Cara Menghapus Bloatware (Aplikasi Bawaan) HP Xiaomi Secara Permanen

Ponselgue.com | Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Xiaomi Secara Permanen – Xiaomi merupakan salah satu vendor smartphone selalu memberikan spesifikasi diatas rata-rata smartphone di kelasnya. Hal ini tentunya yang membuat banyak pengguna smartphone yang menjadikannya pilihan karena harganya yang cukup terjangkau.

Namun, seiring dengan berkembangnya fitur-fitur yang ada di smartphone, kapasitas penyimpanan yang dibutuhkan tentunya juga semakin besar. Bahkan saat artikel ini ditulis, perangkat Android terbaru dengan storage 16 GB kini terasa sangat sesak sesak sekali.

Ditambah lagi dengan aplikasi bawaan Google yang sebenarnya tidak terlalu dbutuhkan sudah terpasang di ROM resmi Xiaomi, MIUI. Tentunya semakin menambah beban penyimpanan.Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Xiaomi

Untuk itu, kali ini saya akan berbagi tips mengenai cara menghapus aplikasi bawaan Xiaomi atau yang sering disebut Bloatware. Dengan menghapus beberapa aplikasi bawaan yang tidak terlalu dibutuhkan, tentunya penyimpanan internal akan terasa lebih lega lagi.

Baca juga :

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Xiaomi (Bloatware) Secara Permanen

Ada banyak artikel yang saya temukan mengatakan bisa menghapus bloatware tanpa root, namun tentu saja hal itu tidak mungkin. Tutorial tersebut hanya memberikan tips untuk menyembunyikan aplikasi dari Homescreen. Jika hanya menyembunyikan (frezee) aplikasi bawaan, hal itu tentunya tidak akan mengurangi beban storage.

Nah, untuk menghapus aplikasi bawaan memang ‘wajib’ root terlebih dahulu. Bagaimana caranya? simak selengkapnya di berikut ini.Bloatware

Persyaratan dan bahan yang dibutuhkan sebelum menghapus bloatware :

Tidak ada persyaratan khusus, yang penting perangkat Xiaomi telah di root. Jika belum di root, silahkan baca “Cara Root Semua Smartphone Xiaomi MIUI 6/7/8/9”.

Sedangkan untuk bahan yang di butuhkan, silahkan Anda download System App Remover melalui tautan pada tombol di berikut :

» Via Google Drive : Download Disini

» Via Website Resmi : Download Disini

Jika semua sudah di persiapkan, silahkan lanjutkan dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

Langkah-langkah menghapus Bloatware Xiaomi

1. Pertama, install System App Remover APK di perangkat Xiaomi Anda. Aktifkan Unknown sources (sumber tak dikenal) agar memungkinkan aplikasi bisa dipasang (karena file APK bukan berasal dari Google Play Store).

activate unknown source

2. Jika pada saat instalasi muncul permintaan Grant Access superuser, klik Grant. Berikut tampilan icon-nya di Homescreen jika aplikasi berhasil diinstall.

hapus bloatware

3. Sekarang jalankan aplikasi System App Remover.

4. Selanjutnya pilih aplikasi sistem yang ingin Anda hapus dengan cara mencentang pada aplikasi tersebut (misalnya Google Play Movies & TV dan Google Play Music). Jika sudah selesai memilih aplikasi, lanjutkan dengan memilih Uninstall. Tunggu beberapa saat hingga proses selesai.

hapus bloatware 2

5. Setelah selesai, sekarang coba cek di Homescreen. Ikon aplikasi masih tetap terlihat namun eror saat aplikasi dibuka.

hapus bloatware 3

6. Anda tidak perlu khawatir karena itu merupakan data sampah (junk). Untuk menghilangkannya, Anda hanya perlu reboot smartphone saja.

hapus bloatware 4

7. Nah, kini aplikasi bawaan yang tidak terlalu dibutuhkan telah hilang secara permanen.

NOTE : Anda bisa menghapus aplikasi tertentu yang tidak diinginkan dengan instruksi “Could remove” dan “Should keep” saja.

Nah, demikianlah cara menghapus aplikasi bawaan Xiaomi (Bloatware) dengan mudah agar penyimpanan internal terasa lebih lega. Namun perlu Anda ingat, jangan menghapus aplikasi kecuali Anda benar-benar paham mengenai aplikasi apa yang akan dihapus.

Comments are closed.