputer biasanya tidak stabil sehingga membutuhkan waktu yang lebih lama. Selain itu biasanya arus bawaan pada port USB komputer maksimal hanya 1 Ampere.

Maka dari itu, sebaiknya Anda menghubungkan adaptor charger langsung ke steker atau terminal listrik, supaya arus yang masuk tetap stabil dan membuat perangkat lebih awet.

Nah, itulah tadi beberapa tips untuk mempercepat pengisian baterai Android. Coba terapkan kemudian rasakan perbedaannya. Selamat mencoba!

You might also like

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More