Mudah, Begini Cara Menggunakan iMessage di MacBook

cara menggunakan iMessage di MacBookPonselgue.com | Cara Menggunakan iMessage di MacBook – Di beberapa wilayah yang masih kesulitan terhubung ke internet, layanan SMS tentu masih menjadi pilihan utama untuk mengirim pesan. Namun dewasa ini layanan SMS mungkin sudah semakin jarang digunakan, terutama setelah banyak aplikasi pesan singkat yang menggunakan konektivitas internet untuk berkomunikasi dengan cepat.

Bahkan beberapa aplikasi instant messaging sudah terintegrasi dengan beberapa smartphone sebagai salah satu fitur unggulan. Salah satunya adalah Apple yang membuat aplikasi iMessage untuk bisa berkomunikasi layaknya mengirim SMS kepada sesama pengguna perangkat Apple. Selain untuk iPhone dan iPad, berikut cara menggunakan iMessage di MacBook.

Cara Menggunakan iMessage di MacBook

Foto : Pexels

Jika Anda sudah terbiasa menggunakan iMessage di iPhone atau iPad, Anda juga memakainya di MacBook. Seperti fitur WhatsApp Web, Anda bisa menggunakan Messages dari aplikasi di MacBook Anda.

Biasanya aplikasinya ada di menu Messages yang secara default terdapat pada menu dock. Anda dapat mengirim pesan tanpa batas menggunakan Mac, iPhone, iPad, atau iPod touch yang mengakomodasi layanan iMessage.

Baca juga : 3 Cara Download Foto Instagram Dari Windows atau MacOS

Aktivasi pengaturan iMessage di Mac

Foto : Apple Support

Layaknya layanan Apple lainnya, iMessage dapat Anda dapatkan secara otomatis jika Anda sudah mempunyai Apple ID. Jika Anda sudah menggunakan Apple ID untuk login di iPhone, Anda bisa menggunakan Apple ID yang sama untuk login di MacBook (atau iMac).

Apple ID ini biasanya merupakan Apple ID yang sama yang digunakan untuk layanan iCloud, iTunes Store, App Store, dan akun yang kamu buat saat pengaturan awal Mac.

Cara Mengirim pesan melalui iMessage

Foto : Apple Support

Lalu, bagaimana cara cara mengirim pesan dengan iMessage di MacBook? Anda bisa menghubungi penerima pesan dengan mengetikkan alamat email atau nomor telepon. Jika Anda sudah menyimpan kontak tersebut, Anda bisa langsung mencari namanya di aplikasi Messages.

Setelah memulai percakapan, terdapat beberapa menu yang terletak di sebelah kanan atas dengan mengetuk ‘Details’. Diantaranya adalah menu ‘Do not disturb’ untuk mengaktifkan mute suaya Anda tidak terganggu dengan notifikasi percakapan.

Anda juga bisa menggunakan fitur FaceTime untuk melakukan panggilan audio atau video. Selain itu, untuk mempermudah komunikasi Anda bisa bisa menggunakan fitur berbagi layar saat sedang mengoperasikan layar komputer. Lihat juga informasi mengenai lokasi penerima dan juga semua foto dan file yang pernah dikirimkan selama percakapan.

Aktifkan penggunaan Siri

Salah satu yang menarik adalah Anda juga bisa mengirim, membaca, atau membalas pesan yang masuk jika menggunakan macOS Sierra. Tentu hal ini akan mempermudah Anda, apalagi bagi yang sudah terbiasa menggunakan Siri. Anda bisa mengoptimalkan fungsi pengiriman pesan dengan lebih nyaman seperti saat memakai iMessage di iPhone, iPad, atau iPod.

Gunakan fitur Tapback

Foto : Apple Support

macOS Sierra juga memperkenalkan fitur Tapback di MacBook. Anda bisa ‘menjawab’ percakapan dengan cepat untuk mengungkapkan apa yang dipikirkan tentang pesan tersebut. Berikut cara menggunakan Tapback di Mac.

  • Kontrol-klik gelembung pesan untuk membuka menu shortcut.
  • Pilih Tapback dari menu yang tampil.
  • Klik Tapback untuk menambahkannya pada message bubble.

Fitur Tapback ini nantinya akan bisa dilihat oleh pengguna menggunakan iMessage dengan dukungan (minimum) macOS Sierra atau iOS 10.

Baca juga : Cara Downgrade iOS 12 Beta ke iOS 11.4 Melalui iTunes

Mudah, bukan cara menggunakan iMessage di MacBook? Kini Anda tidak perlu lagi sering-sering mengecek iPhone atau iPad saat sedang bekerja karena Anda juga bisa menggunakan layanan iMessages melalui aplikasi Messages di Mac. Semoga bermanfaat.

You might also like

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More