Ulasan lengkap seputar dunia Smartphone

Penyebab Dan Cara Mengatasi Instagram Tidak Bisa Dibuka Di Android

5/5(1)

Ponselgue.com | Penyebab dan Solusi Mengatasi Instagram Tidak Bisa Dibuka Di Android – banyak dari kita yang tidak bisa lepas dari penggunaan media sosial setiap hari. Entah itu untuk ngumpul di chat grup, mengupload foto, atau bahkan sebagai sarana mempromosikan barang dagangan bagi para penjual Online Shop. Nah, salah satu media sosial yang paling banyak digunakan sekarang adalah Instagram.

Saat ini, Instagram buka hanya jadi sarana untuk meng-upload foto dan video sehari-hari saja. Banyak akun Instagram yang membahas banyak niche, seperti untuk Portofolio Perusahaan, Media dakwah, Promosi Pariwisata daerah, dan lain-lain. Bahkan, Instagram kadang digunakan sebagai pelangkap CV bagi para Fotografer dalam melamar pekerjaan.mengatasi instagram tidak bisa dibuka

Nah, seperti aplikasi-aplikasi lain, Instagram juga kadang mengalami masalah dan error saat akan digunakan. Salah satunya adalah aplikasi Instagram tidak bisa dibuka di Android. Permasalahan ini sering dialami oleh pengguna Android. Biasanya pada saat akan membuka aplikasi, muncul pesan “Aplikasi telah berhenti” atau “Unfortunately, Instagram Has Been Stopped“.

Nah, pada artikel kali ini saya akan menjelaskan secara singkat penyebab dan solusi untuk mengatasi masalah Instagram tidak bisa dibuka. Simak selengkapnya di bawah ini.

Penyebab Instagram Tidak Bisa Di Buka

Masalah ini memang harus cepat untuk diatasi. Apalagi bagi Anda yang setiap hari membutuhkan media sosial Instagram untuk beraktivitas dan berinteraksi, terutama yang untuk yang berjualan online.Pasti Anda merasa jengkel jika pada saat ingin membuka aplikasi Instagram ternyata mengalami masalah.

Penyebab aplikasi Instagram yang tidak bisa dibuka pada smartphone Android ini beragam, mulai dari menumpuknya file cache, system error, Android terkena virus atau karena aplikasi Instagram tidak pernah di update ke versi terbaru.

Baca juga :

Cara Mengatasi Instagram Tidak Bisa Dibuka Di Android

Ada beberapa tips sederhana yang dapat Anda coba untuk mengatasi aplikasi Android error atau tidak bisa dibuka. Untuk mengatasi Instagram tidak bisa dibuka di smartphone Android, simak tips-nya  di bawah ini.

#1. Update Aplikasi Instagram

Adakalanya penyebab kita tidak bisa tidak bisa menggunakan aplikasi Instagram adalah karena belum mengupdate Instagram ke versi terbaru. Silahkan periksa di Playstore apakah tersedia update terbaru, kemudian lakukan update jika tersedia. Kunjungi link berikut untuk memeriksa Update Instagram terbaru di Play Store.

#2. Hapus Cache Aplikasi

File cache yang menumpuk juga bisa jadi penyebab aplikasi Instagram menjadi berat dan tidak bisa dibuka. Anda bisa menghapusnya secara manual dengan cara buka Pengaturan ponsel Anda, pilih menu Setelan Tambahan, masuk ke submenu Manajemen Aplikasi  lalu cari aplikasi “Instagram”, kemudian tap “Clear Cache”.

Anda juga bisa menggunakan aplikasi Cleaner untuk menghapus cache dan junk files dengan mudah. Saya sendiri menggunakan aplikasi SD Maid.Hapus Cache Instagram

#3. Lakukan Force Stop dan Clean Data

Jika Anda memilih melakukan Clean Data, semua data Instagram seperti data login, history, dll akan bersih dan hilang. Sedangkan opsi Force Stop ini untuk menghentikan aplikasi secara ‘paksa’.

Caranya, buka Pengaturan ponsel Anda, pilih menu Setelan Tambahan, lalu pilih submenu Manajemen Aplikasi  kemudian cari aplikasi “Instagram”.  Kemudian ketuk pada “Paksa Berhenti” dan “Hapus Data”.

#4. Re-Install Aplikasi Instagram

Ada kemungkinan aplikasi Instagram yang Anda mengalami error sehingga tidak bisa di buka. Coba hapus terlebih dahulu aplikasi Instagram Anda, kemudian lakukan install ulang melalui Google Play Store.

Buka Pengaturan Android Anda, pilih menu Setelan Tambahan, masuk ke submenu Manajemen Aplikasi  lalu cari aplikasi “Instagram”, kemudian tap “Hapus Instalasi”.

Selanjutnya, Anda tinggal masuk ke Google Play Store kemudian menginstall ulang Instagram, atau Anda bisa download disini.

#5. Restart Smartphone

Silahkan matikan smartphone Android anda, kemudian lepaskan SIM Card, Memory Card (micro SD), dan juga Baterai (jika removable). Kemudian tekan tombol On/Off selama 15 detik untuk menghilangkan daya statis smartphone. Kemudian pasang dan nyalakan kembali smartphone Android anda.

Baca juga :

Jika beberapa metode di atas tidak berhasil, cara terakhir adalah dengan melakukan flash ulang Android Anda. Tapi saya rasa, bagi pengguna smartphone standart tidak perlu sampai harus melakukan flashing hanya demi sebuah aplikasi.

Nah, demikianlah penjelasan singkat saya mengenai penyebab dan tips bagaimana cara mengatasi Aplikasi Instagram tidak bisa dibuka di Android. Anda bisa menerapkan tips-tips di atas jika mengalami permasalahan yang sama.

Kunjungi terus Ponselgue.com untuk tips dan artikel menarik lainnya. Semoga bermanfaat..!!

.......

Comments
Loading...