2 Cara Mengembalikan Pesan Whatsapp Yang Terhapus

5/5 (2)

Ponselgue.com | Cara Mengembalikan Pesan Whatsapp Yang Terhapus – Sebagai salah satu aplikasi platform perpesanan sangat populer, Whatsapp terus meningkatkan layanannya dengan membuat berbagai fitur baru untuk para penggunanya.

Whatsapp sendiri beberapa waktu yang lalu meluncurkan fitur untuk menghapus pesan WhatsApp yang telah terkirim seseorang maupun ke grup Whatsapp. Namun terkadang pengguna tidak sengaja juga menghapus pesan yang cukup penting. Hal inilah yang yang membuat pengguna mencari cara untuk mengembalikan pesan tersebut.

logo whatsapp

Fitur lainnya dari Whatsapp adalah membackup semua pesan pengguna secara otomatis. Jadi dengan fitur ini, pengguna tidak perlu khawatir saat tidak sengaja menghapus pesan.

Aplikasi intant messaging yang sudah diakuisisi oleh Facebook ini membackup semua pesan setiap harinya sekitar pukul 02.00 dini hari ke dalam penyimpanan perangkat. Hal ini cukup membantu pengguna untuk mengembalikan pesan lama yang dikirim atau diterima sebelum waktu pencadangan.

Selain membackup pesan secara offline di penyimpanan internal, pengguna juga bisa mencadangkan datanya secara online ke platform Google Drive setelah mengatur preferensi sinkronisasi otomatis. Sama seperti dengan pencadangan offline, pengguna bisa mengembalikan pesan Whatsapp yang terhapus namun dengan cara yang lebih mudah dengan metode pencadangan ini.

Baca juga :

Cara Mengembalikan Pesan WhatsApp Yang Terhapus Melalui Google Drive

Untuk melakukannya, pengguna hanya perlu menginstal ulang WhatsApp untuk mengembalikan data yang sudah dicadangkan di Google Drive. Nantinya pada saat pengaturan awal, aplikasi WhatsApp secara otomatis akan menawarkan pemulihan data-data yang tersimpan di Google Drive tersebut.

Untuk mengakses opsi backup untuk WhatsApp, buka aplikasi WhatsApp, kemudian ketuk ikon tiga titik (ikon menu lain) yang terdapat di pojok kanan atas, di pojok kanan atas kemudian pilih setting. Setelah masuk ke halaman Setting, silahkan pilih Chats, lalu ketuk Chats Backup, nantinya pengguna bisa mengatur pencadangan data WhatsApp melalui pengaturan ini.Back Up WhatsApp

Baca juga :
NOTE : Cara recovery diatas hanya bisa dilakukan jika pengguna jika sudah mengatur pencadangan data di Goggle Drive

Jika belum, pengguna bisa mengikuti metode manual di bawah ini untuk membaca kembali atau mengembalikan pesan yang sudah dihapus di aplikasi WhatsApp.

Cara Membaca Pesan WhatsApp yang Telah Dihapus

Jika recovery menggunakan Google Drive cukup mudah, kali ini pengguna harus sedikit ribet jika ingin mengembalikan data secara manual. Selain itu, pengguna harus memastikan bahwa data yang diinginkan sudah tersimpan di backup data ini dan tersimpan waktu pencadangan supaya bisa dikembalikan.

Untuk membaca atau mengembalikan pesan Whatsapp yang terhapus, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini :

Cara Mengembalikan Pesan Whatsapp Yang Terhapus secara manual

  1. Buka file manager yang ada di smartphone.
  2. Selanjutnya masuk ke folder WhatsApp, kemudian cari Databases untuk mencari data-data yang terhapus.
  3. File backup data WhatsApp dalam folder tersebut mempunyai format msgstore-YYYY-MM-DD.1.db.crypt**
    YYYY menunjukan tahun, MM merupakan bulan, sedangkan DD adalah tanggal.

    kemudian salin data yang ingin dikembalikan sesuai dengan tanggal backup ke folder lain.

  4. Setelah itu, uninstal aplikasi WhatsApp di perangkat.
  5. Ganti nama data backup menjadi msgstore.db.crypt** tanpa mengubah nomor ** yang tertulis. Setelah itu kembalikan ke folder Databases yang terdapat di folder WhatsApp.
  6. Setelah itu, silahkan install ulang aplikasi WhatsApp ke smartphone.

Setelah Whatsapp berhasil terinstall, nantinya pengguna diarahkan untuk memulihkan data yang telah tersimpan. selanjutnya pengguna hanya perlu mengetuk Pulihkan untuk mengembalikan data.

Perlu diingat, pengguna harus memilih data dengan benar agar pesan bisa dikembalikan. Selain itu, pengguna harus memindahkan file backup ke folder lain terlebih dahulu sebelum uninstall/install ulang karena bisa jadi data yang dimaksud malah ikut hilang.

.......

Comments
Loading...