5 Cara Menemukan Lokasi Nomor IMEI Smartphone Berada

3.100

Ponselgue – Semua telepon seluler yang beredar di pasaran, dari yang berharga ratusan ribu hingga jutaan rupiah, memiliki identitas khusus yang biasa dikenal sebagai IMEI (International Mobile Equipment Identity).

Operator seluler menggunakan nomor IMEI yang biasanya terdiri dari 15 sampai 16 untuk mengetahui perangkat yang terhubung ke jaringan. Tak hanya itu, nomor IMEI juga memiliki banyak fungsi lain, seperti untuk mengetahui spesifikasi lengkap perangkat, mengidentifikasi perangkat Anda asli atau palsu, mengecek masa garansi, hingga melacak lokasi perangkat yang hilang.

Karena fungsinya yang cukup banyak inilah maka nomor IMEI dianggap merupakan salah satu hal yang cukup penting. Untuk itu, Anda harus mengetahui lokasi nomor IMEI pada perangkat Anda. Berikut tempat nomor IMEI bisa ditemukan.


Baca juga : Khawatir Ponsel Xiaomi Anda Palsu? Cek IMEI Xiaomi Dengan 3 Cara Ini

Cara Mengetahui Lokasi Nomor IMEI Smartphone

Bagi Anda yang memerlukan data nomor IMEI perangkat Anda, Anda bisa menemukannya dengan cara berikut :

1. Dial *#06

Cara Mengetahui Lokasi Nomor IMEI Smartphone

Cara yang paling mudah untuk menemukan lokasi IMEI adalah dengan dial kode *#06#. Tak hanya dapat digunakan pada smartphone modern, cara ini juga memang sudah bisa dilakukan di ponsel lawas. Nantinya secara otomatis informasi nomor IMEI akan ditampilkan di layar.

3. Melalui Menu Pengaturan

imei smartphone

Cara mudah yang kedua adalah mengetahuinya di menu Pengaturan. Anda bisa menggunakan cara ini untuk semua smartphone, baik Android maupun iOS.

Caranya, untuk perangkat iPhone bisa mengakses di menu Pengaturan > Umum > Mengenai. Sementara untuk perangkat Android, silahkan buka di Pengaturan > Tentang Ponsel > Status.


Baca juga : Begini Cara Melacak Lokasi HP Xiaomi Yang Hilang

3. Pada Kotak Kemasan

Di setiap kotak kemasan biasanya terdapat berbagai informasi khusus mengenai smartphone tersebut. Anda bisa menemukan informasi nomor IMEI dan juga serial numbernya.

Selain untuk mengetahui nomor IMEI, menyimpan kardus kemasan ponsel juga bermanfaat saat Anda akan menjual ponsel Anda. Untuk itu, sebaiknya Anda menyimpan kotak kemasan HP dengan baik agar mempermudah keperluan setelah pembelian.

4. Di Bagian Belakang Perangkat

Beberapa vendor smartphone menyertakan sticker IMEI di bagian belakang perangkat, seperti di Oppo F5 atau Xiaomi Redmi Note 4. Bahkan ada juga yang bahkan di cetak di casing belakang, seperti yang bisa dilihat pada Samsung Galaxy S7 dan iPhone 6.


Baca juga : Cara Menggunakan Navigation Gesture iPhone X di Android

5. Lihat di slot SIM

slot sim card

Pada beberapa smartphone, produsen sengaja mencetak nomor IMEI pada bagian slot kartu SIM. Jadi Anda perlu membuka slot kartu SIM namun sebelumnya pastikan perangkat Anda dalam keadaan non-aktif. Setelah itu, Anda bisa memeriksa nomor IMEI yang tertera pada lempeng logam slot kartu SIM.

Nah, demikianlah cara mengetahui lokasi nomor IMEI di smartphone untuk berbagai keperluan. Semoga bermanfaat!

You might also like

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More