Cara Ampuh Mengetahui dan Mengatasi Akun Facebook Yang di Sadap

Ponselgue – Banyak cara yang dilakukan oleh para hacker untuk meretas dan menyadap akun media sosial, tak terkecuali Facebook. Lalu bagaimana cara mengetahui dan mengatasi Facebook di sadap oleh pihak tak bertaggung jawab tersebut?

Sejak resmi diluncurkan pada 2004 silam, Facebook kini telah menjadi situs jejaring sosial terbesar di dunia. Sampai saat ini, belum ada platform media sosial yang mampu mengalahkan Facebook.

Sebagai pengguna, kita tentunya menyimpan beberapa data-data pribadi ke Facebook. Sayangnya masih banyak yang tidak mengetahui bahayanya jika data tersebut bocor dan disalahgunakan untuk kepentingan tertentu.

Cara mengetahui dan Mengatasi Facebook di Sadap

Facebook sendiri dengan tegas menyatakan komitmennya untuk melindungi data pengguna setelah sempat diterpa masalah besar kebocoran data beberapa waktu lalu.

Untuk itu, Facebook merilis beberapa fitur keamanan yang dapat dimanfaatkan oleh pengguna untuk mengendalikan secara penuh data-data pribadi mereka. Salah satunya adalah fitur where your log in.

Dengan fitur tersebut, kita dapat mengetahui jenis perangkat, lokasi, serta tanggal berapa pengguna atau penyadap login ke akun Facebook tersebut.

Cara Mengetahui Facebook Di Sadap

Untuk mengetahui apakah akun Facebook Anda diretas atau tidak, periksa daftar sesi Facebook aktif dan lihat riwayat aktivitas terbaru Anda. Berikut langkah-langkahnya :

1. Buka aplikasi Facebook, ketuk pilih garis Strip Tiga di pojok kanan atas.

FB (1)

2. Buka menu Pengaturan dan Privasi, kemudian pilih opsi Pengaturan.

FB (2)

3. Di bagian Keamanan, pilih opsi Keamanan & Login.

FB (3)
4. Pada bagian Tempat Anda Login, pilih Lihat semua.

FB (4)

5. Nantinya akan ditampilkan jenis perangkat, lokasi, serta tanggal sesi login akun Anda.

FB (9)

Pada halaman tersebut, Anda akan melihat semua sesi Facebook aktif dan terbaru. Pada sesi yang aktif saat ini, akan ditandai dengan indikator sedang aktif di sebelah nama perangkat / browser.

Di setiap sesi, Anda bisa melihat jenis perangkat, lokasi, dan tanggal. Jika Anda melihat ada sesi login yang tidak Anda kenal, ketuk pada ikon tiga titik di sebelah nama sesi untuk memunculkan dialog Tinjau Login. Nantinya Facebook akan memandu Anda dengan berbagai opsi untuk membuat akun Anda lebih aman.

Catatan: Daftar sesi ini berdasarkan alamat IP jadi tidak sepenuhnya akurat. Saya sendiri tidak ke Caruban beberapa bulan yang lalu, namun seperti yang Anda lihat dalam screenshot diatas, Facebook mengira saya pernah kesana.

Cara Mengatasi Facebook Di Sadap

Masalah keamanan tentunya membuat tingkat kepercayaan terhadap Facebook menurun. Facebook pun mengakui kelemahannya dalam menangani masalah perlindungan data pengguna sehingga berencana mengakuisisi perusahaan keamanan siber.

Namun, untuk melindungi pencurianan data pribadi dan mengamankan akun FB Anda, setidaknya ada dua cara efektif yang kami rekomendasikan untuk mengatasi Facebook di sadap. Terutama jika Anda mencurigai adanya tindakan penyadapan terhadap akun Anda.

A. Keluar Dari Semua Sesi

1. Pertama, buka aplikasi Facebook kemudian pilih ikon Tiga Strip di pojok kanan atas.

FB (1)

2. Ketuk menu Pengaturan dan Privasi, kemudian pilih opsi Pengaturan.

FB (2)

3. Di bagian Keamanan, pilih opsi Keamanan & Login.

FB (3)

4. Pada bagian Tempat Anda Login, pilih Lihat semua.

FB (4)

5. Jika Anda menemukan kejanggalan sesi login yang bukan Anda lakukan, gulir kebawah kemudian pilih opsi Keluar Dari Semua Sesi.

FB (5)

6. Terakhir, pilih opsi Keluar.

FB (6)

Sampai disini, maka semua perangkat yang terhubung dengan akun Facebook Anda akan dikeluarkan. Sekarang lakukan sesi login baru di perangkat Anda.

B. Ganti Password Akun Facebook

Setelah berhasil login kembali ke akun Anda, sebaiknya segera mungkin langsung ubah password akun Facebook Anda. Simak langkah-langkahnya di bawah ini :

1. Buka aplikasi Facebook di perangkat Anda kemudian pilih ikon Tiga Strip di pojok kanan atas.

FB (1)

2. Ketuk menu Pengaturan dan Privasi, lalu pilih opsi Pengaturan.

FB (2)

3. Di bagian Keamanan, pilih opsi Keamanan & Login.

FB (3)

4. Di bagian Login, pilih opsi Ubah kata sandi.

FB (7)

5. Selanjutnya masukkan kata sandi lama serta kata sandi yang baru pada kolom yang sudah di sediakan. Jika sudah, pilih opsi Simpan Perubahan.

FB (8)

Catatan : Usahakan membuat kata sandi yang unik dan rumit. Gunakan kombinasi huruf besar, karakter dan juga angka.

Hindari penggunaan sandi dengan tanggal lahir atau nama anggota keluarga karena mudah di tebak oleh orang yang Anda kenal. Selain itu, ganti password Facebook sesering mungkin untuk menghindari penyadapan dari pihak tak bertanggung jawab.

Nah, itulah tadi langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk cara mengatasi Facebook di sadap. jika dirasa bermanfaat silahkan share artikel ini ke sosial media milik soakers.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More