Cara Menghapus File Ganda di Android Untuk Melapangkan Memori

3.065

Cara Menghapus File Duplikat di AndroidPonselgue.com | Cara Menghapus File Duplikat di Android – Setiap smartphone di desain mempunyai kapasitas penyimpanan yang terbatas. Namun tak jarang pengguna menemukan file yang sama persis (kembar) yang tentu saja bisa membuat penyimpanan menjadi cepat penuh.

Untuk menghapus file duplikat tersebut, beberapa vendor bahkan menyediakan fitur khusus pada perangkatnya untuk memudahkan pengguna mengidentifikasi foto, video, atau dokumen lain yang terduplikasi. Tapi bagi Anda yang di perangkatnya tidak terdapat fitur tersebut, Anda bisa menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga.

Meskipun perangkat Anda memiliki kapasitas yang cukup besar dan sudah di-extend dengan Micro SD, Tetapi tentu saja menghapus file ganda ini akan membuat penyimpanan Anda lebih lega sehingga bisa dialokasikan untuk keperluan yang lebih penting.

Nah, bagi Anda  yang ingin menemukan dan menghapus file duplikat di Android, Anda bisa menggunakan aplikasi Duplicate File Remover. Simak cara penggunaanya berikut ini.

Baca juga :

Cara Menghapus File Duplikat di Android

  • Pertama, instal aplikasi Duplicate File Remover yang bisa di download secara gratis dari Google Play Store.
  • Setelah berhasil di pasang, buka aplikasi tersebut kemudian berikan izin akses untuk melakukan pemindaian seluruh file yang tersimpan di storage smartphone.
  • Pilih salah satu tipe file yang ingin Anda cari, bisa gambar, audio, video, atau juga dokumen.
  • Setelah itu tunggu proses scanning selesai, kemudian aplikasi akan menampilkan daftar file duplikat.
  • Selanjutnya Anda bisa memilih untuk menghapus file tersebut satu persatu atau sekaligus.
  • Lakukan hal sama untuk tipe file lainnya.
  • Selesai.

Nah, itulah tadi cara menghapus file duplikat di Android menggunakan aplikasi Duplicate File Remover. Setelah file-file ganda tersebut terhapus, tentu storage yang sebelumnya terasa penuh menjadi lebih lapang. Hal ini juga akan membuat kinerja perangkat menjadi lebih ringan. Selamat mencoba, semoga bermanfaat!

You might also like

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More