Cara Mengatasi Mode Headset di Xiaomi

Ponselgue | Cara mengatasi mode headset di Xiaomi – Tidak bisa dipungkiri bahwa setiap smartphone tentunya tidak bisa lepas dari resiko kerusakan, entah karena penggunaan atau kesalahan produksi, tak terkecuali perangkat buatan Xiaomi.

Sama seperti smartphone buatan produsen lainnya, salah satu masalah yang sering ditemui adalah mode headset aktif padahal tidak ada earphone yang terpasang.

Cara Mengatasi Mode Headset di Xiaomi mekipun tidak ada earphone terpasang

Hal tersebut tentu saja akan membuat pengguna kebingungan. Pasalnya, speaker dan mikrofon perangkat akan dimatikan pada saat mode headset aktif. Yang mana akan menyulitkan pengguna saat mengoperasikan smartphone miliknya karena audio tidak bekerja sebagaimana mestinya.

Misalnya, pengguna tidak akan bisa menggunakan perangkatnya untuk mendengarkan lagu, memutar video, atau merekam suara. Bahkan yang paling menjengkelkan adalah tidak bisa melakukan panggilan suara.

Nah, jika Anda merupakan salah satu dari pengguna yang mengalami masalah tersebut, simak cara mengatasi mode headset di Xiaomi di bawah ini.

Cara Mengatasi Mode Headset di Xiaomi

Ada beberapa penyebab aktifnya mode headset tanpa ada perangkat yang terpasang, yakni :

  1. Port jack audio kotor
  2. Kesalahan pada sistem
  3. Kerusakan komponen audio

Cara Mengatasi Mode Headset di Xiaomi

Untuk mengatasinya, tentunya Anda harus menyesuaikan dengan penyebab yang menjadi sumber masalah. Berikut cara mengatasi mode headset di perangkat Xiaomi :

1. Bersihkan Jack Port Audio

Kemungkinan paling ringan yang menjadi penyebab masalah ini adalah karena lubang konektor audio kotor. Seiring penggunaan, tanpa disadari port jack audio tersebut kemungkinan kemasukan kotoran, debu, atau air.

Maka dari itu, Anda perlu membersihkannya menggunakan alat yang ujungnya lembut, misalnya menggunakan cotton bud (lidi kapas). Namun usahakan untuk selalu berhati-hati saat membersihkannya untuk menghindari goresan atau kerusakan komponen.

Namun jika diakibatkan oleh kemasukan air, Anda bisa mengeringkannya terlebih dahulu kemudian dibersihkan.

2. Periksa Pengaturan Audio

Penyebab lain kenapa mode headset yang aktif tanpa ada headset terpasang adalah karena kesalahan sistem peningkatan audio yang digunakan Xiaomi. Dalam hal ini, ada kemungkinan sistem salah mengidentifikasi perangkat yang terhubung sebelumnya.

Untuk mengatasi hal tersebut, buka SettingsSound and VibrationAudio Settings, kemudian pilih salah satu tipe headset yang Anda miliki dari daftar yang ditampilkan. Pasangkan headset Anda ke perangkat, kemudian lepaskan.

Pada perangkat yang menjalankan sistem operasi MIUI yang lebih baru, Anda dapat menemukan opsi tersebut pada bagian SettingsAdditional SettingsHeadphones & audio effects. Selanjutnya Anda tinggal mengikuti langkah-langkah seperti di atas.

Selain kesalahan sistem peningkatan audio, masalah ini bisa saja diakibatkan kesalahan sistem secara umum. Untuk itu, Anda dapat mencoba restart perangkat, mengupdate sistem operasi, atau melakukan flash ulang jika diperlukan.

3. Mengganti Komponen

Penyebab paling berat dari permasalahan ini akibat adanya kerusakan komponen seperti IC khusus audionya. Jika disebabkan hal ini, sebaiknya bawa perangkat Anda ke tempat teknisi smartphone terpercaya atau ke service center Xiaomi.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More