Cara Mengamankan Chat WhatsApp Anda Dari Pihak Ketiga

Ponselgue.com | Cara Mengamankan Chat WhatsApp Anda – WhatsApp memang sudah dilengkapi dengan fitur enkripsi, namun hal sebenarnya belum menjaminan apakah percakapan Anda tidak bisa dilihat oleh pihak lain yang tidak bertanggung jawab. Nah, berikut beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengamankan chat WhatsApp Anda dari pihak lain, seperti dilansir oleh Quartz.

Cara Mengamankan Chat WhatsApp Anda

1. Hapus manual chat yang sudah dikirim

Ilustrasi (Shutterstock)

WhatsApp mempunyai fitur menghapus chat apabila salah kirim. Namun, karena WhatsApp tidak mempunyai fitur hapus otomatis seperti Telegram, maka Anda bisa menghapus pesan secara manual pesan segera setelah dibaca.

Hal ini sebagai antisipasi jika sewaktu-waktu perangkat Anda dicuri dan bisa ditembus keamanannya. Tentunya semua data termasuk percakapan Whatsapp Anda bisa dilihat oleh pihak lain.

Baca juga : Cara Mengganti Tema Whatsapp Android Dalam 10 Detik

2. Pastikan jangan ada yang mengintip

Cara mengamankan chat WhatsApp
Ilustrasi (Shutterstock)

Usahakan jangan ada mata yang mengintip saat Anda berkirim pesan melalui Whatsapp. Terutama jika percakapan Anda bersifat pribadi.

Yang sering terjadi sekarang adalah banyak pengguna yang tidak begitu konsentrasi dengan lingkungan sekitar saat sedang asyik chatting dengan teman atau kerabat.

Baca juga : 2 Cara Mengembalikan Pesan Whatsapp Yang Terhapus

3. Jauhkan dari jangkauan CCTV

Ilustrasi (Pixabay)

Jika sudah membicarakan hal yang sifatnya penting atau rahasia, pastikan Anda menjauhkan perangkat dari jangkauan kamera pengintai atau CCTV supaya tidak bisa dilihat jelas oleh orang di sekitar. Karena saat ini  banyak kamera yang mengawasi keadaan disekitarnya.

Baca juga : Cara Mengirim Pesan Whatsapp Tanpa Simpan Nomor HP

4. Pastikan teman chat melakukan hal yang sama

ilustrasi. foto : Pexel

Langkah terakhir untuk mengamankan chat Whatsapp Anda, pastikan lawan chat Anda juga melakukan hal yang sama agar percakapan tetap rahasia.

Karena jika hanya Anda saja yang melakukan langkah diatas, tentu semua usaha tersebut akan sia-sia saja.

Baca juga : 3 Cara Mengunci Whatsapp Dengan Password Di Android

Bonus: Apa itu enkripsi end-to-end?

Enkripsi end-to-end merupakan metode komunikasi yang mana hanya berjalan satu arah. Artinya hanya mereka yang terlibat dalam obrolan yang dapat mengetahui isi pesan yang dikirim maupun diterima.

Tidak ada pihak yang bisa dengan mudah mengintip isi dari pesan tersebut, baik itu hacker, penyedia layanan telekomunikasi, , maupun perusahaan pembuat layanan pesan tersebut (dalam hal ini adalah Whatsapp).

Ilustrasi (Pixabay)

WhatsApp sendiri bahkan sudah menegaskan bahwa pihaknya tidak bisa melihat isi pesan para pengguna layanan mereka.

Pesan Whatsapp juga tidak bisa dibaca oleh hacker yang tidak mempunyai decryption key. Sistem enkripsi ini akan menutup semua peluang hacker melacak pesan secara pribadi. Sederhananya, jika ingin membobol pesan maka si hacker harus membuka kunci satu per satu.

WhatsApp sendiri bekerjasama membuat sistem enkripsi ini dengan perusahaan swasta Open Whisper Systems yang mana dikelola dan dijalankan oleh para hacker.

Open Whisper Systems juga sudah mengembangkan sistem anti peretasan pesan dan ponsel lain seperti TextSecure, RedPhone, serta Signal dan Flock. WhatsApp sendiri mengklaim tidak menyimpan data apa pun terkait chat para penggunanya.

You might also like

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More