5 Cara Mengembalikan Data Yang Terhapus Di Android

25.745

Ponselgue.com | Cara Mengembalikan Data Yang Terhapus di Android – Pengguna Android pastinya menyimpan banyak data berupa foto, musik, video, documen dan data penting lainnya di smartphone Androidnya. Karena sudah terlalu banyak file dan data yang tersimpan, hal tersebut malah memberatkan kinerja smartphone sehingga tidak jarang perangkat mulai “Ngadat”.

Terkadang karena perangkat menjadi lambat, ada beberapa pengguna yang tidak membersihkan beberapa file yang tidak perlu. Apesnya, secara tidak sengaja data atau file penting jadi ikut terhapus.

Tapi tenang, masih ada cara untuk mengembalikan data yang terhapus di Android.

5 Cara Mengembalikan Data Yang Terhapus Di AndroidSeperti di komputer (Recycle Bin), data-data yang pernah tersimpan di dalamnya jika masih belum dihapus secara keseluruhan, data tersebut masih tersimpan pada suatu file walaupun sudah dihapus dari foldernya. Oleh karena itu, data yang hilang atau tidak sengaja terhapus, masih bisa dikembalikan dengan menggunakan Aplikasi Khusus.

Nah, bagi Anda yang belum tahu caranya, silahkan simak 3 cara mengembalikan data yang terhapus / hilang di smartphone Android di bawah ini.


Baca juga :


5 Cara Mengembalikan Data Yang Terhapus Di Android

Untuk mengembalikan file, foto, atau data yang terhapus di Android supaya bisa digunakan kembali, Ada 5 metode untuk mengembalikannya. Silahkan baca panduannya di bawah ini.

1. Mengembalikan Foto Terhapus di Android

Jika data yang terhapus adalah foto, salah satunya adalah melalui aplikasi Google Photo. File atau foto yang terhapus dari Google Photo masih bisa di restore  walaupun sudah terhapus. Nah, untuk mengembalikan gambar, silahkan ikuti langkah-langkahnya berikut ini :

  1. Jalankan aplikasi Google Photo di smartphone Android Anda (bisa juga melalui PC);
  2. Selanjutnya klik Menu kemudian pilih Opsi Bin;
  3. Maka akan muncul daftar foto yang terhapus, klik dan tahan pada foto yang ingin di kembalikan.
  4. Terakhir, ketuk Restore untuk mengembalikan foto.

Dengan memanfaatkan fitur ini, kita dapat mengembalikan foto yang tidak sengaja terhapus karena Google tidak langsung menghapus file tersebut dan menyimpannya di bin.

NOTE : Foto yang terhapus masih bisa di kembalikan sebelum 60 hari sejak penghapusan. Jika lebih dari itu, maka foto akan terhapus dengan sendirinya.

2. Restore file yang terhapus di Google Drive

Cara ini hampir sama dengan mengembalikan file yang terhapus di Google Photo. Google Drive sendiri menyediakan 15GB free storage untuk setiap akun Google. Dengan penyimpanan cloud sebesar itu, Anda bisa memanfaatkannya untuk menyimpan beberapa data atau file penting seperti gambar, video, musik, atau file format lain. Jika sewaktu-waktu ada file yang terhapus, maka Anda masih dapat mengembalikannya. Caranya cukup mudah, Anda bisa mengikuti langkah berikut :

  • Jalankan aplikasi Google Drive di smartphone Android Anda (bisa juga melalui PC;.
  • Kemudian pilih opsi bin;
  • Silahkan pilih file terhapus yang ingin di kembalikan;
  • Selanjutnya, Anda tinggal klik icon restore untuk mengembalikan file yang telah terhapus.

Sama dengan Google Photos, jika dalam 60 hari semenjak file terhapus dan tidak di restore, maka Google akan mengahapus file tersebut secara otomatis.

3. Mengembalikan data yang terhapus di Android menggunakan Aplikasi

Jika file yang terhapus tidak Anda singkronkan dengan aplikasi Google, Anda masih bisa mengembalikannya menggunakan aplikasi pihak ketiga. Salah satu aplikasi yang bisa Anda manfaatkan adalah DiskDigger. Cara penggunaanya cukup mudah, Anda tinggal mengikuti langkah-langkah berikut :

  • Pertama, silahkan masuk ke Google Playstore dan cari aplikasi DiskDigger, kemudian install pada ponsel Android Anda. Download DiskDigger Disini;
  • Jalankan aplikasi tersebut, maka akan muncul beberapa file foto yang ada;
  • Selajutnya pilih file yang ingin dikembalikan dan klik restore.
NOTE : Untuk mengembalikan file berformat video, Anda harus Root ponsel Android Anda terlebih dahulu. Anda bisa baca caranya disini.

4. Cara mengatasi file terhapus menggunakan PC

Jika file yang Anda ingin kembalikan masih belum berhasil, Anda bisa menggunakan PC atau laptop. Cara ini merupakan cara yang paling efektif untuk mengembalikan semua jenis file (data atau media). Silahkan ikuti langkah-langkahnya di bawah ini :

  • Pertama, silahkan download kemudian install aplikasi Recuva di komputer Anda (Download Disini);
  • Sambungkan perangkat Android Anda ke komputer (jika masih belum terdeteksi, Anda perlu menginstall driver perangkat Android Anda);
  • Selanjutnya, cari file yang ingin Anda kembalikan (bisa dicari berdasarkan tipe file);
  • Jika sudah ketemu, klik Recovery untuk mengembalikannya;
  • Pilih folder tempat menyimpan file;
  • Selesai, kini file yang terhapus sudah kembali.

Anda bisa menggunakan metode ini untuk mengembalikan file yang terhapus di memori internal maupun eksternal. Memang cara ini sedikit ribet karena harus menggunakan komputer, namun itu sebanding dengan data atau file penting yang bisa di kembalikan.

5. Mengembalikan DATA di Game HP Android

Jika Anda suka bermain game di ponsel Android Anda, namun tiba-tiba tidak sengaja game tersebut terhapus atau ter-uninstall, pasti terasa sangat kesal. Tetapi tenang, Anda tidak perlu khawatir karena Anda tidak perlu mengulang game dari Awal. Dengan mengembalikan data pada game, maka achievement game seperti level maupun medali bisa dikembalikan. Cara ini sangat mudah di lakukan.

Anda hanya perlu men-singkronkan game yang Anda mainkan dengan Google Play Games. Dengan begitu, maka Anda tidak perlu khawatir lagi jika sewaktu-waktu data game hilang, karena Anda bisa mengembalikannya dengan mengambil data di Google play games. Cara ini juga bisa digunakan jika Anda berganti perangkat Android, Anda tinggal melanjutkan game yang sama dengan mengambil data yang tersimpan sebelumnya di Google Play Games.

Baca juga :

Sebenarnya, ada beberapa aplikasi lainnya yang bisa membantu Anda mengembalikan file dan data yang hilang atau terhapus di Android Anda. Anda bisa memanfaatkan aplikasi Dumpster Google Play. Cara kerja aplikasi ini mirip dengan Recycle Bin pada komputer, file yang terhapus bisa di kembalikan sewaktu-waktu.

Nah, sekarang Anda tidak perlu merasa khawatir lagi saat file atau data penting di Android Anda hilang atau tidak sengaja terhapus, karena bisa dikembalikan dengan mengikuti salah satu metode di atas. Metode-metode di atas dapat membantu Anda mengembalikan data yang terhapus di Android Anda. Semoga bermanfaat.

You might also like

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More