Cara Mengatasi Lupa Pola / PIN Melalui TWRP Tanpa Kehilangan Data

PonselgueTWRP Recovery memiliki banyak sekali fungsi untuk memudahkan pengguna dalam memperbaiki masalah yang terjadi pada Android kita. Salah satunya adalah untuk mengatasi lupa pola melalui TWRP tanpa harus kehilangan data pada perangkat.

Mengunci perangkat dengan password atau pola sangat penting untuk mengamankan smartphone kita dari tangan-tangan jahil. Apalagi tentunya kita tidak privasi kita bisa dengan mudah dilihat oleh orang lain tanpa ijin atau melalui persetujuan kita.

Penggunaan password atau pola yang unik dan ribet, maka semakin kecil kemungkinan orang bisa menebak sehingga keamanan smartphone Anda semakin tinggi. Namun, tentunya resiko lupa pola atau sandi yang Anda buat juga semakin besar.

Cara Mengatasi Lupa Pola Melalui TWRP

Nah, jika suatu saat Anda lupa password yang telah Anda buat, maka cara yang cukup mudah adalah dengan menghapus beberapa file yang ada di /data/system/ melalui TWRP. Yang mana cara tersebut tidak akan menghapus data-data yang ada di perangkat Android Anda.

Nah, bagi Anda yang mencari cara mengatasi lupa pola melalui TWRP tanpa harus kehilangan data, silahkan ikuti tutorialnya dibawah ini.

Cara Mengatasi Lupa Pola Melalui TWRP

  1. Pertama, matikan perangkat Anda terlebih dahulu
  2. Masuk ke TWRP Recovery. Untuk cara masuknya berbeda setiap perangkat, yaitu dengan kombinasi tombol Volume Bawah dan Power atau Volume Atas dan Power.
  3. Setelah berhasil masuk ke menu TWRP, pilih Advanced lalu pilih File Manager. Kemudian pilih data – system.

    hapus locksetting twrp

  4. Selanjutnya hapus file-file berikut untuk pengguna Android Marshmallow, Nougat dan Oreo:
    – Locksettings.db
    – Locksettings.db-shm
    – Locksettings.db-wal
    – getkeeper.password.key
    – getkeeper.pattern.key

    hapus locksetting twrp
    Sedangkan untuk pengguna Android Kitkat dan Lollipop, silahkan hapus file berikut ini:
    – Locksettings.db
    – Locksettings.db-shm
    – Locksettings.db-wal
    – gesture.key
    – password.key

  5. Setelah semua sudah terhapus, silahkan Reboot perangkat Anda.
Catatan : Harap berhati-hati dan pastikan jangan sampai salah pilih.

Kini password atau pola di Android Anda dihapus dan perangkat Anda sudah tidak terkunci lagi. Kini Anda bisa masuk ke homescreen dan silahkan buat password baru lagi.

Penting untuk diperhatikan, cara ini hanya bisa digunakan untuk perangkat yang sudah terpasang TWRP Recovery.

Untuk perangkat yang belum terpasang TWRP, Anda tetap bisa menghapus pola/PIN dengan cara hard reset melalui recovery bawaan HP. Namun cara ini akan menghapus semua data Anda yang disimpan di dalam perangkat.

Nah, itulah tad cara menghapus pola atau PIN HP Android melalui TWRP tanpa menghapus data. Semoga bermanfaat.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More