Cara Mengaktifkan Dark Mode di Samsung One UI (Android 9 Pie)

Ponselgue – Mode gelap menjadi salah satu fitur yang ada di Android 9 (Android Pie) dan mendapat cukup banyak perhatian dari pengguna. Hampir semua perusahaan Android berlomba untuk menghadirkan fitur dark mode atau mode gelap ini di antarmuka terbaru buatannya, tak terkecuali Samsung di One UI-nya.

Samsung sendiri memberikan fitur ini dengan nama yang berbeda. Fitur dark mode yang terdapat di dalam sistem yang disebut dengan One UI diberi nama Night Mode oleh Samsung.

Nantinya, tampilan sistem akan berubah menjadi bernuansa hitam saat fitur Night Mode Samsung diaktifkan.

Dark Mode Samsung One UI Android Pie

Tujuannya tentu saja agar membuat pengguna lebih nyaman meskipun menggunakan perangkat saat kondisi cahaya sangat minimal, terutama pada malam hari. Selain itu, mengaktifkan Dark Mode di Samsung One UI memungkinkan perangkat menghemat banyak daya, sehingga pengguna bisa lebih lama menggunakan ponselnya.

Menariknya, ada dua opsi untuk mengaktifkan dark mode di Samsung One UI (Android 9 Pie). Berikut langkah-langkahnya.

Cara Mengaktifkan Dark Mode di Samsung One UI

  1. Buka Setting di perangkat Anda
  2. Gulir ke bawah kemudian ketuk pada Display
  3. Cari Night Mode lalu ketuk pada tombol yang terdapat di sebelah kanan untuk mengaktifkannya
  4. Setelah aktif, ketuk pada opsi tersebut untuk membuka pengaturan fitur night mode lebih lanjut, yakni pengaktifan secara manual atau otomatis
    • Turn On Now – untuk menghidupkan fitur secara manual (Anda harus masuk ke pengaturan ini lagi jika ingin mematikan fitur)
    • Turn on as scheduled dan mengatur waktunya jika ingin membuatnya bekerja secara otomatis pada jadwal khusus, atau mengaktifkannya mulai dari matahari terbenam hingga matahari terbit.

Cara mengaktikan Dark Mode di Samsung One UI

Catatan : Untuk akses yang lebih mudah ke Night Mode, Anda bisa menambahkan tombol cepat pada panel pengaturan cepat (Quick Settings Panel).

Sayangnya, tidak semua tema mendukung fitur Night mode dari sistem OneUI ini, hanya tema-tema yang dirancang untuk Android Pie yang dapat mendukungnya, termasuk tema default di dalamnya.

Beberapa perangkat buatan perusahaan asal Korea Selatan yang bisa menerapkan fitur ini antara lain yaitu Galaxy S10, Galaxy S8 dan S8 Plus, Galaxy S9 dan S9 Plus, dan Galaxy Note 8 dan Note 9.

 

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More