HP Android Anda Cepat Panas? Berikut ini 10 Tips Untuk Mengatasinya

Ponselgue.com | Penggunaan Aplikasi HP Android yang terlalu berlebihan dapat menyebabkan ponsel Android overheat. Berikut ini 10 Tips Cara Mengatasi HP Android Cepat Panas.

Overheating merupakan salah satu gejala suhu panas secara tiba-tiba yang terjadi pada pada hardware atau perangkat keras. Tak jarang panas yang dihasilkan berlebihan, oleh karenanya disebut overheat. Overheat ini biasanya sering terjadi pada perangkat elektronik, tak terkecuali smartphone android.

Ada beberapa penyebab HP Android cepat panas, beberapa di antaranya adalah karena upgrade ROM, serta akibat beban kinerja CPU dan RAM yang berat saat digunakan untuk melakukan aktifitas pada smartphone Android.

Panas atau overheat ini sering terjadi pada smartphone dengan spesifikasi rendah, namun tidak menutup kemungkinan smartphone dengan spesifikasi tinggi terhindar hal ini.Mengatasi HP Android Cepat Panas

Baca juga :

10 Tips Mengatasi HP Android Cepat Panas

Pada kesempatan kali ini, Ponselgue.com akan membagikan tips-tips untuk Anda supaya HP Android terhindar dari overheat dan mengatasi HP Android cepat panas.

1. STOP! Penggunaan HP Android Secara Berlebihan

Sebaiknya Anda mengurangi pemakaian HP Android Anda secara terus menerus, baik saat menggunakannya untuk bermain games, streaming film, menjelajah media sosial ataupun chatting dan teleponan yang terlalu lama.

Penggunaan yang terus menerus ini menyebabkan HP Android Anda tidak mempunyai ruang untuk beristirahat. Kinerja CPU dan komponen lain pada HP Android Anda yang tiada henti menimbulkan reaksi overheating pada perangkatnya. Untuk itu, silahkan gunakan HP Android Anda sewajarnya sesuai kebutuhan Anda.

2. Hindari Penggunaan HP Android yang sedang di-Charger

Salah satu kebiasaan buruk banyak pengguna Android adalah menggunakan perangkat sambil di-charger. Hal ini merupakan penyebab paling sering terjadinya HP Android overheat. Selain itu, jika Anda terus menerus menggunakan HP Android sambil di-charger, hal ini berdampak pada kualitas baterai Android Anda.

Tak jarang pula hal ini membahayakan lingkungan sekitar. Banyak berita yang membahas tentang terjadinya ledakan saat perangkat sedang di-charge. Selain itu, ponsel Android Anda bisa cepat rusak, korsleting, Kesetrum, sehingga mengurangi umur penggunaan perangkat Androd Anda.

3. Install Aplikasi Pendingin HP Android

Tips selanjutnya adalah dengan memasang aplikasi pendingin di Android Anda. Pilih aplikasi yang berfungsi untuk meringankan kinerja perangkat dengan mengurangi suhu yang berlebihan pada ponsel Android Anda.

Selain mampu mengurangi panas pada CPU dan mengurangi overheat, aplikasi pendingin ini juga akan menghemat penggunaan daya baterai karena beban kinerja CPU yang berat.

Salah satu contohnya adalah aplikasi Clean Master. Aplikasi ini mempunyai banyak fitur yang dapat mempermudah pengguna Android dalam me-maintenance ponselnya. Berikut ini langkah-langkahnya :

  1. Pertama, silahkan Download dan instal aplikasi Clean Master di Playstore, kemudian jalankan aplikasi tersebut.Clean master
  2. Selanjutnya pilih fitur Percepat Ponsel.Clean master 1
  3. Pada bagian Suhu CPU, ketuk pada tombol COMPROBAR.Clean master 2
  4. Clean Master akan menampilkan aplikasi apa saja yang membuat ponsel Android overheat, kemudian klik DINGINKAN.Clean master 3
  5. Setelah itu aplikasi Clean Master akan melakukan scanning apa saja yang membuat Android Anda panas.Clean master 4
  6. Pemindaian CPU Selesai dan perangkat sudah di optimalkan. 
FYI : JIka perangkat masih terasa panas, Anda dapat melakukan langkah-langkah diatas secara berulang-ulang.

