Penyebab dan Cara Mengatasi Sensor Sidi Jari Tidak Berfungsi di Android

3.042
Cara Mengatasi Fingerprint Tidak Berfungsi
foto : Android Authority

Ponselgue.com | Cara Mengatasi Fingerprint Tidak Berfungsi – Hampir semua smartphone premium menambahkan fingerprint scanner sebagai salah satu fitur keamanan. Bahkan ada beberapa smartphone kelas mid-end yang juga menawarkan fitur ini kepada para pelanggannya.

Beberapa tahun silam, fitur keamanan standar yang kita temui hanya pin dan password. Namun seiring berkembangnya teknologi, para produsen smartphone juga semakin memperhatikan aspek keamanan pada perangkatnya. Selain sensor sidik jari, pada kelas flagship bisa kita temui fitur keamanan seperti Face Unlock dan Iris Scanner.

Meskipun cukup canggih, bukan berarti fitur ini tanpa masalah. Ada beragam faktor yang bisa membuat pomindai sidik jari tidak berfungsi, berikut beberapa diantaranya :

  • Terkena gesekan benda keras (seperti kunci) saat berada di dalam saku atau tas.
  • Bug beta software pada update terbaru
  • Tangan berminyak atau kotor.
  • Sensor mengalami kerusakan permanen

Oleh karena itu, ada beberapa cara mengatasi fingerprint tidak berfungsi di perangkat Android. Simak selengkapnya di bawah ini.

Baca juga :

Cara Mengatasi Fingerprint Tidak Berfungsi

Cara Mengatasi Fingerprint Tidak Berfungsi

1. Bersihkan Sensor

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan pembersihan pada scanner. Jika terdapat sedikit noda minyak atau debu, Anda bisa membersihkannya dengan minyak kayu putih dan tisu / kain halus.

Caranya, basahi tisu dengan beberapa tetes minyak kayu putih kemudian bersihkan fingerprint scanner dengan tisu tersebut sampai benar-benar bersih.

2. Reboot Smartphone

Sebelum melakukan langkah-langkah yang lebih sulit, ada baiknya Anda melakukan merestart smartphone Anda. Lebih baik lagi jika Anda melepaskan komponen removable seperti SIM Card, Micro SD, dan juga baterai selama beberapa saat untuk menghilangkan daya statis smartphone.

Jika sudah, pasang kemudian nyalakan kembali smartphone Android Anda.

3. Mendaftarkan Lebih dari Satu Jari

Langkah ini memang cukup sederhana, namun bisa membantu Anda jika smartphone tidak bisa membaca satu sidik jari. Apalagi pada prosesnya Anda bisa mendaftarkan lebih dari satu sidik jari.

Caranya cukup mudah, setelah Anda mendaftarkan sidik jari yang biasa digunakan untuk membuka smartphone, Anda juga bisa menambahkan sidik jari lain yang Anda rasa paling mudah untuk menggapai sensor.

4. Menggunakan Jari dari kedua Tangan

Hal ini penting untuk diingat, sebaikya Anda mengindari penggunaan dua jari dari satu tangan yang sama. Dalam hal ini, Anda bisa meggunakan jari dari tangan yang satunya sebagai data tambahan.

Hal ini tentu akan sangat membantu terutama saat Anda memegang smartphone menggunakan tangan yang berbeda dari biasanya. Tak hanya sebagai alternatif saat sensor tidak mendeteksi jari utama, Anda juga bisa menggunakan perangkat lebih fleksibel.

5. Bersihkan Jari Anda Terlebih Dahulu

Jika sensor tidak mendeteksi jari Anda, coba bersihkan tangan Anda terlebih dahulu dari debu, minyak atau keringat. Tangan yang kotor tentunya bisa membuat fingerprint tidak bekerja dengan baik. Maka dari itu, dengan membersihkannya sebentar, biasanya Anda akan langsung dapat membuka perangkat kembali.

6. Reset Ulang Perangkat

Jika semua cara diatas tidak berhasil, Anda bisa mencoba mereset perangkat Anda. Namun sebelumnya pastikan Anda membackup data Android terlebih dahulu sebelum melakukan reset karena nantinya semua data pada perangkat akan terhapus.

Untuk melakukan Factory Reset, buka menu Pengaturan → Setelan Tambahan → Buat Cadangan dan Reset → Hapus Semua Konten dan Pengaturan. Anda juga bisa melakukannya melalui recovery mode, kemudian pilih Wipe Data. Anda bisa melihat tutorial reset tiap vendor berikut ini :

7. Flashing Ulang (Upgrade/Downgrade ROM)

Jika Anda merasa sensor fingerprint Anda bermasalah setelah melakukan update, Anda bisa downgrade ke ROM versi sebelumnya, atau menunggu update yang terbaru. Biasanya pembaruan akan memperbaiki bug, termasuk bug di sensor fingerprint ini.

Kami menyediakan tutorial cara flashing Android, atau Anda bisa mengunjungi halaman Forum Ponselgue untuk berdiskusi dengan member yang lain.

8. Bawa ke Service Center

Ini merupakan langkah terakhir yang bisa kami sarankan. Nantinya para teknisi ahli akan memeriksa dan menginformasikan mengenai kerusakan pada fingerprint smartphone Anda.

Nah, demikianlah cara mengatasi fingerprint tidak berfungsi di smartphone Android. Jika Anda merasa terbantu dengan artikel ini, jangan sungkan untuk membagikannya ke teman-teman Anda di media sosial. Semoga bermanfaat!

Baca juga :

 

You might also like

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More