Cara Menghapus Aplikasi Android Yang Tidak Bisa Di Hapus / Uninstall

18.716

Ponselgue.com | Cara Menghapus Aplikasi Android Yang Tidak Bisa Di Uninstall – Setiap perangkat Android pasti di bekali dengan aplikasi default untuk keperluan dasar seperti untuk Email, Pesan, Telepon, Kamera, dan lain sebagainya. Nah, aplikasi-aplikasi tersebut dinamakan dengan aplikasi sistem. Aplikasi sistem ini tidak bisa di hapus atau di uninstall, kecuali jika akses super user sudah terbuka alias perangkat Android sudah di Root.

Dengan banyaknya aplikasi yang tersedia di Play Store, pasti kita mengunduh dan menginstall beberapa aplikasi maupun game yang menarik menurut kita. Setelah kita bosan dengan aplikasi / game tersebut, kita pasti berpikir untuk menghapus aplikasi tersebut dan menginstall aplikasi yang lainnya. Nah, masalahnya muncul jika ternyata aplikasi tersebut tidak dapat di uninstall.

Laly, bagaimana cara Menghapus Aplikasi Android Yang Tidak Bisa Di Hapus / di uninstall tersebut?Cara Menghapus Aplikasi Yang Tidak Bisa Di Hapus

Nah, pada artikel ini saya akan berbagi tutorial mengenai Cara Menghapus Aplikasi Android Yang Tidak Bisa Di Hapus atau di uninstall. Tutorial ini bukan membahas mengenai cara menghapus aplikasi sistem, namun aplikasi pihak ketiga yang kita install dari Play Store.

Untuk menghapus aplikasi sistem, ponsel Android harus di root terlebih dahulu. Untuk cara rooting Android, silahkan baca caranya pada artikel ini “Cara Root Semua Smartphone Android 100% berhasil”.

Cara Menghapus Aplikasi Android Yang Tidak Bisa Di Hapus

Ada developer aplikasi yang menyematkan fitur Advance pada saat membuat aplikasi. Fitur ini mengharuskan pengguna Android memberikan dan mengizinkan akses Administrator Perangkat. Hal inilah yang menyebabkan button uninstall tidak tersedia sehingga pengguna mengira aplikasi tersebut tidak dapat di hapus atau di uninstall.

Nah, untuk dapat menghapus aplikasi yang tidak dapat di hapus atau di uninstall ini, kita harus mematikan fitur Administrator Perangkat. Fitur ini terdapat pada menu keamanan dan privasi. Simak cara selengkapnya berikut ini.

  1. Langkah pertama, masuk ke menu “Pengaturan/Setelan” di ponsel Android anda. Kemudia scrool ke bawah lalu ketuk pada menu “Keamanana dan Privasi”, setelah itu pilih submenu “Administrator Perangkat”.Cara Menghapus Aplikasi Yang Tidak Bisa Di Hapus
  2. Selanjutnya, pada Administrator Perangkat, akan muncul aplikasi yang tidak dapat di hapus / uninstall. Hilangkan tanda centang dengan cara Menonaktifkan aplikasi terkait.Cara Menghapus Aplikasi Yang Tidak Bisa Di Hapus
  3. Sekarang, masuk ke Manajemen Aplikasi lalu cari lalu tap aplikasi yang ingin di uninstall tadi. Kemudian, lakukan “Paksa Berhenti / Force Closed” lalu Hapus Aplikasi.Cara Menghapus Aplikasi Yang Tidak Bisa Di Hapus
  4. Selesai!!

Dengan cara ini, aplikasi yang tadinya tidak bisa di hapus, sekarang sudah bisa di hapus pemasanganya pada smartphone anda. Cara di atas merupakan cara dasar, karena setiap sistem smartphone berbeda maka Anda bisa menyesuaikan dengan sistem smartphone Anda.

Nah, begitulah cara Menghapus Aplikasi Android Yang Tidak Bisa Uninstall. Apabila Anda merasa terbantu dengan artikel ini, Anda bisa membagikannya.

Silahkan kunjungi terus Ponselgue.com untuk tips serta artikel menarik lainnya. Semoga bermanfaat!!

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More