5 Cara Mengatasi Lupa Pola Kunci Aplikasi di HP Xiaomi

Ponselgue – Mengunci aplikasi menjadi salah satu cara untuk mengamankan privasi kita di smartphone, sebut saja seperti pada aplikasi foto, kontak atau aplikasi media sosial. Hal ini tentu saja berguna untuk mencegah pihak lain membuka  aplikasi tersebut.

Beberapa vendor smartphone pun memberikan fitur kunci Aplikasi bawaan, salah satunya adalah Xiaomi. Jadi, Mifans tidak perlu download aplikasi pihak ketiga untuk mengunci aplikasi di perangkatnya.

Cara Mengatasi Lupa Kunci Aplikasi di Xiaomi
Xiaomi MI A2 (foto : GSMArena)

Sayangnya, tidak sedikit pengguna yang lupa dengan pola/pin untuk membuka aplikasi yang dikuncinya. Alih-alih ingin menyembunyikan data pribadi, malah jadi bumerang bagi diri sendiri. Lalu, bagaimana cara mengatasi lupa kunci aplikasi di Xiaomi?

Baca juga : Cara Mengatasi Notifikasi Xiaomi Tidak Masuk Jika Aplikasi Tidak Dibuka

Cara Mengatasi Lupa Kunci Aplikasi Xiaomi

Tidak bisa mengakses aplikasi tertentu di perangkat tentu akan membuat pengguna bingung. Tetapi ternyata ada cara untuk mengatasi lupa pola aplikasi xiaomi sehingga Anda bisa membuka aplikasi di HP Xiaomi Anda.

Ada beberapa metode yang berbeda untuk mengatasi lupa applock bawaan Xiaomi atau aplikasi pihak ketiga. Simak 5 cara mengatasi lupa kunci aplikasi Xiaomi berikut ini.

A. Jika Menggunakan Applock Bawaan Xiaomi

Jika Anda mengunci aplikasi menggunakan fitur bawaan Xiaomi, Anda bisa menggunakan salah satu dari 2 cara berikut untuk membukanya :

1. Opsi Lupa Password

Cara yang pertama adalah dengan memilih opsi Forgot password/Lupa kata sandi. Opsi ini akan membuat Anda mereset kata sandi aplikasi yang sudah dibuat sebelumnya.

Setelah memilih opsi tersebut, Anda akan diminta untuk memasukkan email dan pertanyaan pemulihan yang sebelumnya sudah Anda atur. Nantinya password baru akan dikirim melalui email untuk membuka applock.

2. Gunakan Mi Cloud

Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan Mi Cloud. Namun sebelumnya pastikan Anda memiliki akun akun MI Cloud dan sudah mengaktifkan Find My Device. Kemudian ikuti langkah-langkah berikut ini :

1. Buka laman i.mi.com melalui browser di HP/PC

2. Selanjutnya pilih Sign in with Mi Account

3. Pilih Find Device, kemudian pilih Lock/kunci.

4. Setelah itu pilih Reset password.

Baca juga : Cara Mudah Merekam Layar Ponsel Xiaomi

Xiaomi

B. Jika Menggunakan Aplikasi Pengunci

Jika Anda menggunakan aplikasi pengunci pihak ketiga seperti Smart AppLock atau AppLock, Anda bisa melakukan metode berikut untuk mengatasi lupa password kunci aplikasi di ponsel Xiaomi Anda.

1. Hapus Data Aplikasi Pengunci

Cara yang paling mudah adalah menghapus data aplikasi pengunci, caranya :

1. Buka Setelan → pilih Aplikasi → pilih Semua.

2. Selanjutnya cara aplikas pengunci yang Anda gunakan.

3. Pilih Paksa berhenti kemudian pilih Hapus data.

2. Nonaktifkan Aplikasi pengunci

Cara selanjutnya adalah dengan menonaktifkan aplikasi applock agar tidak mengunci aplikasi Anda.

1. Masuk ke Setelan → pilih Keamanan.

2. Gulir ke bawah, kemudian cara Administrasi perangkat.

3. Hilangkan centang pada aplikasi pengunci.

3. Hapus Aplikasi Pengunci

Cara terakhir untuk mengatasi lupa kunci aplikasi Xiaomi adalah dengan menguninstal aplikasi pengunci.

Caranya cukup mudah, yaitu dengan mengetuk dan tahan aplikasi kemudiian seret ke ikon hapus. Atau Anda bisa menghapusnya dengan membuka Setelan → pilih Aplikasi terinstal → pilih Semua → pilih aplikasi pengunci → pilih Uninstal.

Baca juga : Cara Mengubah Font di HP Xiaomi Dengan Mudah dan Cepat

Nah, itulah tadi beberapa cara mengatasi lupa kunci aplikasi Xiaomi tanpa harus reset perangkat. Anda tinggal memilih metode yang sesuai dengan kondisi perangkat Anda.

Comments are closed.