3 Cara Menghapus Virus Android Sampai Bersih

Ponselgue.com | 3 Cara Menghapus Virus Android Sampai Bersih – Solusi untuk menghapus virus di smartphone Android, ada beberapa metode yang dilakukan. Salah satunya adalah dengan membersihkannya dengan Antivirus.

Sebenarnya perangkat Android saat sudah memiliki pengamanan sistem yang sangat tangguh. Tetapi beberapa pengguna menginstal antivirus untuk semakin memperkuat keamanan sistem perangkatnya.

Nah, bagi Anda yang ingin mengetahui ada atau tidak adanya virus di perangkat Android Anda, simak caranya di bawah ini.Cara Menghapus Virus Android

Baca juga :

3 Cara Menghapus Virus Android

1. Hapus dengan Safe Mode

  1. Pertama, masuk ke Safe Mode perangkat Android Anda (cara masuk ke Safe Mode tiap perangkat Android berbeda,Anda bisa Googling dengan keyword “Safe Mode (tipe Android)”).
  2. Setelah masuk ke Safe Mode, masuk ke menu atau aplikasi Settings
  3. Selanjutnya Anda bisa memilih menu Apps.
  4. Di dalam menu Apps, Anda bisa memilih dan menguninstall aplikasi yang mencurigakan.
  5. Jika sudah selesai, Anda bisa melakukan restart untuk masuk ke mode normal.

Cara Menghilangkan Mode Aman di HP Samsung

2. Instal Antivirus

  1. Kunjungi Google Play Store yang terdapat di perangkat Anda.
  2. Selanjutnya, Anda bisa menginstall aplikasi antivirus populer yang mempunyai rating bagus (seperti AVG, Kaspersky Mobile Security, 360 Security, Avas Mobile Security, AVIRA Antivirus, dan lainnya)
  3. Jalankan antivirus setelah berhasil terinstal.
  4. Pada halaman utama aplikasi Antivirus, Anda hanya perlu menekan tombol atau menu SCAN.
  5. Selanjutnya antivirus akan melakukan pemindaian virus pada perangkat Anda.
  6. Setelah proses scanning selesai, nantinya akan ditampilkan virus yang terdeteksi dan Anda bisa langsung menghapusnya.

Intel Security Antivirus

3. Factory Reset

  1. Pertama, masuk ke menu Setting, masuk ke General, pilih menu Backup and reset, setelah itu pilih menu Factory Data Reset, kemudian ketuk Reset Device.
  2. Kemudian akan muncul konfirmasi, pilih hapus semua.
  3. Perangkat akan reset ke pengaturan awal pabrik , tunggu selama beberapa menit.
  4. Jika proses reset sudah selesai, perangkat akan reboot ke halaman utama

Reset Samsung Galaxy A

NOTE : Hard reset sangat ampuh untuk menghilangkan virus di Android. Namun resikonya Anda akan kehilangan semua data, pengaturan, dan aplikasi sehingga membuat sistem operasi seperti baru seperti pertama kali dibeli.

Nah, itulah tadi ketiga cara menghapus virus Android sampai bersih tidak tersisa. Dengan ini, masalah yang ditimbulkan dari adanya virus akan terhapus hingga ke akarnya.

Anda mungkin juga berminat

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More