Penyebab dan Cara Mengatasi Can’t Verify Update MIUI di Xiaomi

Ponselgue – Ada beberapa pengguna Xiaomi yang melaporkan gagal melakukan update via OTA dari Updater. Pesan eror yang muncul adalah tidak dapat verifikasi pembaruan (Can’t verify update).

Xiaomi sendiri mengembangkan sistem operasi khusus untuk perangkatnya yaitu MIUI. Sistem operasi ini cukup populer di kalangan pengguna smartphone karena memiliki tampilan menarik dan utilitas lengkap.

MIUI 10

Xiaomi memang dikenal cukup sangat rajin mengirimkan update secara berkala untuk memberikan perbaikan, penambahan fitur, maupun menambal celah keamanan. Tidak hanya perangkat baru, bahkan smartphone generasi pertamanya juga akan mendapatkan update.

Namun mengupdate ROM MIUI tidak mudah bagi sebagian pengguna, meskipun hanya sekedar menekan tombol Download Update. Kendala yang sering dialami adalah error tidak dapat verifikasi pembaruan MIUI saat proses instalasi. 

Baca juga : Cara Mengatasi Lupa Pola atau Password Xiaomi Tanpa Reset

Penyebab Gagal Verifikasi Update

Cara Mengatasi Can't Verify Update MIUI

1. File Update Corrupt

Untuk memungkinkan melakukan update ROM via OTA, pengguna perlu mengunduh file update yang berukuran cukup besar melalui aplikasi Updater.

Biasanya, jika menggunakan koneksi internet yang tidak stabil, kemungkinan hasil download file update akan corrupt dan rusak. Hal inilah yang menyebabkan file update MIUI tidak dapat diverifikasi / Can’t verify update.

2. Penyimpanan Penuh

File update yang di download melalui updater akan disimpan di memori internal perangkat. Jika pada saat proses download penyimpanan penuh, maka dapat dipastikan download akan terhenti. Hal inilah yang  menyebabkan file update MIUI corrupt dan rusak.

3. Perangkat Xiaomi menggunakan ROM distributor

Bisa dipastikan pengguna ROM distributor tidak akan mendapatkan verifikasi pembaruan (lihat perbedaan ROM Xiaomi disini). Ciri-ciri perangkat yang menggunakan ROM distributor:

  • Versi MIUI lebih dari 4 digit (ROM resmi hanya terdiri dari maks 4 digit)
  • Tidak memperoleh update ROM via OTA
  • Banyak aplikasi bloatware dan sering muncul iklan.

Untuk mengatasi Can’t Verify Update MIUI tersebut, Anda bisa mengikuti metode-metode yang diberikan oleh tim MIUI berikut ini. 

Baca juga : 2 Cara Mengatasi Lupa Password Mi Cloud

Cara Mengatasi Can’t Verify Update MIUI

1. Menggunakan VPN

Pertama, aktifkan VPN di perangkat Anda dengan masuk ke Pengaturan → VPN.

VPN Xiaomi

Jika di perangkat Anda tidak terdapat opsi tersebut, Anda bisa menggunakan aplikasi VPN pihak ketiga di Play Store.

Selanjutnya jalankan update melalui Pengaturan → Tentang Ponsel → Sistem Pembaruan → Unduh Update. Setelah selesai, Reboot perangkat untuk menyelesaikan proses.

Jika cara ini masih belum bisa mengatasi permasalahan Anda, silahkan coba cara kedua di bawah ini.

2. Gunakan Koneksi Internet Alternatif (Jaringan Lain)

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, masalah can’t verify update MIUI sering kali disebabkan oleh error saat download. Untuk tu, Anda coba untuk menggunakan jaringan internet lain yang lebih stabil, misalnya Wi-Fi.

download update xaomi

Setelah Anda menggunakan koneksi jaringan lain, Anda hanya tinggal melakukan update melalui Settings → About Phone → System Updates. Selanjutnya tekan ikon tiga titik di pojok kanan atas kemudian pilih Download Update.

Kini Anda tinggal menunggu hingga proses selesai, setelah itu tekan Reboot untuk menerapkan pembaruan sistem operasi. 

Baca juga : Cara Mudah Merekam Layar Ponsel Xiaomi

Nah, itulah tadi penyebab dan cara mengatasi can’t verify update MIUI di perangkat Xiaomi. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

Comments are closed.