4. Hindari Meletakkan HP Android di Dekat Suhu Panas

Suhu sekitar bisa mempengaruhi Android Anda sehingga menjadi cepat panas. Contohnya adalah perangkat yang terkena paparan sinar matahari secara langsung. Hal ini sama seperti saat Anda terkena sinar matahari langsung, panasnya akan terasa menyengat kulit dan sama halnya jika terjadi kepada perangkat Android Anda.

Jadi, usahakan untuk meletakkan ponsel Android Anda di tempat dengan suhu stabil. Usahakan juga untuk meletakkan ponsel Android di ruang yang siklus udaranya lancar agar tidak mudah panas.

Baca juga :

5. Uninstall Aplikasi yang Jarang Digunakan

Tips selanjutnya untuk mengatasi HP Android cepat panas adalah menghapus aplikasi-aplikasi yang tidak dibutuhkan. Selain aplikasi tersebut memberatkan RAM, dengan meng-uninstall atau menghapus aplikasi tentu akan membuat penyimpanan Android terasa lega sehinggan kinerjanya menjadi lebih ringan.

Meskipun Anda tidak menjalankan aplikasi tersebut, aplikasi tersebut tetap di jalankan oleh sistem android. Hal inilah yang menyebabkan daya baterai Android cepat terkuras dan tentunya menjadi salah satu penyebab kenapa HP Android Anda cepat panas.

6. Matikan Layanan Aplikasi yang tidak dibutuhkan

mematikan layanan AndroidSalah satu hal yang terlupakan adalah Anda terkadang lupa mematikan layanan sistem android yang berjalan di HP Android kamu. Sebaiknya Anda menonaktifkan layanan yang sudah tidak butuhkan lagi.

Contohnya, Anda bisa mematikan fungsi GPS/Location jika sudah tidak digunakan. Atau jika Anda sedang tidak menggunakan jaringan WiFi, sebaiknya juga Anda nonaktifkan karena scanning jaringan WiFi yang tersedia cukup menguras penggunaan RAM dan CPU.

Selain itu, Anda juga bisa mengurangi tingkat kecerahan layar ponsel Android Anda jika sedang berada di dalam rumah.

7. Matikan Perangkat Android

Ada baiknya jika ponsel Android Anda cukup panas, Anda mematikan perangkat selama beberapa menit. Hal ini berfungsi untuk mendinginkan serta mengurangi kinerja sistem android yang berlebihan saat digunakan.

Setelah ponsel sudah dalam suhu normal, Anda bisa menyalakan kembali. Mematikan perangkat ini juga kembali mereset pengaturan-pengaturan temporary yang sudah dibuat sehingga kinerja perangkat akan normal kembali.

8. Gunakan Provider Dengan Jaringan Stabil

Pilihlah operator seluler yang menyediakan jaringan paling stabil di daerah Anda. Mengapa demikian? penggunaan jaringan yang naik turun di lingkungan Anda menyebabkan sistem Android bekerja lebih ekstra kerja yang tentunya berakibat pada suhu perangkat.

Sistem Android Anda akan mencari sinyal terus menerus untuk memenuhi standar jaringan yang Anda perlukan, Sehingga daya baterai Anda juga akan terkuras hanya untuk mencari jaringan tersebut.

9. Cek Baterai HP Android

Baterai yang tidak normal juga dapat mempengaruhi kinerja perangkat. Selain menyebabkan meningkatnya suhu perangkat, hal ini dapat menyebabkan perangkat sering restart sendiri.

Sekali waktu lakukan kalibrasi baterai ponsel Android Anda. Jika memang kerusakan sudah cukup parah, silahkan ganti dengan beterai baru. Namun pastikan untuk menggunakan baterai original.

10. Gunakan Adaptor dan Charger Original

Alasan terakhir mengapa perangkat Android Anda mudah panas adalah penggunaan adaptor dan charger yang bukan bawaan dari smartphone Anda (original). Tentunya hal ini dapat mempengaruhi kinerja dari sistem Android Anda.

Adaptor dan charger original in sudah dilakukan pengujian sehingga kebutuhan kapasitas sudah di tentukan sehingga lebih aman. Berbeda jika menggunakan charger bukan bawaan, hal ini biasanya menyebabkan baterai Anda mendapatkan daya yang bukan seharusnya dan jika terus menerus mengalami hal ini, akan berakibat kerusakan permanen.

Nah, demikianlah tips untuk mengatasi HP Android cepat panas atau overheat. Tentunya perawatan dan penggunaan dengan sewajarnya dapat mempengaruhi umur perangkat, sehingga bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama. Semoga bermanfaat.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More