2 Cara Hapus Aplikasi Bawaan Samsung Yang Jarang Digunakan

3.064

Ponselgue.com | Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Samsung – Hampir semua vendor smartphone membekali produknya dengan aplikasi-aplikasi bawaan, tak terkecuali Samsung. 

Tidak seperti aplikasi Android asli, aplikasi bawaan atau yang biasa disebut dengan bloatware ini sebenarnya merupakan aplikasi yang dikembangkan dan dipasang oleh manufaktur, atau yang disebut bundled software. Tujuannya tentu saja untuk menambahkan fitur dan utilitas ke dalam perangkat tersebut.

Pada perangkat Android buatan Samsung, pengguna bisa menemukan aplikasi-aplikasi bloatware, seperti Samsung Pay, Samsung Member, Email, Galaxy Wearable, dan lain sebagainya.

Sayangnya, banyak pengguna Android yang jarang atau bahkan tidak pernah menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut. Dan dari pada membebani penyimpanan perangkat, tak jarang beberapa pengguna bahkan berkeinginan untuk menghapusnya.

Pertanyaannya, bagaimana cara menghapus aplikasi bawaan Samsung yang jarang digunakan tersebut? Simak selengkapnya di bawah ini.


Baca Juga :

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Samsung

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Samsung

Menghapus sebagian aplikasi tentu saja akan membuat penyimpanan menjadi lega. Namun sayangnya, aplikasi-aplikasi tersebut biasanya tidak dapat dihapus secara langsung karena sudah diproteksi oleh pihak developernya. Maka dari itu, bagi Anda yang ingin menghapus bloatware di ponsel Samsung Anda, coba lakukan dua cara di bawah ini.

1. Menggunakan Fitur Disable

Sama seperti perangkat Android pada umumnya, Samsung juga memberikan fitur Disable pada beberapa aplikasi yang disematkan ke dalam perangkat buatannya. Untuk menggunakan fitur ini, Anda hanya perlu mengetuk cukup lama (long press) ikon aplikasi tertentu, kemudian pilih Disable setelah tampil opsi tersebut.

Tetapi fitur ini hanya terbatas pada beberapa aplikasi buatan Samsung yang dirasa tidak begitu penting oleh pengembangnya. Sehingga Anda mungkin tidak akan dapat menggunakan fitur ini pada aplikasi-aplikasi utama Samsung seperti Galaxy Apps, Samsung Themes, dan lain sebagainya.

2. Hapus Aplikasi Dengan Akses Root

root android

Cara yang paling ampuh untuk menghapus bloatware adalah dengan membuka akses superuser alias Root. Proses rooting ini membuat Anda memiliki akses dan kontrol penuh terhadapt sistem Android.

Nah, jika Anda ingin melakukan cara ini, Anda harus siap dengan segala konsekuensinya. Selain dapat membuat sistem menjadi eror seperti terjadi bootloop, Anda juga akan kehilangan kehilangan garansi perangkat.

Maka dari itu, sebelum melakukan rooting sebaiknya Anda sudah mempertimbangkannya matang-matang karena metode ini cukup teknikal. Untuk tutorial cara rooting Samsung Galaxy, Anda bisa mengunjungi halaman ini.

Nah, demikianlah cara menghapus aplikasi bawaan Samsung (bloatware) untuk melegakan penyimpanan. Selamat mencoba!

You might also like

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More