Cara Mengatasi Masalah Pada Smartphone Oppo

3.879

Ponselgue.com | Cara mengatasi Masalah Pada Smartphone Oppo –  Saat ini, smartphone OPPO merupakan salah satu produk yang paling banyak di cari oleh pengguna ponsel di Indonesia, terutama anak muda. Dengan smartphone flagship Andalannya Selfie Expert, Oppo mengandandalkan kualitas kamera-nya untuk menarik minat pelanggan. Beberapa varian yang paling laris adalah F1s dan F3.

Namun, walaupun Oppo hadir dengan spesifikasi dan fitur premium, tidak menutup kemungkinan smartphone OPPO juga bisa mengalami masalah. Pada artikel ini akan saya ulas mengenai berbagai masalah pada smartphone Oppo beserta cara mengatasinya.

Mengatasi Masalah Pada Smartphone Oppo

Selalu ada kemungkinan bahwa perangkat ponsel akan mengalami masalah atau kerusakan. Baik itu kerusakan hardware maupun software. Kerusakan hardware, misalnya LCD pecah, atau speaker mati, untuk memperbaikinya jelas kita harus mengganti HW yang bersangkutan. Sedangkan untuk masalah software, kita masih bisa ‘mencoba’ untuk memperbaikinya sendiri.

Kerusakan software yang seringkali terjadi adalah apps force close (aplikasi telah berhenti), self reboot (tiba-tiba restart sendiri), Oppo Launcher telah berhenti, Tidak cukup ruang saat install aplikasi, atau bootloop (gagal booting) dan stuck di logo.Cara mengatasi Masalah Pada Smartphone Oppo

Penyebabnya bermacama-macam, bisa jadi karena ponsel terkena virus, junk file menumpuk, bugs atau kerusakan pada aplikasi, atau penyebab lainnya. Untuk mengatasi masalah pada smartphone Oppo tersebut, ada beberapa metode yang bisa kita lakukan.

Jika Anda mengalami salah satu permasalah di atas, simak metode yang bisa Anda ikuti di bawah ini sesuai dengan masalah pada smartphone Oppo Anda.

#1. Sayangnya, Aplikasi Telah Berhenti

Banyak pengguna Oppo yag mengeluhkan mengenai pesan error “Sayangnya, Aplikasi Telah Berhenti”. Kerusakan ini juga biasa di sebut force closed. Sebenarnya tidak hanya pengguna Oppo saja, tetapi banyak sekali pengguna smartphone merk lain yang mengalami permasalahan yang sama.

Penyebab dari masalah “Sayangnya, Aplikasi telah berhenti”, kemungkinan besar karena memori penuh, banyaknya file sampah (junk file) yang menumpuk, terkena virus, aplikasi tidak compatible dengan perangkat, dan lainnya.

Cara mengatasinya, silahkan Anda bersihkan file sampah dan data aplikasi tersebut. Untuk Lebih jelasnya, simak langkah – langkahnya berikut ini.

Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “Nama Aplikasi Terkait” » Kemudian pilih “Paksa Berhenti” dan “Hapus Data”.
NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone dengan OS Android Lollipop v5.1.1. Apabila Smartphone Anda menggunakan versi OS yang berbeda, silahkan sesuaikan sendiri metodenya.

Baca : Cara Mudah Mengatasi “Sayangnya BBM Telah Berhenti” di Android

#2. Oppo Proses Android Telah berhenti

Masalah ini sering dialami oleh sebagian pengguna Oppo, yaitu ketika muncul pesan error bertuliskan “Android.Process.Media Has Stopped”.Penyebabnya hampir sama dengan masalah yang pertama. Dan untuk mengatasinya, ada beberapa metode yang bisa di coba, mulai dari membersihkan cache dan data, hard reset, atau dengan flashing. Hal paling mudah yang bisa Anda lakukan adalah dengan membersihkan file cache dan data aplikasi, berikut ini langkah-langkahnya :

Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari Aplikasi sistem contohnya “Media Storage” » selanjutnya pilih “Paksa Berhenti” dan “Hapus Data”.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan factory reset atau Hard reset/Wipe Data melalui menu ColorOS Recovery. Namun, proses ini dapat menghapus semua data atau file yang Anda simpan di dalam perangkat. Pastikan untuk membackupnya terlebih dahulu. Untuk caranya, silahkan baca artikel berikut “Cara Factory Reset/ Hard Reset Oppo Semua Tipe”.

#3. Memori Tidak Cukup Saat Install Aplikasi

Memori yang tidak cukup saat ingin meng-install aplikasi memang sangat menjengkelkan. Apalagi jika aplikasi tersebut adalah aplikasi penting atau yang sedang kita butuhkan.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda bisa mengurangi sebagian file yang di simpan pada memori Internal atau memidahkannya di memori eksternal. Anda juga bisa meng-uninstall sebagian aplikasi yang jarang digunakan.

