Categories: Tips

Cara Mengetahui Password Wifi Tanpa Aplikasi

PonselGue – Saat ini koneksi internet menjadi salah satu kebutuhan primer bagi masyarakat modern. Selain paket data internet yang disediakan oleh provider telekomunikasi, alternatif lain yakni menggunakan koneksi Wi-fi.

Untuk terkoneksi ke internet tentunya membutuhkan biaya yang tidak murah. Oleh karena itu banyak yang mencari cara mengetahui password Wifi untuk mendapatkan internet secara gratis.

Menemukan akses Wifi saat ini pun bukan hal yang sulit karena hampir setiap kantor, kafe, salon, hotel, maupun tempat umum lainnya sudah banyak yang menyediakannya.

Untuk dapat mengaksesnya, tentu kita harus mengetahui passwordnya terlebih dahulu.

Akan tetapi ternyata ada metode khusus yang bisa kita lakukan untuk dapat mengakses koneksi internet yang tersedia meskipun kita tidak mengantongi passwordnya.

Di Google Play sendiri kita bisa menemukan banyak aplikasi yang memiliki fungsi untuk membobol wifi.

Dan meskipun tanpa menggunakan aplikasi, masih ada cara mengetahui password wifi sehingga kita bisa terkoneksi ke internet.

Nantinya Anda dapat menerapkan cara-cara ini di perangkat yang Anda miliki, baik melalui smartphone maupun melalui laptop.

Menariknya lagi, Anda tidak perlu membuka akses rooting smartphone terlebih dahulu untuk dapat melakukannya.

Cara Mengetahui Password Wifi Tanpa Aplikasi

1. Konfigurasi IP Address

Cara pertama ini seringkali digunakan untuk membobol password wifi yang menggunakan router modem, seperti IndiHome atau jaringan @wifi.id.

Caranya pun cukup mudah, karena selain tanpa bantuan aplikasi, tingkat keberhasilannya pun tinggi.

Untuk melakukannya, berikut langkah-langkahnya :

  1. Aktifkan wifi di perangkat Anda.
  2. Selanjutnya cari koneksi yang aktif disekitar Anda (yang mudah ditemui adalah @wifi.id sehingga menjadi seringkali menjadi sasaran), pilih Connect.
  3. Setelah itu akan muncul pop-up yang meminta Anda memasukkan username dan password,  dan bersamaan dengan itu akan muncul halaman mode Modify Network Configuration.
  4. Kemudian ganti IP Address @wifi.id, dari yang biasanya 192.168.1.1 menjadi 192.168.1.2.
  5. Jika sudah, kini buka browser kemudian ketikkan http//: 192.168.1.254 di address bar.
  6. Selanjutnya masukkan username dan password pada kolom yang ditampilkan. Anda bisa memilih antara admin atau user, dengan password yang sama dengan username yang Anda pilih.
  7. Setelah berhasil masuk, buka Pengaturan kemudian carilah Wifi untuk melihat username dan password yang sebenarnya.
  8. Setelah mencatat username dan password @wifi.id, kini Anda bisa menggunakannya untuk login ke jaringan tersebut.

2. CMD (Command Prompt) di PC atau Laptop

Cara kedua ini bisa Anda gunakan saat Anda ingin menyambungkan laptop Anda ke jaringan wifi.

Berikut cara membobol wifi menggunakan CMD :

  1. Nyalakan wifi laptop Anda kemudian cari jaringan wifi terdekat dengan Anda.
  2. Selanjutnya buka CMD (Command Prompt) dengan cara menekan tombol Windows + R, lalu masukkan perintah CMD kemudian tekan enter.
  3. Setelah halaman CMD terbuka, ketikkan perintah netsh wlan show profiles lalu tekan enter. Perintah ini akan menampilkan jaringan wifi yang pernah terkoneksi dengan laptop.
  4. Masukkan lagi perintah netsh wlan show profiles name (nama jaringan) key=clear.
  5. Nantinya akan ditampilkan data dari jaringan tersebut, termasuk passwordnya. Anda bisa menemukan password tersebut dalam ‘Key Content’.
  6. Selanjutnya Anda tinggal menyambungkan koneksi ke jaringan wifi dengan nama serupa dengan password yang sudah diketahui tadi.

3. Akses Menu ‘ Network and Internet’

Jika Anda mengakses internet menggunakan laptop, Anda juga bisa mengetahui password wifi dengan cara masuk ke menu ‘Network and Internet’.

Berikut langkah-langkahnya :

  • Buka Control Panel – ‘Network and Internet’ – ‘Network and Sharing Center’. Didalamnya Anda bisa menemukan daftar jaringan internet yang pernah terkoneksi terkoneksi dengan laptop Anda.
  • Selanjutnya cari menu ‘Manage Wireless Networks’ untuk mengetahui password wifi yang tersambung ke laptop Anda dengan mengeklik nama jaringan tersebut.
  • Nantinya akan muncul tab baru, klik tab ‘wireless properties’ lalu pilih tab ‘security’ di bagian kanan untuk menampilkan informasi jaringan wifi seperti security tipe, encryption type dan network security key.
  • Klik ‘show characters’ untuk menampilkan password dari wifi.

Metode ini biasanya digunakan sebagai cara mengetahui password wifi sudah terhubung ke laptop. Alasannya tentu untuk mengetahui passwordnya supaya dapat digunakan lagi di perangkat yang lain, misalnya di smartphone.


Anda bisa mencoba satu persatu dari 3 cara mengetahui password wifi tanpa aplikasi diatas untuk mengakses internet melalui jaringan wifi.

Selamat mencoba!