Baca : Gagal Install APK di Android? Begini Cara Mengatasinya

#4. OPPO Launcher Telah Berhenti

OPPO Launcher ini berpengaruh pada semua tampilan layar OPPO, dan apabila OPPO Launcher mengalami masalah maka Anda tidak bisa melakukan aktifitas multitasking apapun. untuk mengatasinya, Anda bisa melakukan Wipe Data/Hard Reset melalui ColorOS Recovery. Berikut ini caranya :

  • Posisi ponsel mati, tekan dan tahan tombol “Power + Volume Down” secara bersamaan sampai muncul menu ColorOS Recovery Mode. Untuk opsi bahasa, silahkan pilih “English”.
  • Untuk melakukan Hard Reset, silahkan pilih “Wipe Data”. Lakukan konfirmasi dengan memilih “YES”.
  • Tunggu proses Hard Reset selesai dan berhasil dilakukan. Jika sudah, reboot smartphone OPPO Anda.
  • Selesai.

Berikut ini cara selengkapnya : Cara Factory Reset/ Hard Reset Oppo Semua Tipe

#5. Notifikasi Tidak Muncul

Masalah yang sering terjadi berikutnya adalah Notifikasi yang terkadang tidak muncul. Biasanya notifikasi tidak muncul ini terjadi pada sebagian aplikasi messenger seperti Whatsapp LINE, BBM, dan lainnya.

Untuk mengatasinya, pastikan Anda sudah melakukan cek pada fitur notifikasi yang ada pada setelan, aplikasi, dan juga pada fitur Notifikasi.

Baca juga :

 

#6. OPPO Tiba-tiba Restart Sendiri

Ini bukan masalah yang aneh, melainkan merupakan masalah yang sering terjadi. Penyebabnya bisa bermacam – macam, ada kemungkinan karena kekurangan daya, sistem terinfeksi virus, memori penuh, banyaknya file sampah yang menumpuk, dan penyebab lainnya.

Untuk mengatasi permasalahn tersebut, Anda bisa melakukan perbaikan dan perawatan software dengansering-sering membersihkan file cache dan junk files, melakukan boost pada RAM, atau bisa dengan melakukan Flashing.

Baca : Penyebab Android Sering Restart Sendiri Dan Cara Mengatasinya

#7. Oppo Bootloop / Stuck di LOGO OPPO

Gagal Booting atau Bootloop merupakan salah satu masalah yang serius. Penyebabnya bermacam-macam, entah itu karena ada aplikasi crash, system error, gagal rooting, atau terjadi kerusakan pada hardware (IC EMMC).

Ada dua metode yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah ini. Yang pertama adalah dengan melakukan Hard Reset/ Wipe Data melalui menu ColorOS Recovery. Jika Hard Reset sudah di lakukan namun masih perangkat Oppo masih mengalami bootloop, maka solusi terakhir adalah dengan Flashing. Untuk melakukan flashing, Anda membutuhkan Firmware Oppo perangkat Anda.

Silahkan download Firmware Oppo disini. Untuk tutorial flashing smartphone Oppo, saya sudah menyediakan beberapa tutorial cara flash Oppo, Anda bisa mencarinya dengan mengetik kata kunci di kolom pencarian. Berikut ini beberapa artikel flashing Oppo yang sudah saya tulis :

Itulah beberapa masalah yang sering dialami oleh pengguna smartphone OPPO. Jika memungkinkan, selalu lakukan sytem update apabila sudah muncul pembaruan sistem. Pembaruan ini biasanya untuk memperbaiki bugs yang ada ataupun penambahan fitur-fitur baru.

Metode-metode diatas dapat Anda terapkan pada semua jenis smartphone OPPO, seperti Oppo F5, Oppo F1 dan F1s, OPPO F3 dan F3 Plus, Oppo A37, Oppo A59, Oppo R9 Plus, Oppo F1 Plus, Oppo A53, , Oppo Neo 5s, Oppo Mirror 3, Oppo Joy Plus, Oppo Find 5 Mini, Oppo Yoyo, Oppo N3, Oppo N1 Mini, Oppo A33, Oppo Neo 7, Oppo R7s, Oppo R7 Lite, Oppo R5s, OPPO Neo 5 R1201, Oppo Mirror 5s, Oppo Mirror 5, Oppo Joy 3, Oppo R7 Plus dan juga perangkat OPPO lainnya.

Nah, demikianlah ulasan mengenai cara mengatasi masalah pada smartphone Oppo. Jika Anda merasa terbantu dengan artikel ini, jangan sungkan untuk membagikannya. Jika Anda mengalami masalah lain pada smartphone Oppo Anda, silahkan tulis di kolom komentar, supaya kita bisa berdiskusi untuk mengatasinya.

Semoga bermanfaat ..!!

Artikel menarik lainnya :

You might also like

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More